Connect with us
close

Virtual.co.id

25 Cara Memperbaiki Pola Tidur yang Salah

Uncategorized

25 Cara Memperbaiki Pola Tidur yang Salah

Tidur adalah aktivitas yang vital mesti dilakukan manusia. Pola tidur yang salah membuat seseorang memiliki kualitas kesehatan yang buruk. Karena organ tubuh yang seharusnya direfresh kinerjanya saat manusia tertidur, malah selalu bekerja selama 24 jam. Dampak dari pola tidur yang salah mula-mula adalah kacaunya jam tidur. Ketika siang tertidur, kalau malam malah susah tidur.

Penyakit susah tidur terkenal dengan nama Insomnia. Ini adalah suatu gangguan yang ditandai dengan kesusahan tidur saat malam hari. Penyebab Insomnia tentu saja ada banyak sekali. Antara lain: karena stress, kebiasaan, dan konsumsi obat-obatan. Mengatasi insomnia menjadi langkah awal untuk memperbaiki pola tidur.

Cara memperbaiki pola tidur, secara umum terbagi menjadi 4 jalan, yaitu:
1. Manajemen waktu
2. Manajemen fisik
3. Manajemen psikis
4. Terapi medis

Dengan manajemen waktu, kita dituntut untuk disiplin soal jam tidur dan jam bangun tidur. Normalnya manusia membutuhkan waktu 8 jam untuk tidur. Tapi semakin bertambahnya umur, porsi normal tersebut biasanya akan berkurang karena mekanisme kimiawi dan biologis tubuh.

Pada manusia dengan rentang umur 0-7 tahun, jam tidurnya biasanya panjang menyentuh 10 jam. Memasuki tingkatan usia 7-17 tahun, jam tidurnya mulai 8 jam. Dan di atas umur 17 tahun, antara 6-7 jam. Namun pada berbagai usia, sebenarnya idealnya adalah 8 jam. Jadi, mulailah mengatur waktu tidur kita jadi 8 jam.

Yang kedua adalah manajemen fisik. Ketika sistem imun kita baik, maka pola tidur juga baik. Cara memperbaiki pola tidur berbasik fisik ini mudahnya adalah dengan rutin melakukan olahraga sehingga tubuh jadi lancar sirkulasi darahnya. Selain itu, konsumsi makanan yang bergizi dan bervitamin juga penting.

Loading...

Selanjutnya manajemen psikis, ini tak ubahnya dengan mengatur pola pikir kita. Supaya selalu postive thinking dan ceria menjalani hidup. Bila tertimpa suatu permasalahan jangan mudah hanyut dalam stress. Karena stress hanya akan memperburuk pola tidur.

Dan yang terakhir adalah terapi medis. Ketika segala upaya memperbaiki pola tidur yang dilakukan diri kita tidak membuahkan hasil. Maka saatnya mengunjungi dokter. Kita bisa konsultasikan dulu ke dokter umum. Biasanya dokter akan meresepkan obat anti depresan atau obat tidur yang cukup efektif memperbaiki pola tidur.

Nah, berdasarkan uraian di atas, berikut di bawah ini 25 cara memperbaiki pola tidur yang salah secara khusus:

1. Membuat Jam Tidur yang Tetap


Bagi orang yang bermasalah dengan jam tidur, membuat jam tidur yang tetap sangatlah susah. Cara memperbaiki pola tidur yang salah dengan begitu menjadi sangat sulit. Nah, pada mulanya, sebaiknya kita pakai jam weker sebagai alarm bangun tidur. Pasanglah jam weker agar bunyi di jam 4 pagi. Lihat perubahannya setelah 1-2 minggu, tanpa jam weker pun kita akan refleks terbangun jam 4 pagi meski tidak pasang jam weker.

