Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Tips Untuk Mengurangi Mendengkur Atau Ngorok

Uncategorized

10 Tips Untuk Mengurangi Mendengkur Atau Ngorok

Cara mengatasi kebiasaan mendengkur atau ngorok harus dilakukan karena bisa mengganggu teman tidur. Mendengkur adalah suara mendengus dan menggemeretak yang disebabkan oleh getaran jaringan saluran udara di belakang mulut, hidung dan tenggorokan saat sedang tidur. Kondisi ini terjadi karena adanya penyumbatan parsial di saluran pernapasan.

Mendengkur termasuk masalah umum yang banyak dialami orang dewasa. Pria mempunyai resiko lebih tinggi dibandingkan dengan wanita. Mendengkur dapat diakibatkanoleh kantuk yang berlebihan di siang hari, penurunan fungsi mental, gangguan emosional dan lainnya. Jika sudah parah dapat menjadi tanda awal untuk apnea tidur, dimana seseorang sebentar-bentar berhenti bernapas di malam hari.

Sangatlah penting untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur karena berpengaruh buruk terhadap pernapasan dan penyakit kardiovaskular. Kamu bisa mengatasi kebiasaan mendengkur dengan tips-tips di bawah ini.

Jenis mendengkur yang umum dialami oleh banyak orang

Agar pengobatan mendengkur berhasil, kamu harus mengetahui jenis mendengkur yang kamu alami. Ada beberapa jenis mendengkur yang biasa dialami oleh banyak orang, diantaranya?

Mendengkur di mulut
Mendengkur menggunakan mulut, hal ini terjadi karena kamu sering bernapas melalui mulut daripada hidung ketika tidur. Cara mengurangi kebiasaan mendengkur jenis ini adalah menggunakan sebuah alat untuk menutup mulut mu. Karena jika mulut tertutup, kamu tidak bisa lagi ngorok atau mendengkur.

Mendengkur dengan lidah
Mendengkur seperti ini terjadi karena lidah mengarah ke belakang tenggorokan dan menghalangi jalannya napas. Cobalah kamu julurkan lidah keluar sejauh mungkin, yakni diantara gigi. Apabila suara mu berkurang pada posisi ini, berarti kamu mendengkur dengan lidah. Cara menghilangkan kebiasan mendengkur ini adalah gerakkan rahang dan lidah ke depat saat tidur. Mungkin akan sulit, tapi usahakanlah untuk bisa.

Loading...

Mendengkur dengan hidung
Kondisi ini terjadi ketika ada penyumbatan di saluran hidung yang menyebabkan saluran udara terhambat. Cobalah menutup salah satu lubang hidung dengan jari dan bernapaslah menggunakan mulut tertentu. Untuk mengatasi kebiasaan mendengkur jenis ini adalah dengan membersihkan sumbatan hidung.

Gunakan alat respirator hidung yang berisi air, tuangkan ke salah satu lubang hidung dan miringkan kepalamu, maka air akan keluar di lubang hidung lainnya. Atau periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab sumbatan dan menanganinya dengan tepat.

Mendengkur dengan tenggorokan
Tenggorokan akan terasa bergetar saat mengeluarkan suara dengkuran. Sebaiknya kamu meminta bantuan dari tenaga ahli untuk mengurangi kebiasaan mendengkur ini.

Cara mengatasi kebiasaan mendengkur dengan tepat

Setelah kamu mengetahui jenis dengkuranmu sekarang, beralihlah ke cara menghilangkan kebiasaan ngorok antara lain:

Olahraga dan mengurangi berat badan
Kelebihan berat badan (obesitas) atau mempunyai lingkar leher yang besar bisa menyebabkan lemak menghalangi tenggorokan dan memperburuk dengkuran. Cara mengurangi kebiasaan mendengkur yang kamu lakukan adalah dengan mengurangi berat badan. Olahraga setiap hari bisa membantumu dalam mengurangi kebiasaan ngorok.

Ubah posisi tidur
Tidurlah dengan posisi yang mencegah lidah mengarah ke belakang dan menghalangi tenggorokan. Untuk itum pakailah bantal agar posisi kepalamu lebih tinggi dari punggungmu. Dengan begitu, teman tidur tidak akan terganggu lagi dengan suara khas dengkuran yang buruk itu.

Hindari alkohol
Cara mengatasi ngorok salah satunya dengan tidak minum alkohol. Alkohol bisa melemaskan otot-otot saluran pernapasan, sehingga udara sulit keluar dan akan memperburuk dengkuran. Kalau kamu sulit melepaskannya, kurangi sedikit demi sedikit. Dan jika seiring dengan hal tersebut, mengorok bisa berkurang, maka jangan minul alkohol lagi.

Berhenti merokok
Merokok termasuk penyebab hidung tersumbat yang mengakibatkan mendengkur saat tidur. Cara mengurangi mendengkur bagi kamu yang perokok adalah dengan tidak merokok. Selain menghilangkan ngorok juga bisa meningkatkan kesehatanmu secara keseluruhan.

Jangan konsumsi obat penenang
Obat penenang jenis tertentu seperti obat tidur dan antihistamin dibuat untuk memberikan efek relaksasi. Oleh karena itu bisa membuatu mendengkur saat tidur. Untuk menghilangkan mendengkur, kamu harus konsultasikan dengan dokter. Dengan begitu, dokter akan memberikan solusi lain yang bisa membantumu.

Mencegah mulut terbuka
Jika sudah tahu bahwa kamu mendengkur menggunakan mulut berarti cara mengatasi ngorok adalah dengan berusaha menutup mulut saat tidur. Gunakan alat, mulai dari pita perekat, kain atau sebagainya untum mencegah agar mulut tidak terbuka ketika tidur.

Bersihkan saluran sinus
Menghilangkan kebiasaan mendengkur dengan membersihkan saluran sinus. Apabila terjadi penyumbatan aliran udara di lubang sinus, akan membuatmu mengeluarkan suara ngorok saat tidur. Untuk itu, keluarkan semua kotoran pada hidung menggunakan respirator hidung.

baca juga : Atasi Tenggorokan Gatal dengan Cara Ini

Menghirup uap air
Cara lain untuk mengatasi mendengkur diantaranya dengan menghirup uar air sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk membersihkan rongga hidung supaya napas bisa berjalan lancar tanpa penghalang. Siapkan handuk kecil, lalu masukkan ke dalam ar hangat dan hirup uapnya. Lakukan langkah ini selama 10 menit, cara ini dapat mengurangi lendir yang menyebabkan hidung tersumbat.

Senam tenggorokan
Langkah mengurangi dengkuran bisa kamu lakukan dengan senam tenggorokan. Buka mulutmu selebar mungkin dan regangkan rahang ke satu sisi yakni dengan cara memegang rahang tersebut dalam 30 detik. Ulangilah ke sisi rahang lainnya. selain itu, julurkan lidah sepanjang mungkin. Cara ini bisa berdampak baik untuk otot-otot tenggorokan.

Perhatikan makan
Mungkin saja kamu lapar pada waktu mau tidur. Jika kamu makan sesaat sebelum tidur bisa menyebabkan kamu mengorok saat tidur. Cara mengatasi mengorok yakni dengan uasahakn untuk makan 2-3 jam sebelum tidur. Apalagi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak tinggi, bisa memperburuk dengkuranmu itu.

Itulah cara mengurangi kebiasaan mendengkur, semoga dengan membacanya bisa membantu mu dalam menghilangkan kebiasaan buruk itu.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top