Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Mengatasi Perut Kembung, Susah Buang Gas

Uncategorized

Cara Mengatasi Perut Kembung, Susah Buang Gas

Cara mengatasi perut kembung bukanlah hal yang mudah. Dalam ilmu medis, perut kembung disebut dengan flatulensi. Perut kembung adalah suatu gangguan atau masalah kesehatan yang terjadi karena peningkatan kadar gas atau udara di dalam saluran pencernaan. Beberapa orang beranggapan bahwa perut kembung dapat menyebabkan sendawa dan buang gas atau kentut yang berlebihan.

Sebaiknya kondisi perut kembung ini jangan dianggap sepele karena menandakan jika lambung kita mengalami masalah. Perut kembung merupakan gangguan kesehatan yang membuat seseorang tidak nyaman dan sangat mengganggu dengan gejala perut terasa mengembang dan terkadang susah buang gas. Adapun gejala perut kembung lainnya adalah rasa ingin mual, muntah, perut penuh dan sesak sehingga menyebabkan rasa sakit, nyeri pada dada dan susah buang air besar.

Apabila dibiarkan begitu saja kondisi tersebut menyebabkan munculnya penyakit maag atau penyakit yang berkaitan dengan lambung. Cara mengatasi perut kembung ini kita harus membuat tubuh bisa bersendawa atau kentut. Tapi, terkadang hal itu sangat susah dilakukan saat masuk angin. Untuk itu kamu harus tahu mengenai cara menangani perut kembung yang tepat seperi di bawah ini!

Cara mengatasi perut kembung yang tepat dan cepat

Minum cukup air
Cara mengatasi perut kembung yang pertama adalah dengan mengkonsumsi air putih saat hal itu terjadi. Air dapat mengurangi gas di dalam perut dan menekan asam lambung. Selain itu, air juga membantu mengeluarkan kotoran atau racun yang mengakibatkan perut kembung. Untuk itu, usahakan setiap hari kamu harus memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, yakni 8-10 gelas air. Dengan begitu, tubuh terhidrasi dengan baik.

Konsumsi makanan berserat
Sembelit sering kali membuat perut  kembung dan terasa kenyang. Oleh karena itu makanlah jeruk, wortel, biji rami, kacang-kacangan, bayam, dan biji-bijian. Jadi, cara mengatasi asam lambung yang tepat adalah makan 25-35 gram serat setiap hari.

Jangan kunyah permen karet
Saat perut kembung datang, jangan mengunyah permen karet. Sebab, mengunyah permen karet dapat membuat kita menelan gelembung udara dalam jumlah yang banyak sehingga justru memperparah kembung. Daripada mengunyah permen, konsumsi makanan sehat yang baik untuk pencernaan. Jadi, dalam mengatasi perut kembung jangan makan permen karet tapi yoghurt atau makanan sehat lainnya.

Loading...

Jangan makan garam
Cara mengatasi perut kembung selanjutnya adalah jangan makan makanan yang mengandung garam tinggi. Karena kadar garam yang tinggi bisa membuat sel-sel tubuh menahan kandungan air yang berkontribusi menyebabkan perut kembung. Lebih baik kamu ganti garam dengan garlic powder atau lada hitam. Itu akan bisa mnegurangi asupan natrium dan rasa kembung.

baca juga : Cara Cepat Mengatasi Kram Perut

Ketahui makanan yang sensitif bagi tubuh
Kamu harus mengetahui makanan apa saja yang sensitif terhadap tubuhmu. Sebagian orang mempunyai reaksi berbeda pada jenis makanan tertentu. Dengan kamu mengetahui makanan yang buruk terhadap tubuhmu maka, kamu bisa mencegah kambuhnya perut kembung atau alergi.

Porsi makan lebih kecil
Sebaiknya beberapa kali makan dengan porsi lebih keci daripada sekali makan dengan porsi besar. Sehingga, tubuh lebih mempunyai waktu untuk mengekstrak makanan dan memanfaatkan semua kandungan nutrisi dalam makanan dengan lebih baik. Cara mengatasi perut kembung yang benara adalah makan-makanan yang meredakannya. Ada beberapa makanan yang bisa meredakan perut kembung, diantaranya adalah air lemon, nanas, pepeya, jus lidah buaya, daun peppermint, seledri, kacang-kacangan yang tidak menggunakan garam dan lainnya.

Demikianlah cara mengatasi perut kembung yang menyebabkanmu tidak bisa buang gas. Setelah kamu mengatasinya dengan cara diatas, tapi kamu masih sering mengalami perut kembung, sebaiknya periksakan ke dokter.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top