Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Tepat Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap

Uncategorized

Cara Tepat Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap

Bau mulut adalah aroma tidak sedap yang timbul saat berbicara atau mengeluarkan suara. Kondisi ini merupakan masalah umum yang terjadi pada tiap orang dan semua usia. Meski tergolong masalah sederhana, tapi bau mulut bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang ketika berbicara dengan orang lain. Untuk itu, kamu mencari cara menghilangkan bau mulut tak sedap.

Berdasarkan fakta, sekitar seperempat orang yang mempunyai bau mulut, kondisi tersebut bersifat menetap. Ternyata bau mulut tidak sedap, mengindikasikan penyakit tertentu dalam tubuh. Makanya, kamu harus bisa mendeteksi penyebab bau mulut seperti yang di bawah ini!

Mendeteksi penyebab bau mulut

 Umumnya penyebab bau mulut tidak sedap adalah penumpukan bakteri atau kuman pada gigi, gusi dan lidah. Biasanya aroma itu timbul karena terjadi penurunan kadar air liur yang berfungsi untuk membersihkan bakteri. Kondisi itu disebut dengan mulut kering atau xerostomia. Bau tak sedap pada mulut karena menurunnya jumlah air liur biasanya terjadi pada kondisi berikut ini :

Ketika sedang berpuasa atau merasa lapar
Penyebab bau mulut diantaranya, mulut bisa menghasilkan air liur pada saat kamu mengunyah makanan. Tapi, kalau kamu tidak mengunyah makanan dalam waktu cukup lama, membuat air liur berkurang. Itu akan menyebabkan bau mulut tak sedap dan berkembangnya bakteri jahat pada mulut.

Pada pagi hari
Setelah bangun tidur di pagi hari, biasanya kamu akan merasakan aroma tak sedap pada mulut. Hal ini karena ketika tidur, produksi air liur berhenti. Akibatnya air liur tidak mencukupi untuk membersihkan bakteri jahat.

Ketika haus atau tidak minum
Jika kamu tidak mengkonsumsi air dalam waktu yang lama tubuh tidak menghasilkan cukup air liur untuk membersihkan bakteri. Sehingga, muncul aroma tak sedap dari mulut. Jadi, terlalu lama menahan haus bisa menjadi penyebab bau mulut. Kamu harus minum banyak air ketika sudah lama mendiamkan mulutmu, itulah cara mengatasi bau mulut.

Loading...

Bernapas dengan mulut
Saat flu menyerang, membuat hidung tersumbat sehingga kamu sulit bernapas. Untuk menyiasati agar bisa bernapas, kamu menggunakan mulut. Nah, tarikan napas ini bisa menyebabkan mulut kering dan berkumpulnya bakteri dari udara yang kamu hirup. Itulah mengapa flu bisa sebagai penyebab bau mulut.

Selain karena kekurangan kadar air liur, bau mulut tak sedap bisa juga diakibatkan oleh hal di bawah ini!

Jarang menggosok gigi
Apabila kamu jarang menggosok gigi, sisa-sisa makanan yang menempel atau berada di sela-sela gigi dapat memicu perkembangan bakteri dalam mulut. Akibatnya, menimbulkan aroma tak sedap pada mulut. Bau itu muncul karena di permukaan lidah dan gigi penuh bakteri. Itulah mengapa jarang menggosok gigi merupakan penyebab bau mulut.

Sisa makanan atau minum
Saat terjadi proses pengolahan makanan atau minuman mampu meningkatkan jumlah bakteri atau kuman yang menimbulkan bau tak sedap. Terlebih lagi jika makanan itu mempunyai perasa yang kuat seperti bawang putih/ merah dan rempah-rempah. Begitu juga dengan minuman yang beraroma kuat yakni alkohol dan kopi.

Setelah dicerna oleh organ pencernaan  makanan atau minuman masuk ke dalam pembuluh darah dan dibawa ke paru-paru. Selanjutnya akan mempengaruhi aroma napas. Aroma mulut karena konsumsi makanan atau minuman seperti ini, tidak berlangsung lama. Akan hilang setelah berkumur menggunakan obat kumur atau menggosok gigi.

