Connect with us
close

Virtual.co.id

Kenali Buah yang Mengandung Lilin dan Efeknya Bagi Kesehatan

Uncategorized

Kenali Buah yang Mengandung Lilin dan Efeknya Bagi Kesehatan

Buah mempunyai manfaat baik untuk kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah setiap hari bisa menjaga tubuh dari beberapa penyakit. Oleh karena itu, buah selalu diminati dan dimasukkan ke dalam daftar menu makanan. Namun, bagaimana kalau ada buah mengandung lilin? Apakah masih kandungannya masih bermanfaat baik untuk tubuh ataukah justru membahayakan.

Saking dicarinya, banyak pedagang buah menggunakan cara curang untuk menarik perhatian pembeli. Buah yang dilapisi lilin adalah buah yang harganya cukup mahal seperti apel dan anggur. Fungsi lapisan lilin pada kulit apel impor adalah agar nampak segar, licin dan baik. Sebenarnya, secara alami buah memproduksi lapisan lilin atau wak sendiri untuk melindungi permukaan kulitnya. Lapisan ini bermanfaat untuk menjaga kesegaran dari buah tersebut.

Tapi, kandungan lilin alami ini dapat hilang ketika buah tersebut dipanen dan dicuci oleh petani. Makanya, para pengusaha buah menggunakan lilin buatan untuk menggantikan lilin alami itu. Wax atau lilin buatan itu memiliki struktur yang sama dengan lilin alami yang dihasilkan oleh tanaman. Dengan pelapisan ini atau wax bisa mencegah penguapan air, sehingga kesegaran buah terjaga serta melindungi dari serangan parasit dan jamur yang membuat buah cepat busuk.

Menurut FDA (Food and Drug Administration) Amerika yang dikutip dari Go Ask Alice pada senin (8/2/2010), lapisan yang sering dipakai pada buah-buahan berasal dari bahan alami atau non petroleum-based dan aman digunakan untuk semua jenis makanan.

Lapisan lilin pada apel impor ini berfungsi untuk melindungi buah selama masa transportasi, penjualan, penyimpanan dan memperbaiki penampilan serta meningkatkan selera. Selain itu, juga menjaga kelembaban buah, mencegah pertumbuhan jamur dan menjaga dari benturan fisik. Tapi, kamu tak perlu khawatir lapisan lilin atau wax dapat hilang dengan dicuci menggunakan air mengalir sebelum dimasak atau dikonsumsi.

Ciri buah yang dilapisi lilin yaitu terasa lebih kesat. Jika digaruk kulitnya menggunakan kuku akan menimbulkan butiran putih. Bila digulingkan ke telapak tangan akan meninggalkan bekas putih di tangan.
Kandungan dari wax atau lapisan lilin

Loading...

baca juga : Pengharum Ruangan Alami yang Menyehatkanmu

Kandungan lapisan lilin pada buah

Kandungan lapisan lilin pada kulit apel merah, angur dan semacamnya jika masuk ke dalam tubuh akan sulit dicerna oleh enzim pencernaan. Makanan yang belum tercerna akan langsung disalurkan ke usus besar dan kalau menumpuk menyebabkan seseorang mengalami diare dan penyakit lainnya. Bahkan bila lilin terbuat dari bahan bukan llin alami melainkan dari bahan petro dapat lebih berbahaya lagi.

Lapisan lilin yang berasal dari petro tidak bisa dicerna oleh tubuh dan mengandung bahan karsinogen yang bisa memicu penyakit kanker. Tidak semua lapisan lilin menyebabkan kanker, tapi tak ada salahnya jika kita selalu waspada dengan asupan makanan untuk tubuh. Sebab, yang kita inginkan adalah untuk meningkatkan energi dan menyehatkan tubuh.

Cara menghilangkan lilin pada kulit apel dan lainnya

  • Siapkan wadah untuk merendam apel atau buah lain dan isi dengan air hangat secukupnya.
  • Tambahkan 1 sdm perasan jeruk nipis atau lemon dan baking soda sebanyak 1 sdm.
  • Letakkan buah di dalam air
  • Sikat lembut permukaannya
  • Lapisan lilin atau wax akan larut dan membuat air keruh.

Untuk lebih amannya lagi, kamu konsumsi saja dengan membuang kulit buah atau sisir permukaan buah menggunakan pisau. Dengan begitu lapisan lilin akan mengelupas menjadi butiran putih.

Itulah penjelasan buah mengandung lilin dan efeknya bagi kesehatan. Setelah kamu mengetahui, ciri, kandungan dan cara menghilangkan lapisan lilinnya, membuatmu lebih waspada.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top