Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Menghilangkan Kaki Rayapan atau Pitted Keratolysis Terbukti Manjur

Uncategorized

Cara Menghilangkan Kaki Rayapan atau Pitted Keratolysis Terbukti Manjur

Cara menghilangkan kaki rayapan atau pitted keratolysis sebenarnya bukan hal yang sulit asalkan kita merawatnya secara teratur. Penyakit ini sangat mengganggu penampilan dan menimbulkan bau kaki yang tidak sedap. Kaki rayapan ini muncul karena infeksi bakteri pada telapak kaki. Kaki akan nampak bolong-bolong kecil seperti dimakan rayap, menimbulkan rasa perih dan gatal jika terkena air.

Penyakit ini sering muncul ketika musim hujan, dimana bagian kaki lebih sering terkena air. Kondisi kaki yang lembab bisa menjadi tempat yang disenangi oleh jamur atau bakteri. Kedaan ini dapat bertambah buruk apabila tidak menjaga kebersihan kaki dengan benar. Penyakit kaki rayapan memang tidak menular, tapi dalam meluas hingga ke seluruh kaki. Tentu sangat menyebalkan, oleh karena itu pitted keratolysis harus segera dihilangkan.

Kamu bisa menghilangkan kaki rayapan dengan cara berikut ini. Sehingga, tidak stres lagi dan bingung mencari cara yang tepat untuk menghilangkan kaki rayapan yang kamu alami. Simak yuk ulasannya!

Cara menghilangkan kaki rayapan atau pitted keratolysis

Jaga kebersihannya dan keringkan ketika basah
Jika kakimu sudah terlihat bagai dimakan rayap, sebaiknya segera keringkan jika terkena air atau basah. Sebab, kaki yang basah mudah tersangkit kotoran yang mengundang bakteri. Untuk itu, kamu harus menjaga kaki agar tetap kering. Jangan pergi ke tempat kotor apabila kaki belum sepenuhnya kering. Gunakan juga alas kaki yang bersih dan kering merupakan cara menghilangkan kaki rayapan.

Rendam kaki di dalam cairan antiseptik
Cara menghilangkan kaki rayapan selanjutnya adalah dengan cara merendam kaki ke dalam cairan antiseptik. Siapkanlah cairan antiseptik yang sekiranya cukup untuk merendam bagian kaki yang mengalami pitted keratolysis. Lalu masukkan kakimu dan rendam selama beberapa menit. Selama merendam, bersihkan kakimu menggunakan sikat lembut atau batu.

Rendam dengan air teh hangat
Teh sangat nikmat diminum pada pagi hari. Selain nikmat dan menyegarkan tubuh, teh ternyata bisa membantumu dalam menghilangkan pitted keratolysis. Caranya pun mudah, cukup rebus teh alami secukupnya bersamaan dengan air sampai mendidih. Kemudian, diamkan sampai terasa hangat suam-suam kuku. Lalu, masukkan kakimu ke dalam air teh dan biarkan selama 30 menit sembari dibersihkan. Asam tannic di dalam teh mampu membunuh jamur atau bakteri dan menghilangkan bau tak sedap.

Loading...

Rendam di dalam air garam
Air garam termasuk cara menghilangkan kaki rayapan yang sudah digunakan sejak dulu. Jika di rumahmu tidak menyimpan teh alami atau cairan antiseptik , gunakan saja garam dapur. Siapkan air hangat dan masukkan segenggam garam, lalu aduk sampai larut. Rendam kakimu selama 30 menit. Terapkan cara ini secara rutin hingga kaki rayapan tidak lagi mengganggumu.

Pakailah bedak
Cara menghilangkan kaki rayapan, salah satunya adalah dengan menjaga kaki agar tetap kering. Nah, pakailah bedak bayi atau bedak tabur. Taburkan bedak bayi secara merata ke telapak kaki, biarkan selama beberapa menit agar bedak meresap ke kaki. Selama itu, jangan berjalan karena manfaat bedak akan hilang.

baca juga : Inilah Cara Mengatasi Kaki Kram dan Penyebabnya

Aplikasikan salep anti-jamur
Cara menyembuhkan kaki rayapan adalah dengan oleskan salep anti-jamur pada telapak kaki. Lakukan 2 kali sehari secara rutin, khususnya sebelum tidur. Sebab, di malam hari kaki sudah beristirahat jadi obatnya bisa meresap dengan baik dan membunuh bakteri jahat penyebab kaki rayapan.

Jangan terlalu lama menggunakan sepatu
Terlalu lama menutup kaki akan membuatnya berkeringat dan lembab. Kondisi lembab ini menimbulkan bakteri dan dapat menambah parah kaki rayapan. Kalau ada kesempatan, bukalah penutup kakimu biarkan terkena udara.

Jagalah kebersihan kaos kaki dan sepatu
Cara menyembuhkan kaki rayapan yang terakhir adalah selalu menjaga kebersihan kaos kaki dan sepatu. Usahakan ganti kaos kaki sehari sekali supaya kaki tidak berbau dan disenangi jamur. Cuci juga sepatumu seminggu sekali.

Setelah kamu mengetahui cara menghilangkan kaki rayapan atau pitted keratolysis, kamu bisa mempunyai kaki yang sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top