Merokok
Penyebab bau mulut yang juga membahayakan tubuh adalah merokok. Aroma tembakau yang ditinggalkan di dalam mulut menyebabkan bau tak sedap khas rokok. Merokok juga meningkatkan resiko terhadap penyakit gusi yang juga memicu bau mulut.

Diet
Diet adalah cara untuk menurunkan badan dengan menghilangkan lemak melalui proses detoksifikasi. Poses pencernaan lema ini bisa melepaskan zat kimia yang disebut keton, sehingga menyebabkan bau mulut tak sedap. Jadi, wajar saat kamu sedang diet, aroma mulutmu menjadi tak sedap. Kamu bisa mengatasi bau mulut itu dengan rajin menggosok gigi dan berkumur dengan antiseptik.

Cara mengatasi dan menghilangkan bau mulut tak sedap

Gosok gigi dan berkumur secara teratur
Cara mengatasi bau mulut tak sedap yang pertama adalah dengan gosok gigi setidaknya 2 kali sehari pagi dan sore, minimal selama 2 menit saat menyikat gigi. Upayakan untuk menyikat semua gigi, lalu lidah, langit-langit mulut menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride.

Setiap 3 bulan sekali ganti sikat gigi meski sikat itu masih bisa digunakan. Setelah menyikat gigi, maka berkumurlah menggunakan cairan antibakteri. Pakailah benang gigi untuk mengeluarkan sisa makanan yang tidak terjangkau dengan sikat gigi. Perlu kamu ketahui meski sudah menyikat gigi, ternyata masih belum sepenuhnya mulut bersih.

Pilihlah obat kumur yang mengandung hidrogen peroksida atau chlorhexidine dan tidak mengandung alkohol. Itulah cara menghilangkan bau mulut dengan menjaga mulut agar tidak kering.

Minum air putih secukupnya dan kunyah permen karet tanpa gula
Kegiatan mengunyah dalam mulut dapat merangsang munculnya air liur yang menghindarkan mulut menjadi kering. Melainkan membuat mulut tetap lembab dan akhirnya bakteri lenyap. Minum cukup air dan mengunyah permen merupakan cara menghilangkan bau mulut yang tepat.

baca juga : Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Madu Dan Kayu Manis

Hindari konsumsi makanan atau minuman penyebab bau mulut
Cara mengatasi bau mulut tak sedap berikutnya dengan menghindari makanan atau minuman penyebab bau mulut. Kalau kamu sering mengalami bau mulut, terutama saat mengalami sariawan atau gangguan mulut lainnya, sebaiknya hindari makanan atau minuman itu.

Konsumsi juga buah dan sayur secara rutin setiap hari serta ditambah sedikit daging bisa mengurangi resiko bau mulut tak sedap. Solusi terbaik untuk mengilangkan bau mulut adalah dengan mengasup makanan sehat, sehingga semua organ tubuh sehat.

Periksa gigi secara teratur
Setidaknya setiap 6 bulan sekali, kamu memeriksan gigi ke dokter. Dengan begitu, dokter akan memeriksa kesehatan gigi dan memberi tahu jika ada masalah terhadap gigi dan mulut. Itulah cara yang harus kamu lakukan untuk mencegah gangguan pada gigi dan mulut yang bisa menyebabkan bau mulut tak sedap.

Catatlah makanan
Kalau kamu tetap mengalami bau mulut tak sedap, walau sudah melakukan banyak cara menghilangkan bau tak sedap itu. Cara mengatasi bau mulut tak sedap yang kamu lakukan adalah mencatat makanan apa saja yang kemu konsumsi setiap hari dan obat apa yang kamu minum. Lalu serahkan catatan itu ke dokter gigi, maka bisa dijadikan bahan oleh dokter untuk menentukan penyebab dan mencari solusi atas bau mulut yang kamu alami.

Itulah penyebab dan cara mengatasi bau mulut tak sedap. Dengan mengetahuinya, kamu tak perlu khawatir lagi jika kondisi ini terjadi pada dirimu.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top