Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Bahaya Tidur Dengan AC Tiap Hari

Uncategorized

20 Bahaya Tidur Dengan AC Tiap Hari

Apakah kamu termasuk orang yang suka tidur dengan AC? Apa alasanmu? Mayoritas orang sudah menjadikan AC sebagai gaya hidupnya. Jadi dia tidak akan pernah bisa tidur tenang tanpa AC. Padahal AC itu bahaya sekali untuk kesehatan.

Tahukah kamu apa saja bahaya AC? Berikut adalah bahaya tidur dengan AC setiap hari yang mesti kamu tahu:

1. Masuk Angin Terus Menerus 

Memang sangat menyenangkan ketika kita bisa tidur di kamar yang sejuk. Karena kita hidup di negara tropis, maka kesejukan itu sangat sulit didapatkan, kecuali kita tinggal di dataran tinggi. Maka permintaan akan AC kian meningkat. Termasuk kamu, apakah pasang AC di kamarmu? Mulai sekarang berhati-hatilah karena tidur dengan AC setiap hari bisa membuatmu langganan kena masuk angin.

2. Sering Mengalami Perut Kembung

Bahaya tidur dengan AC Setiap hari juga menyebabkan perut mengalami kembung. Ini sangat tidak mengenakkan karena perut kembung selain menimbulkan nyeri juga bisa membuat kita jadi susah BAB, buang angin dan tidak nyaman buat aktivitas. Selain itu juga susah bersendawa dan nafsu makan jadi menurun.

3. Gangguan Pernafasan Seperti Sesak Nafas

Gangguan pernafasan seperti sesak nafas juga akan terjadi bilamana kita sering menghirup udara AC. Tidur dengan AC sangat beresiko menghambat jalur pernafasan. Ini sangat membahayakan untuk mereka yang memiliki riwayat penyakit pernafasan seperti asma.

4. Terkena Pneumonia

Tidur dengan AC setiap hari juga bisa membuat kita kena pneumonia. Ini adalahsebuah penyakit yang disebabkan pada infeksi pada kantong udara di paru-paru kanan maupun kiri. Pneumonia oleh masyarakat awam lebih dikenal dengan nama paru-paru basah.

Loading...

5. Nyeri Jantung

Bahaya tidur dengan AC setiap hari juga akan memicu nyeri jantung. Kalau kamu sedari awal sudah punya gangguan jantung, maka sangat tidak disarankan tidurnya menyalakan AC. Kalau pun terpaksa ber-AC karena hawa sedang panas sekali, maka kamu mesti pakai selimut. Supaya jantung terlindungi dari tekanan akibat udara dingin.

6. Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa terjadi sebagai efek dari bahaya tidur dengan AC setiap hari. Karena aliran darah tidak lancar. Pembuluh nadi juga bisa membeku karena kedinginan. Otot-otot jadi kaku. Alhasil stress makin tinggi dan menyebabkan kita kena hipertensi.

7. Tekanan Darah Rendah

Namun hipotensi atau tekanan darah rendah juga mungkin yang bakal terjadi. Karena tubuh kekurangan oksigen sehingga aliran darah ke otak menjadi minim energi. Zat besi menurun karena kedinginan. Efeknya lama-lama bisa menyebabkan kita kena anemia.

8. Kedinginan Hingga Hipotermia

Hipotermia tidak hanya terjadi di gunung saja. Kalau kita tidur dengan AC setiap hari juga bisa menyebabkan hipotermia. Kedinginan yang teramat sangat bisa mengancurkan sistem kekebalan tubuh dalam mengatur suhu tubuh. Pada akhirnya tubuh gagal menghangatkan dirinya sendiri dan akhirnya jatuh hipotermia. Ini tentunya sangat mengerikan. Berapakah kamu biasanya menyetel suhu AC? Maksimal cukup 20 derajat celcius saja. Supaya tidak terlalu dingin.

9. Demam dan Flu

Demam dan flu juga akan terjadi bilamana kita tiap hari tidur dengan AC.  Makanya kalau kamu tidak mau pagi-pagi pusing dan hidung mampet, alangkah baiknya untuk mematikan AC saja saat tidur. Nyalakan cukup 1 jam saja sebelum tidur supaya ruangan kamar jadi dingin. Pastilah jika sirkulasi udara baik, maka ruangan akan cukup nyaman dipakai tidur sampai pagi.

10. Nyeri Tulang

Nyeri tulang memang bisa terjadi karena suhu yang terlalu rendah. Maka tidur pakai AC setiap hari juga akan menyebabkan kita nyeri tulang. Supaya kamu tidak alami gangguan tulang, sebaiknya
matikan AC. Belajarlah tidur nyenyak tanpa AC! Pasti bisa!

Baca: 30 Cara Membentuk Otot Bagi Pemula Fitness

10. Kulit Menjadi Kering

11. Kerusakan Paru-Paru
12. Hidung Tersumbat
13. Nyeri Gigi
14. Tidur Tidak Nyenyak
15. Mimpi Buruk
16. Kematian
17. Sakit Kepala
18. Mengalami Vertigo
19. Gangguan Keseimbangan 20. Kelelahan Saat Bangun Tidur

Itulah berbagai bahayanya bila kita tiap hari tidurnya pakai AC. Melihat berbagai bahaya di atas, sepantasnya kita mulai membiasakan diri lepas dari candu AC. Ingat pula bahwa AC itu mengandung Freon yang sangat bahaya dan salah satu dari gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global di bumi. Ketika kita berhenti pakai AC. Maka sama saja kita telah berkontribusi untuk kelestarian lingkungan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top