Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Cara Mudah dan Cepat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Aman

Uncategorized

13 Cara Mudah dan Cepat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Aman

Didalam tubuh yang sehat terdapat tekanan darah yang normal terjaga kadarnya, apabila tekanan darah ini berlebihan maka ujungnya adalah strok dan berakibat buruk bagi tubuh. Tekanan darah berbahaya karena sangat erat hubungannya dengan jantung yang merupakan organ vital. Dalam artikel ini akan dipaparkan bagaimana cara cepat menurunkan tekanan darah tinggi yang sudah terlanjur tinggi.

Tekanan darah tinggi ditandai dengan gejala yaitu meningkatnya tekanan darah tinggi secara terus menerus ddari waktu ke waktu. Tekanan darah tinggi juga bisa disebabkan oleh obesitas, faktor genetik, kebiasaan merokok dan minuman beralkohol tanpa disertai pola hidup sehat seperti olahraga. Berikut akan kami sajikan beberapa cara cepat menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara Cepat Menurunkan Tekanan Darah, Cara Cepat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Cara Aman dan Cepat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

1. Kurangi konsumsi garam

Cara cepat menurunkan tekanan darah tinggi yang pertama adalah dengan mengurangi konsumsi garam. Menurut Mayo Clinik, dengan mengurangi sedikit asupan garam dalam makanan kita maka tekanan darah akan berkurang sebanyak 8mmHg, dan itu sudah cukup untuk membuat tekanan darah kita menjadi normal

2. Berhenti minum minuman alkohol

Anda tentunya sudah mengetahui bahaya dari minuman beralkohol apalagi dalam jumlah besar. Apabila asupan alkohol kedalam tubuh dilakukan terus menerus dalam jumlah besar, akibatnya adalah tekanan darah yang tinggi permanen dan itu merupakan hal yang sangat buruk bagi kesehatan.

3. Hidari stress dan depresi

Mungkin anda belum mengetahui bahwa stres dan depresi dapat meningkatkan tekanan darah, tapi itulah kenyataannya bahwa stress berpengaruh besar bagi kesehatan, tidak hanya meningkatkan tekanan darah tapi juga berbagai penyakit lain yang berbahaya bagi kesehatan dan mengancam nyama anda.

4. Hindari mengonsumsi lemak jenuh dan kolesterol

Untuk menghindari tekanan darah tinggi dan menurunkannya, anda dapat melakukan diet lemak jenuh dan makanan yang berkolesterol. Tidak hanya lemak jenuh, lemak trans juga perlu diwaspadai agar nda terhindar dari tekanan darah tinggi. Lebih baik mengonsumsi lemak baik dalam kacang-kacangan daripada lemak jenuh dan lemak trans.

Loading...

5. Mengonsumsi makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Cara termudah menurunkan darah tinggi adalah dengan makanan, karena makanan sangat dekat dengan kita dan setiap hari kita pasti makan. Contoh makanan yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi antara lain Bawang Putih,  Kedelai,  Jeruk, Mentimun, Kentang, Kiwi, Roti gandum dll.

6. Lakukan olahraga kardio

Sudah menjadi rahasia umum bahwa dengan berolahraga, memiliki segudang manfaat bagi kesehatan terutama latihan kardio. Anda dapat memilih pola latihan yang tepat untuk kondisi tubuh anda. Minimal lakukakn 5 kali alam seminggu, anda dapat melakukan jogging, renang, yoga dan lain sebagainya.

7. Minum sari daun pegagan

Ramuan herbai dari sari daun pegagam juga sangat bermanfaat bagi kesehatan, yaitu menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya adalah rebus daun peganan dan minumlah secara rutin dan berkala untuk mendapatkan hasil maksimal. Daun pegagan sangat berguna karena adlaah bahan herbal yang alami.

8. Berhenti kebiasaan merokok

Teruntuk anda yang saat ini adalah perokok berat sebaiknya kurangi bahkan hentikan kebiasaan merokok tersebut. Karena, dengan merokok akan sangat merugikan kesehatan kita khususnya tekanan darah tinggi. Nikotin dalam rokoklah yang dapat membuat  tekanan darah jadi tinggi sekitar 10mmHg.

9. Kurangi konsumsi minuman berkafein

Bagi anda pecinta kopi berhati-hatilah karena kandungan kafein dalam kopi bisa beresiko meningkatkan tekanan darah anda. Walaupun tekanan darah dapat melonjak karena minum kafein, tetapi hal ini masih menjadi perdebatan apakah benar kafein menjadi penyebab tekanan darah meningkat.

10. Kurangi konsumsi gula

Dengan mengonsumsi gula yang berlebihan, maka akan berakibat diabetes dan itu sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Terlalu banyak asupan gula tidak hanya meningkatkan kadar gula dalam darah, tapi tekanan darah juga akan tinggi. Dengan mengurangi asupan gula, anda akan merasakan turunnya tekanan darah.

Baca Juga 9 Penyebab, Gejala, Diagnosis dan Mengobati Osteofit

3 Cara Cepat Menurunkan Tekanan Darah Lainnya:

11. Perbanyak minum air putih
12. Minum sari daun alpukat
13. Minum susu rendah lemak, usahakan yang tidak ada kadar gula sedikitpun

Itulah 13 cara cepat menurunkan tekanan darah tinggi yang mungkin bisa anda coba sendiri di rumah. Apabila tekanan darah anda tidak kunjung turun segera temui dokter anda, jika tidak akan berakibat fatal terhadap kesehatan tubuh anda dan beresiko besar penyakit terhadap strok yang berujung kema=atian. Jadi, tetap waspada dan selalu jaga pola hidup anda.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top