 

2. Biasakan untuk Cuci Muka, Tangan, Kaki Sebelum Tidur

Sangat penting untuk kita menjaga kebersihan tubuh sebelum tidur. Pastikan muka, tangan dan kaki bersih. Supaya kita nyaman dan pulas tertidurnya. Kondisi tubuh yang kotor membuat ketidaknyaman yang justru memperburuk pola tidur yang salah.

3. Jangan Lupa Gosok Gigi


Cara memperbaiki pola tidur yang salah selanjutnya adalah dengan memperhatikan kebersihan dan kesehatan gigi dan rongga mulut. Sebelum tidur biasakanlah gosok gigi. Ini sangat membantu untuk mencegah keasaman mulut. Mulut yang asam bisa buat anda tidak nyenyak tidurnya.

 

4. Pakailah Pakaian yang Longgar


Memakai pakaian longgar juga menjadi cara memperbaiki pola tidur yang salah. Karena pakaian longgar bisa membuat sirkulasi darah anda jadi lancar. Otak akan meresponnya dengan memproduksi hormon yang membuat tidur nyenyak.

 

5. Pastikan Kasur dalam Keadaan Bersih


Jika kita ingin memperbaiki pola tidur yang salah. Tak ada salahnya mulai memperhatikan kualitas kasur. Pastikan kasurnya empuk dan seprei selalu bersih.

 

6. Cobalah Mengatur Ketinggian Bantal


Pastikan bantal yang kita gunakan nyaman. Tidak ada standar khusus apakah bantal harus tinggi atau rendah. Karena semua bergantung pada kondisi kita masing-masing. Namun, bantal yang ideal sebenarnya adalah bantal yang tidak terlalu tinggi. Supaya leher jadi rileks.

 

7. Biasakan untuk Tidur dalam Kamar yang Gelap atau Lampu Kamar Dimatikan


Ini yang jarang dipraktekkan oleh orang yang mengalami gangguan tidur. Padahal cara memperbaiki pola tidur yang salah itu mudah sekali. Cukup dengan membiasakan mematikan lampu kamar.

 

8. Tidak Bermain Ponsel atau Membaca Buku Sambil Tiduran


Banyak orang yang saat akan tidur malah asyik main ponsel bahkan baca buku. Padahal ini akan merusak mata. Dan akan membuat otak jadi tegang. Alhasil tidur menjadi tidak pulas.

 

9. Memejamkan Mata Sambil Mengatur Pernafasan


Paksa diri kita untuk terus memejamkan mata. Atur juga pernafasan supaya oksigen lebih banyak mengalir ke seluruh organ tubuh, terutama otak.

 

10. Banyak Minum dan Makan yang Mengandung Vitamin C


Vitamin C memang baik untuk sistem imun dan antioksidan. Cara memperbaiki pola tidur yang salah juga ternyata bisa dengan terapi tubuh dengan vitamin C. Banyaklah minum jus jambu atau jeruk.
Nah, berdasarkan uraian di atas. Semoga kita semakin paham tentang cara memperbaiki pola tidur yang salah. Di bawah ini masih ada lagi cara lainnya yang bisa kita praktekkan:

 

15 Cara Memperbaiki Pola Tidur yang Salah Lainnya:


11. Makan malam sebelum tidur
12. Melakukan hubungan badan sebelum tidur dengan pasangan
13. Konsumsi vitamin B kompleks
14. Banyak melakukan senam pagi
15. Berjemur di bawah matahari pagi
16. Menghindari makanan berminyak
17. Sering refreshing dengan piknik
18.  Jangan membiasakan diri bergadang
19. Tidak tidur di atas jam 12 malam
20. Kurangi minum kopi
21. Ganti kopi dengan susu
22. Banyak minum air putih
23. Menghindari makan daging-dagingan, terutama kambing
24. Banyak makan sayuran hijau
25. Perbanyak makan karbohidrat dan gula
Sekian yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan informasi ini, maka pola tidur yang salah akan sembuh dan dapat diperbaiki.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top