Connect with us

Virtual.co.id

9 Cara Mengatasi Kutu Air dengan Mudah dan Efektif

Uncategorized

9 Cara Mengatasi Kutu Air dengan Mudah dan Efektif

Kutu air merupakan salah satu penyakit atau gangguan pada kulit yang disebabkan oleh jamur trikofiton atau dermatofit, atau dermathopytes. Penyakit ini sering dijumpai pada siapa saja baik itu anak – anak maupun orang dewasa terutama saat kondisi cuaca sedang lembab. Cara mengatasi kutu air selalu dicari orang untuk menyembuhkannya dengan cepat karena tidak tahan dengan rasa gatal yang diakibatkan.

Biasanya kutu air terjadi pada bagian jari kaki, telapak kaki, bahkan hingga ke tangan. Kutu air akan menyebabkan rasa gatal yang berlebihan. kebiasaan yang dapat menimbulkan timbulnya jamur tersebut misalnya menggunakan kaos kaki yang basah. Berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi kutu air secara efektif.

Cara Mengatasi Kutu Air, Cara Mudah Mengatasi Kutu Air, Cara Mengatasi Penyakit Kutu Air

1. Bawang putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang juga dapat digunakan sebagai salah satu cara mengatasi kutu air secara efektif. Sejak jaman dahulu bawang putih ini dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kulit. Sebab didalam bawang putih mengandung antibiotik yang akan membasmi salah satu jenis jamur yang menyebabkan terjadinya penyakit kutu air. Cara menggunakannya pun tidak sulit, yaitu dengan menempelkan beberapa irisan bawang putih pada daerah yang terkena kutu air.

2. Singkong

Singkong bukan hanya dapat dibuat menjadi kripik. Namun umbi – umbian ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati kutu air yang tak kunjung sembuh. Cara menggunakannya yaitu dengan memarut singkong hingga terbentuk seperti pasta. Kemudian tempelkan pasta pada bagian kaki yang terkena kutu air. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin.

3. Air teh

Air teh tidak hanya digunakan sebagai bahan pembuat minuman yang menyegarkan, namun daun teh dapat berguna untuk mengatasi masalah kutu air. Cara menggunakannya yaitu dengan merebus teh ke dalam air mendidih, kemudian gunakan air hasil rebusan untuk merendam kaki yang terkena kutu air. Sangat dianjurkan untuk menggunakan air teh setelah suhunya dingin dan rendam kaki selama 15 menit.

4. Air garam

Dari jaman dahulu, air garam sering kali dimanfaatkan sebagai obat alami untuk masalah kulit termasuk kutu air. Cara menggunakannya yaitu dengan merendam kaki yang terkena kutu air kedalam ember yang berisi larutan air garam. Air garam yang memiliki anti bakteri tinggi akan mampu untuk menghilangkan jamur penyebab kutu air pada kaki.

Loading...

5. Daun sirih

Daun sirih merupakan tumbuhan yang sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan, salah satunya yakni dapat mengatasi masalah kutu air. Cara menggunakannya yaitu dengan merebus 10 lembar daun sirih dengan 2 gelas air, setelah mendidih campurkan dengan sedikit garam. Selanjutnya gunakan ramuan tersebut untuk mencuci kaki yang terkena jamur penyebab kutu air.


6. Minyak kelapa

Minyak kelapa yang selama ini hanya dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menggoreng segala jenis makanan ternyata juga dapat digunakan untuk menghilangkan jamur dengan mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan beberapa banyak minyak goreng ke bagian – bagian yang terkena kutu air. Diamkan hingga beberapa menit kemudian bilas dengan air. Lakukan cara tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

7. Cuka apel

Fungsi dari cuka apel sama halnya dengan garam yaitu untuk mengurangi rasa sakit akibat di grogoti oleh jamur penyebab kutu air. Campurkan cuka air kedalam air hangat kemudian oleskan pada bagian kaki yang terkena kutu air.

8. Jangan gunakan sepatu yang sempit

Menggunakan sepatu yang sepit hanya akan membuat kaki tidak nyaman dan lecet. Selain itu kutu air akan cepat berkembang dan menjalar ke bagian lainnya. Oleh sebab itu gunakan ukuran sepatu yang pas digunakan agar tidak terkena risiko kutu air.


9. Jangan gunakan handuk secara bersamaan

Jamur penyebab kutu air dapat menular ke orang lain melalui berbagai media salah satunya handuk. Apabila seseorang menggunakan handuk yang sama dengan penderita kutu air. Sangat dimungkinkan orang tersebut dapat tertular. Oleh sebab itu hindari menggunakan handuk yang sama dengan orang lain.

Baca Juga 7 Dampak Penyebab Kepala Terasa Sangat Dingin

Itulah 9 cara mengatasi kutu air yang dapat kamu lakukan dengan mudah diterapkan. Sebaiknya selalu jaga kebersihan terutama pada bagian kaki karena bagian tersebut sangat rentan terkena kutu air yang sangat mengganggu dan bisa menyebabkan penyakit.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top
%d bloggers like this: