Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Cara Mudah Membantu Anak Mengembangkan Kebiasaan Sehat

Uncategorized

10 Cara Mudah Membantu Anak Mengembangkan Kebiasaan Sehat

Kamu harus mengembangkan kebiasaan sehat di awal kehidupan anak-anak. Supaya nantinya mereka membawa manfaat seumur hidup. Sebagai orangtua, kamu bisa mendorong anak-anak untuk mengevaluasi pilihan makanan dan kebiasaan aktivitas fisik mereka.

Kebisaan sehat memang harus diterapkan sejak dini, karena akan lebih mudah dibandingkan kalau sudah besar. Tentunya kamu tahu kebiasaan sehat akan memeberikan tubuh sehat dan semangat dalam beraktivitas. Jangan sampai di usia yang masih muda, anakmu sudah mempunyai banyak penyakit.

Kamupun melihat, sekarang ini banyak orang tua yang lebih sehat dibandingkan anaknya. Bahkan ada pula orang tua yang masih hidup sementara anaknya sudah meninggal karena menderita penyakit tertentu. Kamu pasti tidak mau kan seperti ini? Untuk itu, simaklah beberapa tips dan panduan ini!

Inilah cara mengembangkan kebiasaan sehat pada anak

Anak merupakan aset yang tak ternilai harganya, untuk itu kita harus menjaganya dengan baik. Salah satunya dengan cara menerapkan pola hidup sehat untuk mempertahankan kehidupanya sampai tua nanti. Berikut caranya!

Menjadi contoh yang baik
Kamu tidak perlu menjadi sempurna sepanjang waktu. Tapi, jadilah contoh yang baik untuk anak-anak. Ketika mereka melihat kamu melakukan makan yang baik dan olahraga secara teratur, maka itu bisa menjadi sebuah pemberitahuan pada mereka. Selanjutnya, mereka akan meniru apa yang kamu lakukan sehari-hari. Jelaskan pada mereka tentang arti pentingnya kesehatan bagi kehidupan kita.

Menjaga hal-hal positif
Anak-anak tidak suka dilarang dengan apa yang mereka lakukan, cobalah untuk mengatakan hal yang benar sebagai gantinya. Tak usah terlalu keras dalam berbicara padanya, tapi ajak mereka untuk melakukan hal-hal yang positif. Tetaplah jadi menyenangkan baginya, jangan sedikit-sedikit dimarahi, mereka tidak akan suka hal itu.

Loading...

Berikan pujian padanya ketika melakukan hal yang baik dan sehat. Selain itu, buat perayaan kecil untuk keberhasilannya, sehingga mereka akan mengingat dan menjaga hal itu dengan baik. Itulah cara mengembangkan kebiasaan sehat pada anak.

Mintalah semua anggota keluarga bergerak
Lakukan kebisaah hidup sehat dengan semua keluarga. Atur waktu secara rutin untuk berolahraga seperti jalan-jalan, joging, naik sepeda, senam dan lainnya. Buatlah kesan yang menyenangkan untuk mereka, agar tidak malas melakukannya lagi. Akhir pekan atau hari libur bisa kamu jadikan sebagai hari keluarga dan mulailah beraktivitas sehat.

Luangkan waktu untuk menanam bunga, tanaman obat atau hias. Selain kamu mengajarkan pola hidup sehat kepada anak, waktu itu bisa kamu jadikan sebagai cara mendekatkan diri dengan anak.

Realistis
Menetapkan tujuan yang realistis dan batas merupakan kunci mengembangkan kebiasaan sehat. Dimulai dengan langkah-langkah kecil dan secara bertahap untuk mengajarkan kepada mereka dapat menjadi perubahan besar dalam kesehatan.

Ceritakan pada mereka tentang kehidupan seseorang yang sehat dan tidak sehat. Jangan terlalu membodohi mereka dengan perkataan yang bohong. Tapi, upayakan mereka untuk melihat contoh yang baik tentang kesehatan.

Batasi penggunaan TV, video game dan komputer
Kebiasaan ini mengarah ke gaya hidup dan ngemil berlebihan, yang meningkatkan risiko obesitas dan penyakit kardiovaskular. Meski begitu jangan langsung menggertak mereka, tapi ubahlah secara perlahan. Beritahu dia dampak dari kebiasaan buruk tersebut, sehingga dia tahu dan ingin lepas dari kecanduan layar.

Mendorong kegiatan fisik agar mereka benar-benar menikmati
Setiap anak itu memiliki keunikan tersendiri. Biarkan anak bereksperimen dengan berbagai kegiatan sampai mereka menemukan sesuatu. Lalu menyatakan benar-benar mencintai kegiatan tersebut karena menghasilkan hal yang positif. Peran kita adalah mendampingi mereka, bukan menguasai diri mereka. Biarkan mereka berkembang dan menyadari sendiri pentingnya kesehatan itu.

Berikan hadiah yang benar-benar bermanfaat
Jangan memberi hadiah anak-anak dengan tv, video game, permen atau makanan ringan untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik. Temukan hadiah lain untuk merayakan keberhasilannya, mungkin dengan memberikannya buku yang banyak pengetahuan. Daripada memberikan gadget atau video game mending berikan saja komputer. Lalu, arahkan mereka untuk melakukan hal yang baik dengan alat itu dan batasi penggunaannya.

baca juga : Kebiasaan Sehat Untuk Mencegah Gigi Berlubang

Buatlah makanan bersama anak
Ajaklah anak-anak untuk terlibat memasak dan perencanaan makanan. Beritahu dia mana makanan yang sehat dan tepat untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Sehingga, dia tahu dan melakukan kebiasaan tersebut seterusnya.

Buatlah permainan tentang makanan sehat
Libatkan seluruh keluarga untuk mempelajari apa yang baik dan sehat. Dengan begitu, mereka menjadi lebih sadar apa yang mereka makan. Itu adalah kebiasaan yang membantu mengembangkan kebiasaan sehat kepada anak.

Tetap terlibat
Jadilah penasehat untuk anak-anak, katakan padanya tentang pilihan makanan yang baik di sekolah. Pastikan juga kesehatannya dengan memeriksakan diri secara rutin ke dokter, baik itu untuk memeriksakan gigi atau check kesehatan lainnya.

Demikianlah cara mengembangkan kebiasaan sehat kepada anak. Sehingga, anak bisa menerapkannya dan membawa kebiasaan itu sampai tua nanti.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top