Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Cepat

Uncategorized

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Cepat

Bopeng dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri apalagi bagi para remaja. Sehingga penderita ingin sekali menghilangkan bopeng bekas jerawat ini. Sebelum masuk dalam pembahsan tentang cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami dan cepat. Ada baiknya mengetahui tentang pengertian dan penyebabkan terjadinya bopeng ini.
Bopeng bekas jerawat adalah cekungan-cekungan kecil yang terdapat pada wajah akibat dari jerawat belum matang yang dikeluarkan secara paksa atau secara tidak sengaja digaruk dan menimbulkan luka sehingga menimbulkan bekas. Sebenarnya bopeng dapat dicegah asalkan penderita tidak menggaruk atau memencetnya, tapi dibiarkan sampai jerawat hilang dengan sendirinya. Bagi seorang pria maupun wanita yang ingin tampil cantik ataupun menarik, wajah yang bopeng tidak bisa disembunyikan dan seringkali menjadi mengganggu penampilan.
Wajah merupakan bagian tubuh pertama yang pertama kali dilihat ketika berkenalan, bertatap muka, ataupun berkomunikasi dengan seseorang. Jadi, keberadaan bopeng bekas jerawat ini menjadai salah satu gangguan tersendiri yang harus dihilangkan. 
Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Cepat
Loading...
Berikut ini adalah cara menghilangkan bopeng bekas jerawat: 
1. Menggunakan Masker Gel
Masker gel juga termasuk salah satu masker yang praktis, karena setelah kering masker tersebut dapat langsung diangkat tanpa perlu dibilas. Masker gel biasa dikenal dengan sebutan masker peel-off. Manfaat masker gel antara lain dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati sehingga kulit menjadi bersih dan terasa segar. Masker gel juga dapat mengembalikan kesegaran dan kelembutan kulit, bahkan dengan pemakaian yang teratur, masker gel dapat mengurangi kerutan halus yang ada pada kulit wajah.
Cara kerja masker peel-off ini berbeda dengan masker jenis lain. Ketika dilepaskan, biasanya kotoran serta kulit ari yang telah mati akan ikut terangkat. Fungsi masker peel-off sama dengan scrub cream/krim pengelupas. Karena itu jika memilih menggunakan masker peel-off sebaiknya tidak bersamaan pemakaiannya dengan pengelupasan/ peeling/ scrubbing. Beri selang waktu minimal 7 hari untuk melakukan keduanya. Jika tidak, kulit akan mengalami pengelupasan dua kali dengan tenggang waktu relatif singkat yang tidak cukup untuk melakukan regenerasi. Akibatnya kulit justru akan tampak kusam dan tidak berseri.
Saat ini di pasaran telah tersedia masker gel yang mengandung asam alfa hidroksi (AHA) dari sari tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan. Jenis AHA yang dibuat untuk masker gel ini antara lain asam glikolat yang terdapat pada tanaman tebu, asam laktat pada susu asam dan asam sitrat yang ada pada jeruk. Karena sifat kandungannya yang asam, masker peel-off cocok digunakan oleh mereka yang memiliki jerawat nitrosica atau jerawat yang telah menimbulkan bopeng atau lubang. Pada kondisi ini, kulit membutuhkan tambahan nutrisi yang terdapat pada asam glikolat.

2. Facial
Selain facial yang telah diuraikan di atas, ada beberapa facial yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Tahapan pelaksanaan setiap facial, sama yaitu mulai dari pembersihan kulit wajah. Micro Silk Therapy yang sangat baik untuk mengatasi masalah parut atau bopeng bekas jerawat di wajah sehingga terlihat lebih halus.

Baca juga: Faktor-faktor penyebab munculnya jerawat

3. Dermabrasi
merupakan pengelupasan atau pengikisan kulit yang dilakukan dengan alat dermabrator yang bekerja sebagai ‘gerindra kulit’ yaitu semacam roda ampelas dengan putaran sangat tinggi seperti putaran bor dokter gigi. Dalam hal ini dokter akan menggurinda pinggiran bekas luka jerawat yang dalam dan meratakannya dengan permukaan kulit. Pengampelasan noda-noda kulit dilakukan lapis demi lapis, hingga batas lapisan kulit yang halus dan bersih. Pengelupasan kulit secara dermabrasi bisa mencapai kedalaman dermis (kulit jangat), sehingga cara ini dapat dipakai untuk menanggulangi cacat-cacat kulit atau bopeng bekas jerawat (icepick scars). 
Proses dermabrasi membutuhkan waktu sekitar 1 jam dan diikuti dengan proses penyembuhan sekitar 1 bulan. Selama proses penyembuhan, hindari sinar matahari secara langsung dan usahakan tidak memakai kosmetika. Sorot matahari langsung, akan menimbulkan bercak-bercak hitam yang lebih banyak dan lebih nyata daripada sebelum dermabrasi. Efek samping yang ditimbulkan dari dermabrasi adalah jika pengampelasan. dilakukan terlalu dalam, dapat menimbulkan luka yang parah disertai perdarahan dan setelah luka sembuh, akan muncul hiperpigmentasi berat, oleh karena itu dermabrasi sebaiknya dilakukan oleh dokter bedah kosmetik yang berwenang dan berpengalaman.
itu tadi pembahasan tentang cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan cepat yang dirangkum dari beberapa sumber. semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top