Connect with us
close

Virtual.co.id

14 Cara Mengatasi Tangan Kesemutan secara Alami

Uncategorized

14 Cara Mengatasi Tangan Kesemutan secara Alami

Kesemutan biasa di alami seseorang karena sistem pembuluh darahnya terganggu. Gangguan ini dapat terjadi pada bagian tubuh dimana saja termasuk di tangan. Cara mengatasi tangan kesemutan merupakan metode alami yang digunakan untuk memperbaiki sistem peredaran tubuh manusia.

Banyak sekali faktor yang menyebabkan tangan seseorang mengalami kesemutan, seperti penyakit lever, gangguan pembuluh darah, kelainan darah, stroke, dan masih banyak lagi. Kali ini kami akan membahas cara mengatasi tangan kesemutan secara alami.

Cara Mengatasi Tangan Kesemutan, Cara Mengatasi Tangan Kesemutan secara Alami, Cara Mengatasi Tangan Kesemutan dengan Mudah

1. Teh dan oil rosemary

Salah satu cara mengatasi tangan kesemutan secara alami yaitu dengan menggunakan produk olahan bunga rosemary berupa teh dan oil rosemary. Bunga rosemary memiliki kandungan berupa borneol, therein, chineol, minyak esensial, minyak atsiri, dan champor. Cara membuatnya yaitu dengan menyeduh bunga rosemary dan minum sebanyak dua kali dalam sehari.

2. Daun saga

Cara lainnya yaitu dengan menggunakan daun saga yang telah terbukti dapat mengatasi masalah kesemutan pada tangan. Daun ini mengandung protein alami, oksalat, kalsium pantosa, kalsium glisirizin, dan masih banyak lagi. Selain itu daun saga memiliki kandungan vitamin yang sangat lengkap. Untuk membuat ramuannya yaitu dengan cara merebus daun saga dengan 3 gelas air, tunggu hingga airnya tinggal 1 gelas saja.

3. Waru landak

Biasanya kesemutan pada tangan disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah yang terjadi pada daerah tersebut. Namun daun waru landak yang mengandung senyawa antosianin, hyperin, spiraoside, cyanidin 3, dan rutinoside mampu berperan untuk melebarkan kembali pembuluh darah yang meyempit tersebut.

4. Kulit manggis

Tidak hanya buah yang lezat, kulitnya pun dapat dibuat ekstrak yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat kulit manggis yaitu dapat memperlancar sistem peredaran darah dan memperbaiki sistem saraf dengan cepat. Apabila kamu kesulitan mendapatkan ekstrak kulit manggis kamu dapat membuat opsi lain dengan merebus 2 kulit manggis dengan 5 gelas air putih tunggu hingga air menyusut hingga menjadi dua gelas.

Loading...

5. Jus ginko biloba

Ginko biloba merupakan salah satu tumbuhan yang mengandung antioksidan yang berfungsi untuk memperbaiki sistem saraf yang rusak seperti flavonoid, lakton terpen, quercetin, kaempferol, isorhaamnetin. Cara membutanya pun cukup mudah, ambil segenggam ginko biloba kemudian blender dan ambil sarinya untuk diminum bersama madu untuk meningkatkan rasa.

6. Minyak biji sawi

Minyak sawi yang kaya akan lemak, vitamin e, omega 3, dan omega 6 yang dapat bertindak sebagai antioksidan alami yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah manusia. Oleh sebab itu minyak biji sawi ini sangat cocok digunakan untuk mengatasi masalah kesemutan pada tangan. Cara menggunakannya yaitu dengan menghangatkan beberapa tetes minyak biji sawi kemudian oleskan secara perlahan pada bagian tangan yang mengalami kesemutan.

7. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis makanan yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit termasuk kesemutan. Kunyit sejak jaman dahulu dipercaya dapat meningkatkan stabilitas peredaran darah, memperbaiki sirkulasi darah, dan menghilangkan efek kesemutan dengan cepat.

8. Daun pegagan

Kandungan tankuinsida, hidrokontin, dan asiatkosida pada daun pegagan membuatnya dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah kesemutan pada tangan. Cara mengolahnya untuk menjadi obat yaitu dengan merebus 10 lembar daun pegagan dengan 2 gelas air putih. Untuk mendapatkan hasil terbaik, minumlah sebanyak dua kali dalam sehari.

9. Batang kayu manis

Selain banyak digunakan untuk bahan tambahan pangan yang memiliki aroma harum dan manis, batang kayu manis juga dapat kamu gunakan sebagai salah satu cara mengatasi masalah kesemutan pada tangan. Hal ini dikarenakan kandungan mineral mangan dan kalium yang melimpah dalam tumbuhan ini.

10. Pemanasan

Kesemutan pada seseorang juga dapat disebabkan oleh tanpa adanya pemanasan sebelum melakukan aktivitas berat sehari- hari. oleh sebab itu lakukan pemanasan apabila hendak melakukan aktivitas agar otot meregang dan terhindar dari kesemutan dan kram otot.

Baca Juga 14 Cara Pengobatan Sinusitis tanpa Melakukan Operasi

4 Cara Mengatasi Tangan Kesemutan Lainnya:

11. Pertahankan berat badan
12. Hindari makanan mengandung gas
13. Hindari alkohol
14. Kurangi merokok

Itulah 14 cara mengatasi tangan kesemutan dengan cara alami. Meskipun tergolong sederhana, namun cara tersebut sangatlah efektif untuk menghilangkan masalah kesemutan yang sering terjadi pada siapa saja. Hal ini sangatlah penting sekali untuk diatasi, atau anda bisa melakukan pengecekan kepada dokter karena takutnya ada masalah penyakit lainnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top