Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Haid yang Berlebihan

Uncategorized

Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Haid yang Berlebihan

Sebagian wanita pasti pernah mengalami nyeri haid yang berlebihan. Tidak hanya rasa sakit yang dirasakan, tapi juga sulit melakukan aktivitas. Tentu kamu harus mengetahui cara mengatasi nyeri haid yang efektif dan cepat. Bahkan pada beberapa perempuan mengalami pendarahan berlebihan dan dalam jangka waktu panjang.

Jangka waktu periode menstruasi umumnya berlangasung selama 3-5 hari dengan berkurang darah sekitar 34 ml saja. Sedangkan bagi wanita yang mengidap menorrhagia (periode menstruasi berat) bisa kehilangan darah sebanyak 80 ml yang berlangsung selama satu minggu atau lebih. Perlu kamu ketahui mennorhagia adalah rasa nyeri haid yang berlebihan dan bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Gejala mennorhagia bisa dideteksi melalui periode menstruasi yang panjang, pendarahan terus-menerus selama periode haid berlangsung dan siklus tak teratur. Selain itu tandanya juga ditunjukkan dengan pembekuan darah, sering kelelahan, sulit bernapas dan merasakan kram di bagian bawah perut.

 Pada beberapa kasus serius, mennorhagia ini disebabkan oleh beberapa penyakit. diantaranya seperti pertumbuhan rahim yang tidak normal, efek samping obat-obatan, peradangan, fibroid, bekas operasi dan diabetes dan lainnya. Jika kamu merasakan tanda dan gejala mennorhagia tersebut, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mencegahnya menjadi penyakit serius.

Cara mencegah mennorhagia yang tepat adalah dengan mencatat periode haid dan juga apa yang kamu rasakan saat itu. Kamupun harus berusaha untuk menjalani pola hidup sehat. Salah satunya dengan mengurangi konsumsi lemak, menghindari stres, menjalani diet sehat untuk mencegah terjadinya pendarahan berlebih pada masa menstruasi.

Selain menggunakan pengobatan secara medis, terdapat beberapa obat tradisional mennorhagia yang bisa membantumu dalam mengatasinya. Berikut penjelasan lengkapnya!

Loading...

Cara mengatasi nyeri haid berlebihan

Di bawah ini akan dijelaskan bahan rumahan yang bisa kamu manfaatkan sebagai cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan.

Jantung pisang
Ambillah jantung pisang, kemudian cuci dan masaklah bersama susu kental. Setelah jadi, konsumsi secara teratur saat periode haid berlangsung. Jantung pisang bersifat sebagai antikoagulan yang bisa mencegah penggumpalan darah. Dengan begitu aliran darah akan lancar dan rasa nyeri akan mereda.

Selain itu, juga bertindak untuk mengontrol hormon progesteron yang nantinya dapat mengendalikan pengeluaran darah haid. Kandungan zat besinya juga bisa meningkatkan produksi sel darah merah yang berarti menambah hemoglobin dalam darah. Jadi, sangat tepat kamu menggunakannya untuk obat tradisional mennorhagia.

Teh herbal lavender
Cara mengatasi nyeri haid yang ekstrim dengan teh lavender adalah seduh tehnya, ambil segelas air mendidih dan masukkan 1sdt bunga lavender ke dalamnya. Biarkan selama 5-10 menit dan saring airnya. Tambahkan sedikit madu sebagai pemanis, tapi tidak disarankan untuk penderita diabetes. Konsumsi teh ini sebelum tidur secara teratur.

baca juga : Warna dan Tekstur Darah Haid Menunjukkan Kondisi Kesehatanmu

Konsumsi air putih yang banyak
Saat menstruasi berlangsung, sebaiknya kamu minum air putih yang banyak. Pasokan air yang cukup akan melancarkan peredaran darah, sehingga mengurangi rasa nyeri haid. Air putih juga dapat membantu tubuh dalam mengeluarkan racun dan limbah yang tidak diperlukan. Air putih terbukti efektif untuk mengatasi nyeri haid yang berlebihan dan sebagai obat tradisional mennorhagia.

Makan buah-buahan
Jangan lupa tambahkan buah-buahan seperti pisang, anggur dan buah delima dalam menu makanmu sehari-hari. Buah ini juga bisa meredakan gejala mennorhagia yang kamu alami.

Pijat
Pijatan secara perlahan di perut bagian bawah dapat mengatasi rasa nyeri saat menstruasi. Berbaringlah di kasur sembari menaikkan kaki ke atas atau pada posisi berbaring miring sambil menekuk lutut. Itulah obat tradisional mennorhagia yang efektif dan bisa kamu lakukan sendiri.

Nah, sekarang kamu tak perlu khawatir lagi dan bingung mencari cara mengatasi nyeri menstruasi yang berlebihan. Sebab, kamu sudah mengetahui obat tradisional mennorhagia yang ampuh dan cepat. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi pada dokter untuk mengambil langkah yang tepat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top