Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Mengatasi Rambut Gugur atau Rambut Rontok Secara Medis

Uncategorized

Cara Mengatasi Rambut Gugur atau Rambut Rontok Secara Medis

Cara mengatasi rambut gugur atau rontok, sebenarnya tidak memerlukan penangan khusus. Namun, sangat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang yang membuat malu ketika bertatap muka dengan banyak orang. Sebab, banyak orang yang beranggapan bila rambut rontok itu terjadi karena adanya penyakit atau kesehatan yang buruk. Kerontokan rambut yang parah bisa membuat kepala botak dan itu lebih memalukan lagi.

Memang sih sebagian pria yang senang mempunyai kepala botak plontos, tapi tak sedikit orang yang menginginkan rambut tebal agar bisa diubah-ubah sesuai keinginan. Rambut gugur ini dapat dipengaruhi oleh faktor dari dalam maupun dari luar. Faktor dari dalam misalnya karena penggunaan obat-obatan tertentu. Sedangkan faktor dari luar bisa berupa perawatan rambut yang kurang tepat.

Untuk menangani kondisi ini kamu memerlukan cara mengatasi rambut gugur secara medis atau alami. Menggabungkan dua metode pengobatan bisa mempercepat pertumbuhan bisa mengatasi permasalahan tentang rambut rontok ini. Langsung saja mari kita bahas tentang pengobatan secara medis. simak yuk ulasannya!

Cara mengatasi rambut gugur secara medis

Banyak orang yang belum mengetahui cara mengatasi rambut rontok secara medis. Mereka, lebih memilih menggunakan produk perawatan rambut rontok dipasaran tanpa memeriksakan kondisinya kepakarnya. Inilah pengobatan rambut rontok yang direkomendasikan oleh pakar perawatan rambut rontok.

Menggunakan wig
Cara mengatasi rambut rontok yang pertama adalah menggunakan wig, baik itu dari rambut asli maupun sintetis. Pemakaian wig ini merupakan langkah penanganan yang praktis dan bisa menambah percaya dirimu. Bahkan cara ini sering digunakan para artis dalam penampilannya. Jadi, selain menutupi kerontokan juga bisa mengikuti trend artis.

Meski harganya cukup mahal, tapi wig dari rambut asli lebih banyak dipakai karena bentuk dan teksturnya alami. Jenis wig ini mampu bertahan kurang lebih selama 4 tahun, cukup lama bukan. Namun, membutuhkan perawatan khusus yang bisa kamu lakukan sendiri atau dengan bantuan penata rambut profesional.

Loading...

Sementara wig sintetis, harganya lebih terjangkau dan mudah dirawat. Bahan wig yang paling murah umumnya terbuat dari akrilik. Tapi, wig jenis sintetis hanya bertahan selama 6-10 bulan, sehingga lebih sering diganti. Selain itu, wig ini menyebabkan panas serta rasa gatal di kepala. Jika kamu tidak berhati-hati bisa memperburuk kondisi kesehatan kepala.

Cara mengatasi rambut gugur menggunakan obat-obatan

Losion minoxidil
Cara mengatasi rambut gugur secara medis bisa menggunakan obat losion minoxidil. Untuk bisa mengunduh manfaatnya, kamu harus mengkonsumsinya secara rutin selama beberapa bulan. Hingga saat ini belum ada efek samping yang signifikan dikeluhkan oleh penggunanya. Namun, apabila pemakainnya dihentikan bisa membuat rambut gugur atau rambut rontok kembali.

Minoxidil merupakan cara mengatasi rambut rontok untuk menangani pria ataupun wanita, tapi cenderung lebih bagus untuk wanita. Tapi, harganya cuku mahal dan belum tentu cocok dengan setiap orang. Jadi, sebelum memutuskan menggunakannya konsultasi dulu pada pakar kesehatan rambut.

Tablet finasteride
Obat yang telah terbukti efektif mengatasi rambut gugur pada pria, karena bisa menghambat produksi salah satu jenis dari hormon testosteron. Meski jarang terjadi finasteride mempunyai efek samping disfungsi ereksi atau penurunan gairah seksual. Obat ini harus dikonsumsi setiap hari dan perkembangannya akan terlihat selama 4-6 bulan. Akan tetapi, jika penggunaannya dihentikan maka, rambut bisa rontok kembali.

Terapi menggunakan steroid
Terapi steroid merupakan penanganan khusus untuk rambut gugur karena oleh alopesia areata. Sebab, alopesia hirata disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang keliru, menyerang akar rambut. Penanganannya secara umum bertujuan untuk menekan kinerja kekebalan tubuh penderitanya. Jenis kerontokan seperti ini tidak permanen, sebagian besar rambut penderita tumbuh kembali setelah 1 tahun.

baca juga : Penyebab Rambut Gugur

Kortikosteroid memiliki kandungan hormon steroid yang bekerja menekan fungsi sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, obat ini efektif untuk mengatasi rambut gugur alopesia areata. Tak hanya menekan sistem imun tubuh, melainkan juga dapat merangsang akar rambut sehingga tumbuh kembali.

Terapi ini digunakan dengan 2 cara yakni, suntikan atau dengan dioles pada kulit. larutan kortikosteroid terbukti ampuh mengatasi kepala botak atau pitak di kepala maupun bagian tubuh lain, yakni alis mata. Keefektifan terapi kortikosteroid hanya bertahan selama terapi dijalankan.

Sedangkan kortikosteroid yang dioleh ke kulit disebut juga dengan kotokosteroid topikal, yang berupa krim atau salep. Durasi penggunaan yang dianjurkan dokter biasanya selama 3-4 bulan. Namun, tidak dianjurkan untuk wajah, karena dikhawatirkan menimbulkan efek samping seperti penipisan kulit dan timbul jerawat. Itulah cara mengatasi rambut gugur menggunakan terapi steroid.

Transplantasi rambut
Transplantasi rambut merupakan cara mengatasi rambut gugur yang dilakukan secara bertahap. Untuk setiap operasinya akan diberi jeda 9 bulan hingga 1 tahun. Dalam operasinya sebagian kecil kulit kepala yang tumbuh penuh rambut akan diambil, kemudian dicangkok ke bagian kepala yang botak. Rambut yang telah dicangkok biasanya tumbuh dalam kurun waktu ½ tahun setelah proses selesai dilakukan.

Pengobatan kepala botak dengan operasi ini tergolong mahal dan menghabiskan waktu yang lama. Efek samping yang ditimbulkan sama dengan operasi lainnya, yakni beresiko terkena infeksi dan pendarahan.

Itulah ulasan mengenai cara mengatasi rambut gugur secara medis yang direkomendasikan pakar perawatan rambut. Dengan membacanya, semoga kamu mendapatkan solusi tepat untuk mengatasi rambut rontok yang tepat dengan tipe rambutmu.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top