Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Dampak Bahaya Tangan Kanan Kesemutan yang Wajib Diwaspadai

Uncategorized

12 Dampak Bahaya Tangan Kanan Kesemutan yang Wajib Diwaspadai

Bahaya tangan kanan kesemutan, atau yang dalam istilah medisnya dikenal dengan parestesia, ada yang bersifat sesaat dan bertahan lama. Dalam kesemutan sesaat, bahaya yang terjadi hanyalah terganggunya aliran darah yang menyuplai oksigen ke syaraf tangan, bisa terjadi saat seseorang tidur miring dengan salah satu tangan tertindih badan. Bahaya tangan kanan kesemutan sesaat ini akan hilang ketika tangan terbebas dari tindihan.

Sedangkan untuk bahaya tangan kesemutan yang bertahan lama, akan menimbulkan gejala lain seperti nyeri, gatal, dan mati rasa. Dalam kasus ini, kesemutan menjadi tanda adanya kerusakan syaraf. Penyebabnya bisa jadi karena cidera traumatis, infeksi bakteri atau virus, paparan racun, dan diabetes. Berikut adalah bahaya tangan kanan kesemutan lainnya yang perlu diketahui.

Bahaya Tangan Kanan Kesemutan, Dampak Bahaya Tangan Kanan Kesemutan, Bahaya Penyakit Tangan Kanan Kesemutan

1. Resiko Terkena CTS atau Carpall Tunnel Syndrome

Bahaya tangan kanan kesemutan yang pertama adalah Carpal Tunnel Syndrome, yang terjadi ketika syaraf medianus – yang menghubungkan syaraf ibu jari, telunjuk, dan jari tengah – terjepit pada terowongan di pergelangan tangan. Sindrom ini bahkan bisa sampai membangunkan seseorang dari tidurnya.

2. Terkena Penyakit Herniated Disc

Bahaya kesemutan tangan kanan yang ini terkait dengan cakram tulang belakang. Terkadang, sebagian dari cakram menjorok keluar dari vertebra dan menekan syaraf tertentu. Situasi ini akan menyebabkan rasa nyeri dan kesemutan. Rasa neyri juga dapat menyebar sampai ke jari.

3. Terkena Syndrom Raynaud

Pada kondisi sindrom ini, arteri yang menyuplai darah ke bagian tubuh tertentu mengalami kejang tiba-tiba dan menyebabkan aliran darah menjadi terbatas. Bagian tubuh yang juga terkena imbasnya antara lain adalah jari tangan dan kaki, hidung, dan telinga. Telapak tangan dan kaki dapat menjadi pucat dan kesemutan, kemudian berubah warna menjadi biru.

4. Potensi Malnutrisi

Adanya kekurangan nutrisi tertentu pada tubuh juga merupakan bahaya tangan kanan kesemutan. Nutrisi yang perlu ditambah adalah magnesium, kalsium, fosfor, vitamin B2, B5, B12, vitamin C, dan vitamin D.

Loading...

5. Resiko Cidera Syaraf

Cideranya syaraf pleksus brakialis pada tangan akan membuat tangan kanan kesemutan. Kondisi seperti ini dapat disertai gejala seperti nyeri dan mati rasa pada bagian tangan, patah pada tulang belikat, cidera pada siku, engkel tangan, dsb, juga dapat menyebabkan kesemutan, nyeri, dan tangan terasa panas terbakar.

6. Resiko Terkena Penyakit Gula

Kencing Manis atau Diabetes Mellitus dengan gula darah tinggi yang tak terkontrol lama-kelamaan akan menyebabkan kerusakan pada syaraf perifer. Syaraf  perifer adalah bagian dari sistem syaraf yang yang berfungsi sebagai pembawa informasi ke otak. Kerusakan ini ditandai dengan kesemutan, rasa baal dan kaki tangan terasa dingin.

7. Penyakit Charcot-Marie-Tooth

Charcot-Marie-Tooth (CMT) adalah sekelompok penyakit yang menyerang syaraf perifer karena faktor genetic. Penyakit ini menimbulkan nyeri pada otot kaki, tangan, dan mati rasa. CMT lebih sering menyerang orang yang berusia 10-20 tahun. Presentase pasien pria CMT lebih banyak daripada pasien wanita. Meskipun penyakit ini dapat mempengaruhi aktivitas harian, CMT tidak memperpendek usia.

8. Resiko Penyakit Arthritis

Arthritis adalah penykit kronis yang biasanya menyerang pria dan wanita di atas 55 tahun. Pasien dengan arthritis menderita pembengkakan dan kekakuan pada sendi sehingga menyebabkan gerakan tubuh menjadi sulit dan menyakitkan. Jika dibiarkan tanpa perawatan, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan jaringan.

9. Resiko Terjadi Patah Tulang

Tangan kanan kesemutan juga bisa disebabkan patah tulang belikat, atau fraktur klavikula. Penderita patah tulang belikat akan merasakan retakan dan muncul rasa sakit yang tidak tertahankan. Gejala lain yang muncul adalah mati rasa atau kesemutan jika syaraf pada bagian lengan ikut terluka, kesulitan menggerakkan lengan dan bahu, serta kulit terlihat memar.

10. Terkena Obesitas

Kesemutan bisa merupakan gelaja penyakit serius, tetapi juga hanya akibat sampingan. Orang yang terkena obesitas bisa juga menderita kesemutan akibat bagian-bagian tertentu tubuhnya terus-menerus tertekan. Peredaran darah orang yang terkena obesitas cenderung lebih lambat, sebab lemak yang menumpuk di seluruh tubuhnya membuat penyempitan pemburuh darah jantung.

Baca Juga 31 Cara Tradisional Menurunkan Asam Lambung dengan Mudah

Kesemutan pada tangan kanan bisa disebabkan oleh sinyal syaraf yang terhambat. Ketika hambatan atau tekanannya hilang, syaraf terbangun dengan sensasi kesemutan yang berkepanjangan. Tapi, jika sering mengalami kesemutan dan mati rasa tanpa sebab yang jelas, bisa jadi ada indikasi hal-hal di atas. Selain sepuluh di atas, bahaya tangan kanan kesemutan lain adalah:

2 Bahaya Tangan Kanan Kesemutan Lainnya:

11. Adanya cidera tangan
12. Berat badan berlebihan

Diatas itulah bahaya tangan kanan kesemutan yang perlu anda ketahui. Dengan mengetahui informasi diatas semoga bisa membantu anda dalam mengatasi tangan yang mengalami masalah seperti kesemutan yang perlu sekali ditangani agar tidak menimbulkan penyakit.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top