Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Cara Mencegah Penyakit Kaki Gajah atau Filariasis

Uncategorized

15 Cara Mencegah Penyakit Kaki Gajah atau Filariasis

Sesuai dengan namanya, penyakit kaki gajah, atau filariasis, adalah penyakit yang menyebabkan terjadinya pembesaran pada kaki penderitanya hingga menyerupai kaki gajah. Meskipun bukan merupakan penyakit yang mematikan, kondisi yang diakibatkannya dapat mengganggu aktivitas harian dan mungkin menjadi sesuatu yang dirasa memalukan. Tapi jangan khawatir, artikel kali ini akan membahas cara mencegah kaki gajah.

Seseorang yang terjangkiti penyakit ini memiliki kaki dengan ukuran yang besar di luar kewajaran, bisa salah satu atau keduanya. Bahkan kantung buah zakar pun juga bisa ikut membesar. Hal ini terjadi karena pembesaran kalenjar dan pembuluh getah bening sebagai akibat dari infeksi dan perkembangbiakan organisme penyebab di daerah terkait. Berikut adalah cara mencegah kaki gajah yang perlu Anda ketahui.

Cara Mencegah Kaki Gajah, Cara Mencegah Penyakit Kaki Gajah, Tips Cara Mencegah Kaki Gajah

1. Vaksinasi kaki gajah

Cara mencegah kaki gajah yang paling efektif adalah vaksinasi kaki gajah. Obat yang diberikan untuk mencegah datangnya kaki gajah adalah kombinasi diethil calbanasin citrate dan albendazole, yang terbukti mampu membunuh cacing filarial penyebab kaki gajah. Secara umumm obat ini aman diberikan kepada siapa saja, namun tidak diperbolehkan untuk ibu hamil dan orang sakit.

2. Menjaga kebersihan diri

Kebersihan diri Anda juga mempengarui kesehatan Anda. Mandilah paling tidak dua kali dalam sehari untuk menjaga kebersihan diri. Badan yang bersih menurunkan resiko terjangkitnya bakteri ataupun kuman yang ada di sekitar Anda.

3. Memasang kelambu

Memasang kelambu pada ranjang tempat tidur kadang dinilai tidak efektif untuk mengatasi nyamuk. Namun cara lama ini dapat menjadi alternatif bagi Anda untuk tidak digigit nyamuk pembawa penyakit kaki gajah. Untuk Anda yang alergi terhadap obat oles anti nyamuk ataupun tidak ingin menghirup zat kimia yang dihasilkan obat seprot atau bakar pengusir nyamuk, memasang kelambu menjadi pilihan bijak untuk dilakukan

4. Memastikan ventilasi rumah tetap tertutup

Banyak rumah yang tidak memasang jaring anti nyamuk pada ventilasinya, akibatnya ventilasi rumah terbuka dan memungkinkan untuk serangga masuk. Dengan menutup ventilasi rumah  dengan jaring merupakan bentuk sederhana dari mencegah nyamuk pembawa penyakit kaki gajah. Selain itu jaring pada ventilasi tetap memungkinkan sirkulasi udara yang baik didalam rumah. Sebagai tambahan, rumah dengan sirkulasi udara yang baik bukan tempat yang disenangi nyamuk.

Loading...

5. Memakai pakaian yang tertutup

Menggunakan pakaian yang tertutup dapat dilakukan untuk menghindari tergigit nyamuk pembawa kaki gajah. Apabila Anda sering beraktivitas di luar lingkungan atau Anda merupakan seseorang yang suka berpetualang ke banyak tempat seperti gunung , ada baiknya pakaian Anda menutupi tubuh dengan maksimal. Dengan demikian dapat menurunkan resiko terjangkit penyakit ini, yang ditularkan melalui gigitan nyamuk.

6. Menghilangkan genangan air

Air merupakan mediator yang baik untuk perkembangbiakan nyamuk. Semakin banyak genangan air semakin banyak pula potensi nyamuk untuk terus berkembang. Untuk itu pastikan daerah sekitar rumah Anda terbebas dari air, seperti got yang menggenang ataupun permukaan yang tidak rata yang dapat menampung air hujan.

7. Menghindari pakaian berwarna hitam

Nyamuk menyukai tempat yang gelap, jadi hindari pakaian yang berwarna gelap untuk terhindar dari gigitan nyamuk. Mengenakan pakaian gelap meningkatkan potensi nyamuk selalu berada di dekat Anda dan besar kemungkinan nyamuk tersebut dapat membawa berbagai macam penyakit, salah satunya kaki gajah.

8. Menanam tanaman khusus anti nyamuk

Menanam tanaman pengusir nyamuk dapat dijadikan pilihan untuk terhindar dari gigitan nyamuk penyabab kaki gajah. Selain mengusir nyamuk, tanaman tersebut dapat mempercantik taman Anda. Artinya satu dayung dua tiga pulau terlampaui. Tanaman pengusir nyamuk tersebut antara lain lidah buaya, tapak dara dan marigold.

9. Membersikan kolam atau bak mandi secara teratur

membersihkan kolam atau bak mandi secara teratur merupakan cara yang ampuh untuk memberantas perkembangbiakan nyamuk. Air yang tergenang merupakan tempat yang disukai nyamuk dan beresiko  terdapat jentik-jentik nyamuk di dalamnya. Degan membersikan kolam atau bak mandi secara teratur berarti Anda turut memberantas perkembangbiakan nyamuk.

10. Tidak menimbun barang tidak terpakai

Nyamuk menyukai tempat yang tidak teratur dan kotor. Sering kali barang yang tidak terpakai bergeletakan dan menumpuk. Bila tidak segera dibersihkan tempat ini menjadi strategis untuk tempat hidup nyamuk. Segera buang atau kubur barang yang tidak terpakai guna mencegah perkembangbikan nyamuk pembawa penyakit.

Baca Juga 20 Obat Alami untuk Mengatasi Kepala Terasa Berat

5 Cara Mencegah Kaki Gajah Lainnya

11. Memangkas semak dan rumput
12. Mengkonsumsi makanan bergizi
13. Membersihkan kolam atau bak mandi secara teratur
14. Menggunakan obat  nyamuk oles diseluruh tubuh
15. Menggunakan obat nyamuk bakar atau semprot untuk ruangan

Demikian pembahasan cara mencegah kaki gajah. Selain melindungi tubuh dari gigitan nyamuk secara langsung  dan pemberian  vaksin yang memberikan kekebalan tubuh terhadap penyakit ini. Menjaga kebersihan lingkungan dengan memberantas tempat perkembang biakan nyamuk adalah cara yang tidak kalah efektif untuk terhindar dari penyakit ini.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top