Connect with us
close

Virtual.co.id

24 Cara Alami Mengatasi Masalah Pengapuran Tulang

Uncategorized

24 Cara Alami Mengatasi Masalah Pengapuran Tulang

Pengapuran tulang merupakan peradangan sendi akibat bantalan pada ujung tulang menjadi menipis. Wanita dianggap lebih berisiko mengalami pengapuran tulang dibandingkan pria. Cara mengatasi pengapuran tulang sangatlah diperlukan untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan karena terjadinya pengapuran tulang.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan jika anda menderita pengapuran tulang seperti olahraga, terapi okupasi, terapi fisik, dan lain sebagainya. Berikut inilah cara mengatasi pengapuran tulang yang penting anda ketahui.

Cara Mengatasi Pengapuran Tulang, Cara Mengatasi Penyakit Pengapuran Tulang, Tips Cara Mengatasi Pengapuran Tulang

1. Olahraga

Cara pertama mengatasi pengapuran tulang dengan melakukan olahraga. Cara ini sangat bermanfaat namun tidak banyak orang yang melakukannya. Dengan rutin berolahraga otot bisa kuat dan selalu dalam kondisi sehat. Apabila anda kurang olahraga otot sekitar sendi akan berakibat mengalami pengapuran. Sendi akan jauh lebih baik dan selalu stabil dengan olahraga ringan sekalipun.

2. Memakai kulit manggis

Kulit manggis juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi pengapuran tulang. Caranya dengan merebus kulit manggis sampai mendidih kemudian saring. Air rebusan itulah yang dapat anda minum secara rutin untuk mengatasi masalah pengapuran tulang secara alami tanpa efek samping berbahaya.

3. Menggunakan daun senggugu

Daun senggugu mungkin masih terdengar asing, namun daun ini dapat digunakan untuk mengatasi pengapuran tulang. Caranya anda hanya perlu menyediakan beberapa lembar daun senggugu, cuci bersih, kemudian rebus sampai matang. Setelah itu airnya bisa anda konsumsi jika sudah dingin. Pengapuran tulang dan masalah sendi akan jauh lebih baik jika anda meminumnya dengan rutin.

4. Terapi okupasi

Terapi okupasi juga menjadi cara yang efektif untuk mengatasi pengapuran tulang. Cara ini akan membantu anda agar kegiatan sehari-hari dapat dilakukan tanpa memperburuk kerusakan sendi. Selain itu, ahli terapi juga akan menjelaskan cara-cara tertentu untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa rasa sakit berlebih akibat pengapuran tulang.

Loading...

5. Terapi fisik

Selain dengan cara terapi okupasi, anda juga dapat melakukan dengan cara terapi fisik. Terapi ini akan membantu anda untuk memperkuat otot-otot di sekitar sendi yang mengalami penipisan sehingga penderita dapat meningkatkan aktivitas gerak tanpa merasakan sakit

6. Mengurangi berat badan

Cara lainnya untuk mengatasi pengapuran tulang juga dapat dilakukan dengan mengurangi berat badan. Tekanan berlebih bisa menjadi pengapuran tulang dan kerusakan sendi tubuh. Untuk itu, mengurangi tekanan yang diderita dengan menurunkan berat badan merupakan cara yang paling tepat.

7. Menggunakan obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri juga dapat anda gunakan untuk mengatasi pengapuran tulang. Cara ini sangat praktis. Anda hanya perlu mencari obat pereda nyeri berbentuk gel atau krim yang banyak dijual di toko obat. Dengan begitu pengapuran tulang yang menyebabkan rasa nyeri akan hilang.

8. Menggunakan alat bantu

Alat bantu mungkin dibutuhkan untuk memudahkan penderita pengapuran tulang dalam beraktivitas. Hal ini dikarenakan saat terjadi pengapuran tulang segala rutinitas penderita akan menjadi terhambat karena gerak tubuh yang sangat terbatas. Untuk itu, alat bantu bisa digunakan bagi penderita pengapuran tulang.

9. Memakai madu

Madu juga dapat diimanfaat untuk mengatasi pengapuran tulang. Anda bisa mengkonsumsi madu murni dengan menambahkan sedikit air mineral. Konsumsilah dengan rutin agar pengapuran tulang bisa sembuh.

10. Menggunakan jahe

Jahe merupakan salah satu bahan herbal yang bisa anda gunakan untuk mengatasi pengapuran tulang. Meskipun memiliki efek samping yang mengkhawatirkan namun selama pemakaiannya benar dan tidak berlebihan maka akan membantu untuk mengatasi pengapuran tulang dan sendi secara maksimal.

Baca Juga 7 Dampak Bahaya Susah Buang Air Kecil yang Perlu Diwaspadai

Selain 10 cara mengatasi pengapuran tulang, ada 14 cara lainnya yang dapat anda lakukan untuk mengatasi pengapuran tulang, Seperti:

14 Cara Mengatasi Pengapuran Tulang Lainnya:

11. Menggunakan daun kentut
12. Memakai daun sirsak
13. Memanfaatkan kumis kucing
14. Memakai daun dewa
15. Menggunakan daun brotowali
16. Memakai bawang putih
17. Memakai terong
18. Menggunakan kedelai
19. Memakai daun seledri
20. Operasi
21. Akupuntur
22. Suntikan kortison
23. Menggunakan temulawak
24. Gunakan air panas atau dingin

Itulah cara mengatasi pengapuran tulang. Jika anda penderita penyakit pengapuran tulang maka anda dapat mengtasinya dengan melakukan salah satu cara tersebut untuk mengantisipasi agar pengapuran tulang tidak semakin parah. Apabila cara di atas telah diterapkan namun kondisi tidak juga membaik, anda bisa konsultasikan ke dokter.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top