Connect with us
close

Virtual.co.id

23 Bahaya Zat Aditif Makanan untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

23 Bahaya Zat Aditif Makanan untuk Kesehatan Tubuh

Kali ini kita akan membahas lebih rinci tentang bahaya zat aditif makanan untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda cegah. Topik sebelumnya kita sudah mengenal beberapa jenis zat aditif, seperti zat pewarna, zat pengawet, zat penambah rasa atau MSG, dan masih banyak lagi. Penggunaan zat aditif memang tidak dilarang. Hal yang tidak diperbolehkan dari penggunaan zat ini yaitu bahan kimia yang digunakan untuk membuatnya serta jumlah atau kadar penggunaannya di dalam makanan.

Banyak makanan yang saat ini sudah dicampur dengan zat aditif berbahan dasar kimia yang membahayakan tubuh. Belum lagi dosisnya yang lebih dari standard yang ditetapkan POM Efek negatifnya tentu saja akan membuat tubuh Anda diserang banyak penyakit. Bahaya zat aditif makanan sejatinya perlu dicermati lebih detail karena masih banyak orang yang belum menyadari akan efek sampingnya ke tubuh mereka.

23 Bahaya Zat Aditif Makanan untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini kami sajikan bahaya zat aditif makanan untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Tumor kandung kemih

Penyakit pertama yang berasal dari bahaya zat aditif makanan yaitu tumor pada kandung kemih. Zat aditif apapun sangat membahayakan kesehatan kandung kemibh karena dapat memicu banyak penyakit termasuk tumor.

2. Kanker

Zat aditif yang masuk ke dalam tubuh Anda dengan jumlah yang tidak sedikit akan memicu penyakit kanker. Penyakit ini biasa menyerang seseorang dengan gaya hidup yang tidak sehat, termasuk pola makan yang tidak sehat.

3. Gangguan sistem pencernaan

Pencernaan Anda juga akan terganggu dengan adanya zat aditif yang masuk ke dalam tubuh. Lambung dan usus Anda bisa tidak berfungsi serta tidak mampu menyerap makanan yang masuk ke dalam tubuh dengan baik.

Loading...

4. Gagal ginjal

Ginjal Anda juga akan mengalami banyak penyakit, salah satunya gagal ginjal. Penyakit ini muncul karena ginjal Anda menyerap zat aditif yang berasal dari olahan makanan tertentu. Kandungan senyawanya dapat membuat ginjal Anda rusak.

5. Rusaknya otak

Otak Anda juga akan mengalami kerusakan jika Anda mengonsumsi jenis makanan dengan zat aditif tertentu, terutama zat pengawet dan penyedap rasa makanan. Fungsi otak Anda akan menurun dan syaraf di otak pun tidak akan berfungsi.

6. Pusing

Gejala ringan yang disebabkan oleh konsumsi makanan dengan kandunagn zat aditif yang tinggi yaitu pusing. Kandungan senyawa zat aditif dapat merusak kesehatan kepala sehingga membuat Anda merasa pusing dan tidak bisa beraktivitas dengan baik.

7. Kerusakan syaraf

Syaraf dan jaringan lainnya yang terhubung di dalamnya akan mengalami dampak negative yang cukup besar dengan zat aditif makanan. Jaringan syaraf di tubuh Anda tidak bisa berfungsi dengan baik dalam merespon tubuh.

8. Alergi

Anda juga akan mengalami banyak gejala alergi yang tidak biasa ketika mengonsumsi jenis makanan yang mengandung zat aditif. Alergi seperti beberapa bagian tubuh yang bengkak disertai dengan kulit yang merah merupakan gejala awalnya.

9. Gatal pada kulit

Alergi juga dapat membuat kulit Anda menjadi gatal. Hal ini bisa terjadi jika tubuh Anda menolak untuk menerima kandungan zat aditif pada makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Kulit Anda pun bisa rusak.

10. Mual dan muntah

Gejala lainnya dari bahaya zat aditif makanan yaitu rasa mual dan ingin muntah. Anda perlu segera menghentikan konsumsi makana tersebut dan minum air putih yang cukup. Hal ini akan mencegah rasa muntah dan mual kembali ke tubuh.

Baca Juga: 12 Jenis Zat Aditif Makanan yang Membahayakan Kesehatan

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya zat aditif makanan untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 13 bahaya lainnya:

13 Bahaya Zat Aditif Makanan untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Turunnya nafsu makan
12. Migrain
13. Sulit tidur
14. Kelelahan
15. Keracunan
16. Rusaknya paru-paru
17. Anemia
18. Radang ginjal
19. Sakit kepala
20. Tumor otak
21. Serangan asma
22. Hiperaktif pada anak-anak
23. Radang usus

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya zat aditif makanan untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top