Connect with us
close

Virtual.co.id

25 Cara Mengatasi Batuk Kering Alami Paling Mujarab

Uncategorized

25 Cara Mengatasi Batuk Kering Alami Paling Mujarab

Cara Mengatasi Batuk Kering – Batuk tidak berdahak atau batuk kering merupakan batuk yang disebabkan karena adanya sekresi pada saluran pernapasan. Untuk itu, sangat penting mengatahui cara mengatasi batuk kering agar saat anda mengalaminya bisa diatasi dengan cepat. Cara mengatasi batuk kering terdapat berbagai macam.

Salah satunya anda bisa menggunakan atau memanfaatkan bahan-bahan alami yang biasa anda temukan di dapur seperti jeruk nipis, kecap, ataupun jahe. Berikut inilah cara mengatasi batuk kering yang bisa anda lakukan.

Batuk Kering

1. Manfaatkan beras kencur

Cara pertama untuk mengatasi batuk kering dengan memanfaatkan beras kencur. Mengkonsumsi beras kencur akan membuat batuk kering anda meredah. Hal ini dikarenakan beras kencur memiliki kandungan anti inflamasi yang mampu menyembuhkan batuk kering. Konsumsilah beras kencur dengan menambahkan jahe dan kencur kemudian direbus dan disaring.

2. Gunakan jeruk nipis dan kecap

Selain dengan cara memanfaatkan beras kencur, cara mengatasi batuk juga dapat menggunakan jeruk nipis dan kecap. Cara ini memang sering dilakukan bahkan sudah turun-termurun. Manfaatkan jeruk nipis dengan tambahkan sedikit kecap kemudian langsung diminum.

3. Gunakan jahe untuk diminum

Jahe juga dapat digunakan untuk mengatasi batuk. Caranya iris tipis jahe menjadi 3 bagian kemudian geprak jahe hingga sedikit terlihat lembut tambahkan air hangat. Anda bisa mengkonsumsinya selagi masih hangat. Jahe hangat akan membantu menghangatkan tubuh dan menghangatkan tenggorokan sehingga dapat membantu tenggorokan menjadi lebih lembab.

4. Gunakan garam untuk berkumur

Cara lainnya untuk mengatasi batuk kering dengan menggunakan garam untuk berkumur. Air garam dapat membantu mengatasi tenggorokan yang kering. Selain itu, air garam juga dapat melegakan tenggorokan bahkan dapat mengatasi sakti tengorokan.

Loading...

5. Konsumsi cuka apel

Dengan mengkonsumsi cuka apel maka akan membantu mengatasi batuk kering yang terjadi pada anda. Hal ini disebabkan cuka apel dapat memberikan vitamin pada tenggorokan dan membuat batuk kering merasa lembab. Selain itu, cuka apel juga membantu membunuh bakteri pada tenggorokan.

6. Perbanyak minum air putih

Mengkonsumsi banyak air putih juga salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi batuk kering. Ketika anda banyak mengkonsumsi air putih, itu akan membantu anda menyembuhkan beberapa gejala penyakit seperti batuk kering. Selain itu dengan minum air putih 8 gelas perharinya dapat melembabkan tenggorokan sehingga tidak terjadi batuk kering.

7. Manfaatkan blimbing wuluh

Memanfaatkan blimbing wuluh juga menjadi cara yang efektif untuk mengatasi batuk kering. Caranya blilmbung wuluh di haluskan tambahkan air dan garam secukupnya. Setelah itu anda bisa meminumnya dengan rutin untuk membantu melegakan tenggorokan.

8. Gunakan kayu manis

Kayu manis merupakan salah satu bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengatasi batuk kering. Caranya cukup mudah siapkan kayu manis kemudian tambahkan gula dan garam secukupnya. Cara ini bisa membantu anda untuk melegakan batuk kering.

9. Konsumsi teh herbal

Teh herbal dipercaya mampu mengatasi batuk kering. Hal ini dikarenakan teh yang terbuat dari bahan-bahan alami memang efektif untuk melegakan tenggorokan. Cara mengkonsumsinya dengan menyeduhnya mengunakan air hangat.

10. Gunakan kunyit untuk obat

Batuk kering juga dapat diatasi dengan menggunakan kunyit. Cara menggunakan kunyit untuk obat bisa dilakukan dengan mengkonsumsi 1 sendok bubuk kunyit dan 1 sendok madu kemudian diseduh dengan air hangat. Lakukan sehari 2 kali.

Selain terdapat 10 cara mengatasi batuk kering, ada 15 cara lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi batuk kering, seperti:

11. Minuman yang hangat
12. Manfaatkan daun pagagan
13. Perbanyak istirahat yang teratur
14. Hindari ruangan ber AC
15. Kurangi atau hentikan merokok
16. Konsumsi permen pelega
17. Gunakan kemangi
18. Manfaatkan mengkudu
19. Gunakan daun sirih
20. Kurangi atau hentikan konsumsi alkohol
21. Jahe merah
22. Madu
23. Manfaatkan sambiloto
24. Gunakan bawang merah
25. Lemon

Jika anda menderita batuk kering maka anda bisa mengatasinya dengan menggunakan salah satu cara seperti yang sudah disebutkan. Namun jika tidak memberikan perkembangan anda bisa memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui gejala penyakit tersebut.  

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top