Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Cepat Mengatasi Kram Perut

Uncategorized

Cara Cepat Mengatasi Kram Perut

Sebenarnya cara mengatasi kram perut tidak susah. Hanya saja terkadang kita terlalu panik sehingga sulit menghilangkannya. Hanya cukup beberapa langkah saja kram perut bisa hilang dan kondisinya kembali normal. Kram ini akan menimbulkan rasa nyeri dan kaku pada perut sevara tiba-tiba ketika beraktivitas. Nyeri karena kram bisa sangat sakit sekali dan mengganggu.

Kram perut dapat disebabkan oleh banyak hal diantaranya karena makanan atau minuman stres dan pada saat menstruasi. Telat makan dan terlalu lama berada di ruang AC juga bisa mengakibatkan kram muncul pada perut. Apabila kamu sering mengalami hal ini, secepatnya periksakan diri ke dokter. Sebab, kram dapat menandakan gejala dari penyakit lambung, maag, gangguan di kantong empedu, hernia dan lainnya.
Karena kram itu sangat tidak menyenangkan kamu harus mengetahui cara mengatasi kram yang benar. Untuk itu, simaklah ulasan ini!

Cara mengatasi kram perut secara efektif dan cepat

Perbanyak minum air putih
Cara mengatasi kram perut yang pertama adalah perbanyak konsumsi air putih. Air ini bisa mengurangi kadar asm lambung, sehingga bisa cepat sembut. Hindari minum teh, kopi dan minuman alkohol karena akan menambah rasa nyeri yang terjadi.

Istirahat
Saat kram berlangsung, segera hentikan aktivitas dan jangan banyak bergerak. Sebab, jika kamu terlalu banyak bergerak akan membuat perut semakit sakit. Jadi, ketika kamu mengalami kram perut saat berolahraga, maka kamu harus istirahat. Istirahat merupakan cara mengatasi kram perut yang tepat.

Gunakan botol air hangat
Apabila kram masih berlangsung walaupun setelah melakukan langkah di atas dengan mengompresnya. Cara mengatasi kram perut menggunakan botol air hangat adalah dengan memasukkan air hangat ke dalam botol plastik atau kaca dan tutup rapat. Lalu, tempelkan botol air hangat ke perutmu. Langkah ini dapat meredakan rasa sakit akibat kram perut dan mengendurkan oto-otot yang kencang.

Wedang jahe
Wedang jahe juga termasuk cara mengatasi kram perut dengan cepat. Cara membuatnya sangat sederhana, panaskan air hingga mendidih. Lalu, masukkan jahe, serai, daun pandan serta garam secukupnya, tunggu sampai tercium aroma khas jahe. Lalu matikan kompor dan saring airnya, lalu masukkan ke dalam gelas. Setelah siap, minumlah selagi hangat.

Loading...

Tanaman kapulaga
Siapkan tanaman kapulaga secukupnya dan segelas air. Cuci tanaman kapulaga hingga bersih, masukkan ke dalam panci dan tambahkan segelas air. Lalu biarkan menidih dan saring airnya. Minum selagi masih hangat maka, bisa mengatasi kram perut dengan cepat.

baca juga : Pertolongan Pertama Pada Penderita Serangan Stroke

Konsumsi makanan hambar
Ketika kram perut muncul, makanlah makanan yang hambar seperti, roti tawar, kentang rebus, pisangm nasi, crackers dan lainnya.

Hindari makan pedas
Jika kamu memang sering mengalami kram perut, jangan mengkonsumsi makan pedas secara berlebihan. Selain itu juga makanan berlemak dan minuman berkarbonasi juga mempunyai efek buruk terhadap perut. Konsumsi makanan secara perlahan dan kunyah sampai benar-benar halus sehingga sistem pencernaan bekerja dengan baik.

Makan obat
Cara ampuh untuk mengatasi kram perut yaitu mengkonsumsi obat acetaminophen dan ibuprofen. Apabila tidak ada perubahan reaksi, periksakan ke dokter sehingga mendapatkan penanganan lanjut.

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara mengatasi kram perut dengan cepat. Sehingga tidak perlu lagi panik saat kram terjadi pada perutmu. Walaupun begitu, konsultasi dengan dokter adalah hal yang sangat perlu dilakukan. Jangan sampai kram itu gejala penyakit serius, tapi kamu tidak tahu.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top