Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Cara Ampuh Mengatasi Menopause

Uncategorized

20 Cara Ampuh Mengatasi Menopause

Menopause merupakan fase yang dialami oleh setiap wanita ketika memasuki usia 40 tahun keatas. Pada masa ini secara fisiologis siklus menstruasi akan berhenti sehingga tubuh anda akan mengalami perubahan hormon. Untuk itu, anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi menopause. Hal ini sangat penting untuk mencegah siklus menopause agar tidak terjadi pada usia dini.

Untuk mengatasinya anda dapat melakukan beberapa cara. Hal ini penting dilakukan apalagi kalau usia anda sudah menginjak 40-50 tahun. Berikut ini cara mengatasi menopause yang dapat anda lakukan agar tidak mengganggu kenyaman anda ketika beraktifitas.

Cara Mengatasi Menopause dengan Mudah, Cara Mengatasi Menopause, Cara Mengatasi Menopause secara Ampuh

1. Terapi hormon

Cara yang pertama mengatasi menopause anda dapat melakukan dengan terapi hormon. Cara ini dilakukan agar bisa mengurangi gejala hot falshes yaitu kondisi yang membuat wanita masuk ke masa menopause namun mengalami kesakitan serta mencegah pengeroposan tulang. Anda dapat mengunjungi dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan dengan cara yang aman.

2. Menggunakan obat osteoporosis

Sebagian orang menganggap jika mengkonsumsi obat bukanlah cara yang efektif untuk mengatasi menopause. Namun anda tidak perlu khawatir, anda dapat mengkonsumsi obat osteoporosis sesuai dengan resep dokter sehingga aman dikonsumsi untuk mengatasi menopause.

3. Mengkonsumsi kedelai

Ketika memasuki usia 40 tahun keatas hormon estrogen dan progesteron yang dimiliki oleh setiap wanita akan menurun, sehingga anda membutuhkan makanan yang mengandung estrogen alami untuk mencegah menopause yang terjadi. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi kedelai karena makanan ini mengandung estrogen alami yang sangat baik untuk mengatasi menopause.

4. Vaginal estrogen

Cara lainnya untuk mengatasi menopause yaitu dengan vaginal estrogen. Cara ini mungkin masih tidak begitu umum dilakukan. Namun, cara ini bisa dilakukan dengan memberikan obat berbentuk krim atau tablet ke vagina. Dengan begitu, menopause dapat dicegah dan gejala kekeringan pada vagina serta masalah susah buang air kecil dapat diatasi.

Loading...

5. Obat anti depresan dosis rendah

Cara selanjutnya untuk mengatasi menopause dengan obat anti depresan yang memiliki dosis rendah. Obat ini digunakan untuk meringankan gejala hot flashes pada perempuan yang sudah memasuki masa menopause. Selain itu, dengan bantuan obat ini akan membantu anda untuk meningkatkan mood serta emosi yang tidak stabil ketika mengalami menopause.

6. Kurangi minyak

Menggunakan minyak yang kurang berkualitas juga akan mempengaruhi masa menopause anda semakin cepat. Hal ini disebabkan kandungan minyak goreng biasa menyerap lebih banyak pada makanan yang anda goreng. Untuk itu, mulailah mengganti minyak goreng biasa dengan menggunakan minyak zaitun atau mentega dengan kandungan rendah kalori, sehingga tidak terlalu banyak minyak yang masuk ke dalam tubuh.

7. Perbanyak konsumsi kalsium

Kandungan kalsium sangat dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang agar tidak mudah patah. Jika wanita sudah memasuki masa menopause maka sangat rentan terhadap berbagai masalah tulang seperti osteoporosis karena berkurangnya kadar kalsium yang ada dalam tubuh. Oleh karena itu, anda dapat mencegahnya dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti susu, keju, ataupun gandum.

8. Konsumsi madu

Mengkonsumsi madu juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi menopause. Hal ini disebabkan madu memiliki kandungan yang baik untuk mencegah terjadinya menopause terlalu dini. Mulailah untuk mengkonsumsi madu untuk mengatasi menopause.

9. Rajin berolahraga

Selain dengan cara banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi, anda juga harus mengimbanginya dengan rajin berolahraga. Hal itu dilakukan untuk mencegah menopause untuk usia dini. Salah satu olahraga yang bisa anda lakukan untuk mengatasi menopause dengan rajin melakukan senam aerobik.

10. Konsumsi kemangi

Kemangi merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi menopause. Kandungan yang terdapat dalam kemangi akan memberikan bermanfaat untuk mengatasi menopause. Dengan banyak mengkonsumsi kemangi maka akan mengurangi rasa sakit bagi anda yang menderita saat mengalami menopause.

Baca Juga 33 Jenis Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan Super Cepat

Selain 10 cara mengatasi menopause, ada 10 cara lainnya untuk mengatasi menopause yang perlu anda ketahui.

10 Cara Mengatasi Menopause Lainnya:

11. Ramuan temugiring
12. Konsumsi biji-bijian
13. Konsumsi zat besi
14. Konsumsi phytoestrogen
15. Masak sayur dalam waktu singkat
16. Konsumsi vitamin
17. Konsumsi antioksidan
18. Kurangi kafein
19. Perkaya hormon estrogen

Itulah cara mengatasi menopause. Jika anda ingin mengatasi masa menopause maka anda dapat melakukan salah satu cara tersebut. Selain itu, anda juga harus memperhatikan pola makan dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin sebagai menu harian anda untuk menghindari berbagai macam penyakit.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top