Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Cara Agar Nafas Anda Panjang Pada Saat Berlari

Uncategorized

10 Cara Agar Nafas Anda Panjang Pada Saat Berlari

Cara agar nafas panjang saat lari merupakan cara yang banyak dicari oleh atlit lari. Namun olahraga lari tidak hanya dilakukan oleh atlit lari bahkan anda pun bisa mencoba olahraga lari agar nafas anda menjadi panjang dari sebelumnya. Tahukah anda jika lari tidak hanya membuat nafas menjadi panjang namun juga berguna untuk menurunkan resiko segala macam penyakit.

Oleh karena itu, anda bisa mulai menerapkan cara yang dilakukan agar nafas panjang saat lari. Cara ini sangat mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Selain banyak memiliki manfaat bagi tubuh, cara ini juga bisa mengeluarkan hormon dan enzim yang merangsang jantung agar otot bekerja lebih baik. Ada beberapa cara agar nafas panjang saat lari.

Cara Agar Nafas Panjang Saat Berlari, Cara Mudah Agar Nafas Panjang Saat Berlari, Cara Mengatur Nafas Panjang Saat Berlari

1. Ambil nafas dalam-dalam

Cara agar nafas panjang saat lari yang pertama yaitu dengan mengambil nafas dalam-dalam lalu keluarkan dari mulut. Cara ini memang sangat ampuh bagi anda yang ingin memiliki nafas panjang saat lari. Selain nafas akan bertahan lebih lama, dengan mengambil nafas dalam-dalam juga akan membantu anda untuk memberikan rileksasi pada saat lari. Dengan begitu, anda akan bernafas lebih tenang dan tidak terburu-buru sehingga nafas anda tidak akan cepat habis.

2. Melakukan pemanasan terlebih dahulu

Penting bagi anda untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah lelah ketika berlari. Pemanasan biasanya dilakukan dengan menggerakkan anggota badan seperti kepala, tangan dan kaki. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan cara ini untuk memiliki nafas yang panjang saat lari.

3. Bernafas lewat mulut bukan hidung

Cara selanjutnya yaitu dengan bernafas lewat mulut bukan hidung. Pada saat lari anda akan membutuhkan lebih banyak oksigen karena oksigen akan terbuang lebih cepat. Dengan bernafas lewat mulut akan membantu anda menghasilkan oksigen untuk otot sehingga anda bisa mempunyai nafas yang lebih panjang.

4. Menggunakan nafas yang pendek dan dangkal

Menggunakan nafas yang pendek dan dangkal akan menjadikan nafas lebih panjang. Oleh karena itu, lebih baik gunakan nafas yang pendek dan dangkal agar ketika anda berlari bisa lebih rileks dan lebih cepat dibanding yang lainnya.

Loading...

5. Menggunakan pernafasan perut bukan dada

Bernafas dengan menggunakan perut akan jauh lebih panjang dibandingkan dengan bernafas menggunakan dada. Cara membedakannya adalah jika pernafasan dada maka saat bernafas dada akan naik turun, sedangkan pernafasan perut maka saat bernafas otot diagrafma menjadi kembang kempis.

6. Lari menggunakan teknik yang benar

Jika anda berlari dengan menggunakan teknik yang salah tentu saja itu akan mempengaruhi pernafasan anda. Teknik yang benar adalah teknik yang tahu bagaimana mengatur nafas dengan baik pada saat lari. Oleh karena itu, biasanya sebelum berlari ada beberapa tindakan yang perlu dilakukan seperti lari-lari kecil atau lari ditempat.

7. Dengarkan nafas dengan seksama

Anda harus mendengarkan nafas dengan seksama. Jika nafas anda sudah mulai terengah-engah ketika lari maka mulailah untuk mengurangi kecepatan anda pada saat lari. Hal ini akan mengakibatkan nafas anda tidak bisa terkontrol dengan baik. Jika sudah kembali stabil maka anda bisa mulai meningkatkan kecepatan lari secara perlahan. Dengan begitu anda bisa menentukan kekuatan nafas anda saat lari.

8. Menyesuaikan irama dalam bernafas

Dalam cara ini anda bisa menentukan ritme nafas dalam berlari. Terkadang seorang pelari akan mengambil nafas saat dua kali melangkah, ada juga pelari yang mengambil nafas saat tiga kali melangkah. Hal ini tidak salah, karena semua tergantung pada kondisi dan kemampuan masing-masing dalam bernafas.

9. Percikkan air ke wajah

Cara ini memang sedikit terdengar aneh, namun dengan mempercikkan air ke wajah akan membantu anda untuk membuat paru-paru lebih terjaga dan denyut jantung akan berdetak lebih lambat. Denyut jantung yang melambat akan memudahkan anda untuk mengatur nafas sehingga mampu bernafas lebih panjang.

10. Sering berjalan kaki

Yang terakhir anda harus sering melakukan olahraga dengan berjalan kaki setiap harinya. Mungkin ini terdengar sepele, namun dengan membiasakan berjalan kaki akan membantu melancarkan saluran pernafasan anda sehingga nafas akan mudah diatur menjadi lebih panjang saat dipakai untuk lari.

Baca Juga 15 Cara Mengecilkan Bokong dan Paha dengan Cepat dan Efektif

Demikian informasi tentang cara agar nafas panjang saat lari. Jadi, untuk anda yang saat ini ingin memiliki nafas yang panjang ketika berlari penting bagi anda untuk memperhatikan cara ini agar memperoleh hasil yang maksimal, lakukan juga latihan seperti fitness.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top