Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Membersihkan Karang Gigi Tanpa Scalling Ke Dokter

Uncategorized

Cara Membersihkan Karang Gigi Tanpa Scalling Ke Dokter

Cara membersihkan karang gigi tanpa ke dokter merupakan hal yang mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Menyikat gigi secara rutin dapat menjaga kebersihan pada permukaan gigi secara keseluruhan. Permukaan gigi mempuyai lapisan kecil yang disebut biofil, yakni tempat berkumpulnya mokroorganisme baik ataupun jahat. Mikroorganisme itu nantinya akan bergabung dengan sisa makanan yang akhirnya menimbulkan plak gigi.

Plak gigi itu jika dibiarkan lama-kelamaan membentuk karang gigi lalu menyebabkan kumpulan mineral yang bisa mengeras. Apabila mineral itu mengeras akan menyebabkan bau mulut dan penyakit gigi dan mulut lainnya. Terbentuknya karang gigi, sebenarnya bukan hanya karena tumpukan kotoran, tapi juga karena kekurangan air lliur. Air liur atau Sali ini merupakan elemen penting yang harus selalu terdapat di dalam rongga mulut.

Air liur berfungsi sebagai self cleansing yang mampu membersihkan sisa-sisa makanan dan plak pada permukaan gigi. Kamu bisa membersihkan karang gigi dengan scalling ke dokter gigi. Tapi, scalling ini memerlukan waktu cukup lama, sehingga sebagian orang malas melakukannya. Tapi, kebiasaan itu sangatlah tidak baik, karang gigi harus segera dihilangkan, jangan menimbulkan masalah baru yang lebih parah.

Ada alternatif lain untuk menghilangkan karang gigi yang bisa kamu lakukan sendiri tanpa pergi ke dokter. Caranya pun tidak sulit dan bahannya bisa kamu dapatkan dengan mudah. Mau tahu bagaimana cara scalling alami tanpa bantuan dokter? Simak yuk ulasannya!

Cara membersihkan karang gigi secara alami yang efektif

Banyak orang lebih memilih cara alami, selain tidak mengeluarkan biaya yang besar juga tanpa efek samping. Kamu juga bisa mendapatkan manfaat lain dari cara ini yaitu nafas menjadi segar. Inilah beberapa cara alami untuk membersihkan karang gigi!

Tomat dan strowberi
Cara membersihkan karang gigi yang pertama adalah menggunakan tomat dan strowberi. Kedua bahan alami ini mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga sangat tepat untuk pembersih gigi alami. Dengan mengkonsumsinya secara teratur bisa meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Cara memanfaatkannya untuk menghilangkan karang gigi sebagai berikut.

Loading...
  • Pilihlah salah satu tomat atau strowberi.
  • Berkumurlah menggunakan air hangat.
  • Lalu, gosokkan tomat atau strowberi pada permukaan gigi yang terbentuk karang gigi atau secara menyeluruh.
  • Tunggu sampai 10 menit agar bahan itu berfungsi pada gigi.
  • Setelah itu, bilas mulutmu dengan air hangat yang dicampur baking soda.

Baking soda
Membersihkan karang gigi menggunakan baking soda merupakan cara yang sudah dipaka sejak lama. Baking soda cukup ampuh menghilangkan plak gigi yang masih baru. Tapi, apabila kamu ruti melakukannya tentu bisa menghilangkan karang gigi secara bertahap. Simak, cara menggunakan baking soda dalam masalah ini.

  • Siapkan baking soda, garam dan air bersih
  • Tuangkan baking soda ke wadah sesukupnya
  • Tambahkan sedikit garam dan masukkan beberapa tetes air
  • Kemudian, aduk semua bahan sampai membentuk pasta
  • Berkumurlah dengan air bersih
  • Oleskan pasta tersebut ke seluruh permukaan gigi
  • Setelah merata, sikat gigi selama beberapa menit
  • Berkumur lagi untuk membersihkan mulut. 

Keju
Bahan makanan yang disukai dan bisa menambah kenikmatan dalam beberapa kue adalah kejus. Kandungan poteinnya bisa menyehatkan tubuh dan cocok dimasukkan ke dalam menu sarapan. Tidak hanya dapat melezatkan makanan saja, tapi keju mampu membersihkan karang gigi. Tapi, hasilnya tidak bisa instan seperti scalling gigi. Keju bekerja dengan menetralkan asam mulut penyebab terbentuknya plak. Sehingga, kamu harus rutin memakannya.

Minyak wijen
Manfaat minyak wijen untuk tubuh begitu banyak, mulai dari mencegah diabetes, menjaga kesehatan usus, merawat kulit, menurunkan tekanan darah, menyehatkan rambut dan memelihara kepadatan tulang. Tak hanya itu minyak wijen juga ampuh menjaga kesehatan mulut termasuk membersihkan plak gigi
Cara menggunakannya dengan berkumur menggunakan minyak wijen setiap hari. Lakukan hal ini 2 kali sehari yakni pagi setelah bangun tidur dan pada malam hari sebelum bangun tidur.  Perawatan ini bisa menurunkan kadar bakteri atau kuman penyebab pembentukan karang gigi.

baca juga : Penyebab Gusi Berdarah

Getah buah sukun
Sudah tahukan bentuk buah sukun itu seperti apa. Dengan memanfaatkan getah buah sukun sebagai cara membersihkan karang gigi tanpa pergi ke dokter, kamu bisa mempunyai gigi yang sehat. Getah ini diyakini mampu mengatasi berbagai permasalahan pada gigi dan mulut. Itulah mengapa gigi para kakek atau nenek kita masih kuat walau sudah dimakan usia.

Cara memanfaatkannya adalah ambil getah buah sukun lalu terapkan ke seluruh permukaan gigi atau bagian yang membentu karang gigi. Biarkan selama beberapa menit dupaya getah itu berfungsi. Setelah itu bersihkan gigi dan mulutmu.

Siwak
Cara membersihkan karang gigi menggunakan siwak merupakan metode yang sudah digunakan sejak zaman Nabi. Bersiwak adalah mengaplikasikan kayu siwak untuk menggosok gigi secara menyeluruh. Untuk menghilangkan karang gigi dengan siwak membutuhkan waktu lama, sehingga kamu harus rutin menerapkannya. Bersiwak mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut dari berbagai penyakit. Selain menggunakan pasta gigi, kamu juga perlu bersiwak agar gigimu tetap sehat dan kuat.

Biji asam kawak
Biji asam kawak termasuk bahan alam yang dimanfaatkan untuk menambah cita rasa makanan. Selain itu, juga mempunyai fungsi yang amat penting yaitu menghilangkan karang gigi. Caranya pun tidak sulit.

  • Ambil biji asam kawak secukupnya
  • Sangrai sampai nampak masak
  • Tumbuk biji asam kawak sampai halus
  • Oleskan tumbukan itu ke bagian karang gigi menggunakan kapas
  • Tunggu beberapa menit dan sikat sampai berssih
  • Yang terakhir berkumurlah dengan air bersih.

Cukup mudahkan cara membersihkan karang gigi tanpa scalling ke dokter? Langsung praktekkan sendiri di rumah.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top