Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Berenang di Kolam Renang Umum

Uncategorized

15 Bahaya Berenang di Kolam Renang Umum

Sekarang jika kita ingin berenang kita tidak harus memiliki kolam renang. Ada banyak sekali objek wisata air yang terdapat kolam renang di dalamnya. Objek yang satu dan lainnya saling berkompeten untuk menjadikan tempat mereka yang terbaik. Banyak wahana yang ditawarkan di objek wisata, sehingga orang tertarik untuk mengunjunginya.

Berenang memang olahraga yang membuat badan kita menjadi sehat. Tetapi apakah kalimat itu masih berlaku jika kita berenang di kolam renang umum? Di kolam renang umum kita tidak tahu siapa saja orang yang berenang di sana. Dan kita tidak tahu riwayat penyakit mereka satu persatu. Berikut ini adalah bahaya berenang di kolam renang umum:

1. Tertular Penyakit Gatal Kulit

Berenang di kolam renang umum dapat menyebabkan kita kena penyakit gatal pada kulit. Gatal-gatal ini bisa karena faktor air kolamnya yang irita, misalnya karena kaporitnya. Namun bisa pula karena airnya sudah terkontaminasi bakteri penyakit kulit yang diderita orang lain yang berenang di kolam yang sama dengan kita.

2. Rentan Penularan Virus Penyakit Kelamin

Selain gatal-gatal, penyakit kelamin juga ada yang bisa ditularkan melalui media air kolam renang umum. Maka hati-hatilah dengan ini. Di era sekarang, di mana banyak penyakit berbahaya muncul sebagai dampak dari gaya hidup buruk, kadang ada saja orang yang berbuat nakal dan keji dengan sengaja menyebarkan virus di kolam renang umum. Jadi hati-hatilah!

3. Mengalami Iritasi Mata

Iritasi mata akan terjadi bilamana kita berenang di kolam renang umum. Iritasi ini adalah efek dari penggunaan zat kaporit atau lainnya yang bertujuan untuk sterilisasi air. Jika kamu mengalami iritasi mata yang tidak kunjung sembuh, maka kamu harus segera ke dokter mata. Jangan sembarangan pakai obat tetes mata karena efeknya bahaya, bisa menyebabkan kena glukoma.

4. Terkena Demam

Demam akan terjadi ketika kita berenang di kolam renang umum. Badan jadi terasa dingin dan suhu tubuh akan menurun. Sungguh ini mengerikan sekali jika demamnya sangat parah. Kamu mesti segera berobat. Karena demam yang dibiarkan efeknya akan sangat bahaya sekali buat kesehatan.

Loading...

5. Alergi Pada Kulit

Alergi pada kulit akan terjadi bilamana kulitmu sensitif. Untuk itu, kamu mesti berhati-hati jika sedang di kolam renang. Jangan sampai alergi ini berlanjut. Bila kamu mengalami luka berdarah saat berenang, sebaiknya akhiri saja renangmu. Takutnya luka itu malah menjadi perantara dari masuknya bakteri dan virus penyebab alergi dan penyakit lain yang lebih parah.

6. Mengalami Kecelakaan Saat Berenang

Kita memang tidak bisa memprediksi di mana kita akan mengalami kecelakaan. Namun, kolam renang umum lebih berpotensi terjadi kecelakaan di sana. Karena kita kerap tidak tahu tentang kedalaman kolam. Dan kadang kita juga tak sengaja bertabrakan dengan perenang lainnya. Tenggelam di kolam renang umum juga bisa saja terjadi.

7. Tidak Ada Privacy

Berenang di kolam renang umum tidak ada privacy di sana. Meskipun orang tentu saja tidak berpikir sejauh ini, namun ada juga yang memikirkan sejauh ini. Privacy adalah kenyamanan berenang. Dan jika kita berenang di kolam renang pribadi, rasanya pasti lebih enak dan nyaman
 

8. Kebersihan Kurang Terjamin

Kebersihan di kolam renang umum sesungguhnya sangat tidak terjamin. Sebab, kolam renang jenis ini selalu digunakan dalam jangka waktu lama. Oleh banyak orang pula. Maka, kebersihannya tergantung pada standar pelayanan masing-masing manajemen kolam renang. Jika manajemennya jorok ya kolam renangnya jorok.

9. Rentan Mengalami Kematian

Wah, ternyata di kolam renang umum juga bisa terjadi kematian. Angkanya lebih tinggi daripada berenang di kolam renang pribadi.

10. Bisa Kena Batuk dan Pilek

Bahaya selanjutnya dari berenang di kolam renang umum yaitu bisa membuat kita kena batuk dan pilek. Yang susah sembuhnya.

Baca Juga: 15 Bahaya Menelan Air Kaporit untuk Tubuh

5 Bahaya Berenang di Kolam Renang Umum yang Lainnya:

11. Mengalami Edema Kulit
12. Kulit Jadi Pecet
13. Alergi Kaporit
14. Mudah Jatuh Sakit
15. Sakit Kepala

Berenang di objek wisata air memang sangat menyenangkan karena banyak wahana yang di tawarkan. Tapi kita harus berhati hati karena kita bisa terserang berbagai penyakit karena tertular wisatawan lain. Untuk menghindari kita sakit sebaiknya kita mandi lagi saat kita sampai di rumah.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top