Connect with us

Virtual.co.id

19 Cara Mengatasi Gejala Menopause dengan Mudah dan Aman

Uncategorized

19 Cara Mengatasi Gejala Menopause dengan Mudah dan Aman

Masa menopause merupakan masa dimana indung telur berhenti bereproduksi. Pada masa ini wanita tidak lagi mempunyai  periode menstruasi dan merupakan masa yang normal untuk setiap wanita. Walupun periode normal untuk wanita namun akan sangat mengganggu apabila periode ini datang terlalu dini. Untuk itu banyak wanita yang melakukan berbagai cara mengatasi menopause.

Kasus menopause datang lebih awal sering kita jumpai saat ini. Ketika normalnya wanita akan memasuki masa ini di usia akhir 40an atau awal 50an, tetapi beberapa kasus menunjukkkan saat ini bahkan menopause bisa terjadi pada wanita usia 30an. Sering kali gaya hidup yang tidak sehat menjadi penyebab datangnya premature menopause. Untuk menghindari masa menopause lebih cepat, berikut adalah cara mengatasi gejala menopause.

Cara Mengatasi Gejala Menopause, Cara Mengatasi Menopause, Cara Ampuh Mengatasi Gejala Menopause

1. Konsumsi madu

Cara mengatasi menopause yang pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi madu. Madu sudah lama dikenal sebagai obat tradisional penyembuh berbagai penyakit, termasuk juga untuk untuk mengatasi menopause. Kandungan yang terdapat pada madu menyehatkan organ reproduksi pada kaum hawa.

2. Konsumsi biji – bijian

Untuk mencegah datangnya menopause dini Anda juga dapat mengkonsumsi biji-bijian seperti kwaci, kacang kedelai dan wijen. Kandungan fitoestrogen yang tinggi pada biji–bijian berperan aktif dalam produksi sel telur.

3. Konsumsi kemangi

Daun kemangi sering kita jumpai sebagai sayuran pelengkap lalap. tumbuhan dengan nama latino. Basilicum var ini tidak hanya sekedar lalap. Dengan mengkonsumsi daun kemangi ternyata dapat merangsang produksi hormon androgen dan juga estrogen. Hormon estrogen mampu meningkatkan produksi sel telur sehingga menghindarkan dari menopause dini.

4. Konsumsi vitamin

Konsumsi  vitamin D yang cukup pada tubuh dapat mencegah terjadinya menopause dini pada wanita. Vitamin D merupakan vitamin yang dibutuhkan tulang. Tulang yang sehat menandakan hormon estrogen yang berperan penting pada pembentukan ovum bekerja aktif. Hal ini saling berkaitan karena kepadatan tulang pada wanita cenderung berkurang setelah memasuki masa menopause.

Loading...

5. Konsumsi zat besi

Seperti halnya vitamin D, zat bezi merupakan zat pembentuk tulang.  Zat besi bisa kita dapat melaui konsumsi telur, daging dan sayuran hijau. Dengan konsumsi zat besi berarti Anda menjaga kepadatan tulang dan memastikan kinerja yang baik dari hormon estrogen.

6. Gunakan produk perawatan kulit yang alami 

Banyak produk kecantikan pada wanita yang menawarkan perawatan anti-aging untuk usia menjelang tiga pulahan tahun. Produk ini dirasa menarik karena memberi jaminan untuk kerutan tidak datang lebih cepat. Faktanya, produk kecantikan yang menawarkan perawatan anti-aging akan merubah kesimbangan hormon pada tubuh dan akan memicu terjadinya menopause dini pada wanita.

7. Perbanyak konsumsi kalsium

Pada wanita yang telah memasuki masa menopause rentan terjadi osteoporosis. H al ini disebabkan adanya penurunan jumlah kalsium pada tulang. Dengan mengkonsumsi susu, keju dan olahan susu lainnnya, kebutuhan kalsium Anda akan terpenuhi.

8. Masak sayur dalam waktu singkat

Overcooking adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan keadaan makanan yang dimasak terlalu lama. Bahan makanan yang dimasak terlalu lama akan kehilangan kandungan nutrisinya. Seperti halnya sayuran yang tidak segera diangkat saat matang akan kehilangan unsur vitamin dan nutrisi di dalamnya. Dengan kata lain, memasak sayur dalam waktu singkat akan menjamin kebutuhan vitamin dan nutrisi yang terdapat pada sayuran dapat terserap oleh tubuh dengan maksimal.

9. Rajin berolah raga

Rajin berolah raga akan menjauhkan Anda dari obesitas. Obesitas adalah salah satu penyebab tidak teraturnya masa ovulasi pada wanita yang menyebabkan wanita memasuki masa menopause lebih awal. Untuk Anda yang berusia 30an jangan lewatkan hari Anda tanpa olahraga untuk menjamin Anda tidak memasuki masa menopause lebih dini.

10. Kurangi kafein

Minum kopi mungkin sudah menjadi bagian dari kegiatan kita sehari–hari. Tetapi minum kopi terlalu sering bukan merupakan kebiasaan baik, karena kandungan kafein pada kopi juga berpengaruh pada kesehatan organ reproduksi wanita.

Baca Juga :  4 Jenis Buta Warna yang Perlu Diketahui

Selain kesepuluh cara diatas, pencegahan menopause datang lebih awal juga dapat dilakukan dengan sembilan cara dibawah ini.

9 Cara Mengatasi Gejala Menopause Lainnya:

11. Ramuan temugiring
12. Konsumsi anti oksidan
13. Kurangi minyak
14. Jangan memakai celana terlalu ketat
15. Konsumsi phytoestrogen
16. Terapi hormon
17. Konsumsi obat anti osteoporosis
18. Vaginal estrogen
19. Obat anti depresan dosis rendah

Menopause merupakan masa yang normal namun akan menjadi masalah bila datangnya terlalu dini. Untuk itu, Mengetahui cara mengatasi menopause akan membuat  Anda terhindar dari premature menopause. Tidak lupa menjaga kesehatan merupakan hal penting untuk mencegah datangnya periode ini lebih awal dan menghindarkan anda dari berbagai macam penyakit.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top
%d bloggers like this: