Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Bahaya Minum Teh Basi bagi Kesehatan Tubuh

Uncategorized

12 Bahaya Minum Teh Basi bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya teh basi merupakan dampak negatif yang di akibatkan oleh zat zat senyawa yang ada dalam teh mulai berubah dan bersifat racun. Namun teh yang basi masih bisa dimanfaatkan untuk perawatan bagian luar tubuh dan tidak dapat dikonsumsi. Teh masuk dalam klasifikasi basi ketika sudah lebih dari 24 jam. Bahkan ada yang  berpendapat bahwa teh basi seletah 2 jam diseduh. Hal ini karena teh yang dibiarkan selama 2 jam akan mengalami aroma dan citarasa yang berbeda.
Sebenarnya teh yang tidak basi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Zat kimia yang dikandung teh seperti senyawa asam amino, klorin, folifenol, natrium, dan sebagainya dipercaya dapat menghindarkan berbagai macam penyakit. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja dampak bahaya teh basi, berikut inilah bahayanya.
Bahaya Teh Basi, Dampak Bahaya Teh Basi, Bahaya Minum Teh Basi, Bahaya Teh Basi untuk Kesehatan
Loading...

1. Mag Kronis

Salah satu bahaya teh basi yang banyak dirasakan oleh seseorang yang meminumnya yaitu mag kronis. Hal ini disebabkan oleh bakteri pada teh yang basi dapat mengiritasi dinding usus dan menyebabkan seseorang dapat menderita mag lalu apabila dibiarkan maka akan menyebabkan mag menjadi kronis.

2. Insomnia

Teh mengandung kadar kafein yang rendah tidak seperti kopi atau minuman bersoda. Namun ketika teh telah basi kadar kafein akan mengalami peningkatan. Jika dikonsumsi secara terus menerus dalam jumlah yang banyak maka akan menyebabkan seseorang sulit tidur. Penyakit sulit tidur dalam bahasa medis sering di sebut insomnia. Agar tidak mengalami insomnia Anda jangan pernah mencoba untuk minum teh yang sudah melewati waktu 3 jam dari penyeduhan.

3. Kanker

Teh yang basi dapat dengan mudah berinteraksi dengan radikal bebas termasuk kotoran hewan, debu, asap kendaraan bermotor, dan sebagainya. Radikal bebas ini akan bersifat karsinogen dan ketika masuk kedalam tubuh akan berpotensi menjadi penyakit kanker.
Hal ini juga berlaku untuk teh celup dimana seluruh bagian berbahaya seperti bahan kertas, lem, dan benangnya akan ikut terendam air panas dan akan melarutkan zat zat kimia berbahaya. Kondisi ini juga dapat menyebabkan zat karsinogen juga larut dalam teh dan apabila terakumulasi dengan enzim tubuh akan menyebabkan kanker.

4. Kemandulan pada pria

Berkebalikan dengan teh segar yang kaya akan manfaat, teh basi justru akan menyebabkan kemandulan pada pria. Hal ini dikarenakan zat klorin yang tumbuh akibat teh telah basi akan memuai dan mengalami reaksi kimia yang bersifat toksin atau racun. Jika teh basi dikonsumsi akan menyebabkan gangguan reproduksi pria salah satunya yaitu kemandulan atau susah memiliki keturunan.

5. Perut melilit dan menceret

Mengonsumsi teh basi meskipun dalam jumlah yang sedikit dapat menyebabkan perut menegang dan meningkatkan gas. Gas yang berlebihan dalam perut dapat menyebabkan perut kembung dan sakit perut yang berujung pada menceret yaitu kondisi dimana feses terlalu encer.

6. Asam Lambung

Dalam lambung, teh basi juga sangat berbahaya karena dapat meningkatkan asam lambung yang akan menyebabkan tingkat keasaman lambung bertambah. Peningkatan asam lambung secara berlebihan akan menyebabkan lambung iritasi dan menyebabkan rasa nyeri.

7. Anemia

Jangan sembarangan meminum teh, apabila teh yang Anda minum telah basi maka Anda mungkin akan terkena penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah. Hal ini dikarenakan kafein pada teh basi telah berubah menjadi zat kimia yang akan menghambat penyerapan zat besi oleh tubuh dan akan merusak sel darah merah.

8. Teroid

Mudahnya mengikat radikal bebas untuk masuk kedalam tubuh juga akan menyebabkan kelenjar teroid yang berada di bagian leher terganggu. Gangguan yang akan ditimbulkan yaitu leher akan mengalami pembengkakan dan nyeri yang luar biasa.

9. Menggagalkan Penyerapan Vitamin dan Mineral

Teh basi yang dikonsumsi seseorang akan mengakibatkan tubuh sulit untuk menyerap vitamin dan mineral penting lainnya. Gagalnya penyerapan atau penyerapan nutrisi yang kurang maksimal akan menyebabkan tubuh  tidak menerima asupan gizi yang cukup.

10. Sembelit

Teh yang telah tidak layak konsumsi karena basi akan mengganggu proses pembuangan feses dimana feses akan mengalami pengerasan. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang sangat tinggi akan mengikat cairan tubuh sehingga feses akan menjadi sangat keras dan sulit untuk dikeluarkan

2 Bahaya Teh Basi Lainnya untuk Kesehatan

11. Radang Usus
12. Susah BAB
Itulah 11 Informasi tentang bahaya teh basi bagi kesehatan. Oleh sebab itu Anda perlu berhati – hati sebelum mengonsumsi makanan atau minuman agar tidak menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top