Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Mudah Menghilangkan Kapalan di Kaki dan Tangan

Uncategorized

Cara Mudah Menghilangkan Kapalan di Kaki dan Tangan

Karena kapalan ini membuat seseorang merasa tak nyaman, seringkali mereka mencari cara menghilangkan kapalan di kaki maupun tangan. Kapalan adalah kulit yang menebal dan kasar biasa terjadi pada kaki, tumit, jari dan tangan. Penyebab kapalan ini karena gesekan atau tekanan yang terus-menerus. Kapalan dalam dunia kedokteran disebut juga dengan callus.

Terbentuknya kapalan di kulit ini membuat kulit terlindungi dari luka atau lecet karena bergesekan dengan benda keras dan kasar. Terkadang callus atau kapalan menimbulkan nyeri dan rasa sakit serta bisa mengganggu penampilan seseorang, sehingga harus segera diatasi. Cara mengobati kapalan dapat dilakukan dengan mudah, yakni menghindari penyebabnya. Tapi, bagaimana kalau penyebab kapalan memang suatu rutinitas yang harus dilakukan? Tentu tidak bisa menghindarinya.

Tak usah khawatir, kami akan menjelaskan cara mudah menghilangkan kapalan baik pada kaki maupun tangan. Perawatan ini menggunakan bahan alami, jadi tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi tubuhmu. Namun, pada penderita diabetes atau kondisi lain yang serius, sebaiknya pengobatan harus sesuai rekomendasi dokter. Karena bila terjadi luka maka, bisa berakibat buruk nantinya.

Inilah langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengobati kapalan di kaki, tangan, jari, tumit atau yang lainnya. Simaklah ulasannya!

Cara menghilangkan kapalan yang ampuh 

  • Pertama-tama siapkan air hangat di dalam wadah dan batu apung.
  • Masukkan kaki atau tangan atau jari yang kapalan ke dalam wadah yang berisi air hangat selama 20 menit.
  • Ambil batu apung dan gunakan untuk menggosok-gosok lembut area yang kapalan.
  • Lakukan secara rutin sampai kapalan benar-benar menghilang. 

Hindari menggunting atau memotong area kulit yang mengalami kapalan. Sebab, bisa menimbulkan infeksi akibat alat yang tidak steril. Kalau kamu melakukan perawatan ini harus bisa menghindari penyebab kapalan. Selain cara itu, ada cara alami lainnya yang cukup manjur mengobati kapalan pada kulitmu.

Baking soda
Bahan yang biasa untuk kue ini bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan kapalan di mata kaki atau di bagian lainnya. Terdapat dua cara untuk memanfaatkan baking soda untuk kapalan. Kamu bisa mencampur baking soda dengan air hangat secukupnya untuk merendam area kulit yang kapalan. Atau menjadikan baking soda seperti pasta lalu mengoleskannya ke kulit yang kapalan.

Loading...

Jika kamu ingin mengobati kapalan dengan merendamnya, maka siapkan air hangat secukupnya di baskom. Lalu, tambahkan 3-5 sendok makan baking soda dan aduk sampai menjadi satu. Setelah itu, rendam area yang kapalan selama 10-15 menit. Ulangi setiap hari agar kapalan bisa lentur dan terlepas dari kulit lembutmu.

Teh chamomile
Pasti kamu sudah banyak yang tahu tentang teh herbal chamomile yang bisa meredakan berbagai macam gangguan. Diantaranya mengobati kram atau nyeri perut, demam, stres, eksim, sariawan, perut kembung, diare dan lainnya. Teh ini mampu membuat tubuh rileks sehingga bisa menjadi pengantar tidur yang baik bagi penderita insomnia.

Disisi lain teh ini mampu menghilangkan kapalan dengan mudah, bisa dikonsumsi langsung atau dikompres ke kulit yang kapalan. Prosesnya sama saat memakai baking soda. Sembari kamu merendam area kulit yang mengalami kapalan jangan lupa digosok lembut agar noda kapal cepat lepas.

Kombinasi bawang putih dan cuka
Cara mengobati kapalan selanjutnya adalah memanfaatkan bawang putih dan cuka. Caranya pun cukup mudah, haluskan beberapa siung bawang putih lalu masukkan ke dalam wadah dan tuangkan cuka secukupnya. Lalu jemur, di bawah terik matahari hingga cuka mengering. Pakailah hasil jemuran bawang putih dan cuka tadi sesaat sebelum tidur. Oleskan ke kulit yang kapalan dan biarkan semalaman.

Kulit lemon
Senyawa yang terkandung dalam kulit lemon mampu digunakan untuk obat kapalan alami yang manjur. Cara menghilangkan kapalan dengan kulit lemon yaitu, tempelkan saja kulit lemon secukupnya pada bagian yang kapalan. Kemudian, tutup dengan plaster atau ikat dengan kain agar kandungannya meresap dan biarkan beberapa jam.

Air lemon dan cengkeh
Cara menipiskan kulit yang kapalan kamu bisa mengkombinasikan cengkeh dan air lemon. Caranya, peraslah lemon ke dalam gelas atau mangkuk, lalu tambahkan cengkeh secukupnya, aduk merata. Biarkan ramuan itu selama 15 menit. Saring airnya dan oleskan ke kulit yang kapalan, ulangi 2-3 kali sehari dan lakukan secara rutin sampai kapalan menipis atau menghilang.

baca juga : Cara Alami Menghilangkan Kutil Tanpa Bekas 

Kulit nanas
Selain memanfaatkan kulit lemon, kamu juga bisa mengobati kapalan di mata kaki dengan kulit nanas. Caranya, rendam dulu kaki atau tangan yang kapalan ke dalam baskom yang berisi air hangat selama 15-30 menit. Setelah itu, tempelkan kulit nanas yang bagian dalam ke kulit kapalan. Pakailah perekat agar kulit nanas benar-benar nempel , sebaiknya lakukan sebelum tidur dan biarkan seperti itu sampai pagi. Ulangi setiap hari hingga kapal mengelupas dengan sendiri.

Minyak zaitun dan kopi
Kita semua tahu jika kopi dan minyak zaitun bermanfaat untuk melembabkan dan mencerahkan kulit. Kalau kedua bahan ini dipadukan sebagai cara menghilangkan kapalan, tentu dapat melepas kulit yang tebal dan kasar itu. Caranya, campurkan minyak zaitun dan kopi secukupnya aduk merata. Lalu terapkan ke kulit yang kapalan sambil dipijat. Setelah beberapa menit bersihkan. Lakukan setiap hari agar kapalan benar-benar hilang.

Sekarang, pilih saja cara menghilangkan kapalan sesuai keinginanmu atau bahan yang ada di rumah. Jangan lupa, sebisa mungkin hindari penyebab kapalan. Ada kondisi kapalan yang mengharuskanmu memeriksakannya ke dokter. Yaitu apabila kapalan terasa sakit dan meradang atau membengkak. Jika kamu tidak cocok menggunakan beberapa cara itu sebaiknya, segera hentikan pemakaiannya.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top