Connect with us
close

Virtual.co.id

11 Cara Mengatasi Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur Secara Alami

Uncategorized

11 Cara Mengatasi Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur Secara Alami

Sekarang ini sudah banyak yang percaya tentang keampuhan pengobatan alami, termasuk untuk mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur. Menstruasi atau haid tidak teratur merupakan kondisi yang umum dialami oleh para kamu wanita. Mungkin 1 atau 2 hari saja terlambat tidak apa-apa. Tapi, kalu sudah berminggu-minggu, kamu harus mewaspadainya dan jangan diabaikan.

Selain tentang waktu, beberapa wanita juga ada yang mengalami pendarahan haid tak normal. Mulai dari jumlahnya berlebihan atau ada yang sangat sedikit. Entahlah karena apa itu, tapi tubuh yang stres bisa mempengaruhi menstruasi yang terjadi setiap bulan itu. Untuk mengatasi hal itu, kamu memerlukan obat tradisional agar haid teratur setiap bulan.

Sebelum kamu memeriksakan diri ke dokter untuk mengatahui secara gamblang dan penanganan mestruasi agar teratur, gunakan cara alami ini. Yang harus kamu lakukan adalah memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah.

Inilah cara mengatasi haid tidak teratur tanpa efek samping

Berikut cara pengolahan dan penggunaan bahan-bahan alami untuk melancarkan siklus menstruasi tiap bulan. Sehingga, kamu tak khawatir lagi dengan kondisi tersebut. Inilah caranya :

Pepaya
Jika datang bulan tidak lancar, khususnya karena stres, buah pepaya bisa menjadi solusi cepat. Buah pepaya mampu mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Pepaya mentah dapat membantu kontraksi otot yang pada urutannya merangsang kelancaran siklus haid.

Cara membuat ramuan pepaya untuk mengatasi datang bulan tidak teratur. Siapkan pepaya mentah, terserah kamu mau mengkonsumsinya secara langsung, dibuat minuman jus atau ditumis. Makanlah sampai menstruasi datang. Jika ingin selalu lancar, sebelum pada saatnya haid, konsumsi buah pepaya mentah ini secara rutin.

Loading...

Pare
Buah pare sudah dikenal jaman dulu untuk pengobatan berbagai penyakit. Sama seperti buah pepaya, pare juga mampu melancarkan dan membuat siklus menstruasi menjadi teratur. Pare juga bisa kamu masak menjadi makanan kesukaanmu atau membuatnya jadi jus. Makan pare atau minum segelas jus pare 1-2 kali sehari dalam beberapa minggu. Buatlah sesukamu agar rasa pahitnya bisa berkurang.

Lidah buaya
Tak hanya menjaga kesehatan rambut dan kulit, lidah buaya dapat mengatasi haid tidak teratur. Buatlah gel lidah buaya menjadi jus atau minuman lainnya. Ambil 1 sdm gel lidah buaya segar dan campurkan dengan 1 sdt madu, aduk sampi tercampur. Konsumsi selagi perut kosong di pagi hari. Bukan hanya menstruasi yang lancar, tapi kesehatanmu secara keseluruhan akan meningkat. Karena lidah buaya ini kaya akan vitamin, anti-inflamasi dan 20 macam asam amino.

Cuka sari apel
Minum cuka sari apel sehari sekali bisa melancarkan siklus mentruasi tanpa efek samping. Ternyata cuka sari apel juga mampu mengurangi nyeri saat haid. Sebab, bahan ini membantu jumlah insulin dan gula darah sehingga dapat menyeimbangkan hormon. Dengan begitu, datang bulan menjadi teratur.

Minum langsung 1-2 sdm cuka sari apel atau campukannya ke dalam minuman atau makanan yang kamu sukai. Konsumsi satu hari sekali secara rutin sampai haid kembali normal.

Kayu manis
Bahan alami ini mampu mengurangi kram dan mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Kamu bisa menambahkan ½ sdt bubuk kayu manis ke dalam segelas susu atau teh dan aduk. Lalu, minumlah setiap hari dalam beberapa minggu.

Biji wijen
Selain mempercantik kue atau makanan, biji wijen dapat kamu jadikan cara mengatasi mentruasi yang tidak teratur. Caranya, ambil beberapa biji wijen secukupnya, lalu sangrai sampai keluar aroma khas wijen. Haluskan dan campur 1 sdt gula merah. Tambahkan 1 sdt campuran ini ke dalam teh atau larutkan ke dalam air putih. Minum sehari sekali saat perut masih kosong selama 2 minggu.

Wortel
Wortel mengandung zat besi yang berperan dalam meningkatkan kerja hormon supaya normal. Salah satunya bermanfaat untuk mengobati menstruasi yang tidak teratur. Caranya, minum 1 glas jus wortel setiap hari selama 2-3 bulan, maka siklus haid mu akan kembali teratur.

Biji adas
Salah satu obat tradisional agar haid teratur setiap bulan diantaranya biji adas. Bahan aini membantu memperlancar aliran darah menstruasi.  Rendam 1sdm biji adas di dalam segelas air di malam hari. keesokan harinya saring dan minum selagi perut masih kosong. Lakukan secara teratur sampai periode datang bulan menjadi normal.

Air asam
Air asam termasuk obat tradisonal agar menstruasi teratur. Air asam sudah digunakan nenek moyang dan menjadi warisan leluhur yang mempunyai khasiat dalam meningkatkan kesehatan. Diantarnya adalah untuk mengatasi menstruasi yang tidak lancar. Minumlah larutan asam jawa secara rutin sebelum tanggal haid tiba. Larutkan satu asam secukupnya ke dalam segelas air dan konsumsi.

baca juga : Kenali Gejala Penyakit Kista Yang Ditunjukkan Oleh Tubuh

Jahe
Sejak lama jahe terbukti ampuh mengobati beberapa penyakit, termasuk telah datang bulan. Rebus parutan jahe secukupnya dengan 2 gelas air. Biarkan sampai air tersisa satu gelas. Kemudian, saringlah dan minum setelah makan.

Kunyit
Obat tradisional agar haid teratur yang tak kalah ampuh adalah kunyit. Kunyit mempunyai kemampuan untuk menghangatkan tubuh dan meningkatkan keseimbangan hormon. Ambillah 1sdt bubuk kunyit atau kunyit yang dihaluskan dan masukka ke dalam segelas air hangat dan minumlah setiap hari.

Jika setelah rutin mengkonsumsi obat tradisional agar mestruasi lancar, belum ada perubahan yang signifikan, segera hubungi dokter. Dokter akan berusaha mencari penyebab menstruasi tidak lancar dan memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi masalahmu itu. Jadi, tak usah malu untuk berkonsultasi kepada pakar kesehatan ya!

Itulah 11 cara mengatasi menstruasi yang tidak teratur tanpa efek samping. Cara ini bisa kamu terapkan saat terjadi telat haid atau menstruasi.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top