Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Cara Mudah Menghilangkan Panu Dibadan Secara Alami

Uncategorized

12 Cara Mudah Menghilangkan Panu Dibadan Secara Alami

Panu merupakan penyakit infeksi jamur yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak berwarna putih dibadan. Cara menghilangkan panu dibadan sangat penting dilakukan karena panu bisa menular kapan saja jika tidak segera diobati.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan panu dibagian badan. Cara ini dilakukan untuk menghentikan pergerakan jamur penyebab panu sehingga panu tidak menjalar kebagian lainnya. Berikut inilah cara menghilangkan panu dibadan.

Cara Menghilangkan Panu Dibadan, Cara Alami Menghilangkan Panu Dibadan, Cara Mudah Menghilangkan Panu Dibadan

1. Lengkuas dan garam

Cara pertama untuk menghilangkan panu dibadan dengan menggunakan lengkuas dan garam. Lengkuas memiliki zat kimia kuersetin, flavonoid dan senyawa amilum yang mampu membersihkan jamur penyebab panu. Caranya dengan potong lengkuas menjadi dua bagian. Masukkan pada air garam untuk sesaat kemudian gosokan perlahan dibadan yang terdapat panu.

2. Bawang putih

Bawang putih juga dapat anda gunakan untuk menghilangkan panu dibadan. Bawang putih memiliki kandungan zat antibiotik alami, anti peradangan dan anti jamur yang sangat kuat sehingga mampu membunuh jamur penyebab penyakit kulit termasuk panu. Caranya cukup dengan mengosok bawang putih pada bagian badan yang ditumbuhi panu.

3. Belerang dan jeruk nipis

Belerang dan jeruk nipis sangat efektif menghilangkan panu dibadan. Belerang memiliki mineral yang tinggi, sedangkan jeruk nipis mempunyai zat anti jamur serta antioksidan tinggi dari vitamin C yang terdapat didalamnya. Belerang dihaluskan kemudian campur dengan perasan jeruk nipis kemudian balurkan dibadan yang terdapat panu. Cara ini akan membantu anda untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti kudis, alergi gatal dan panu.

4. Daun pare dan kapur sirih

Daun pare tidak hanya berguna untuk membersihkan darah atau menghaluskan kulit. Akan tetapi daun pare juga sangat ampuh menghilangkan panu dibadan. Caranya rebus daun pare sampai mendidih kemudian tambahkan kapur sirih, aduk sampai merata. Cara ini akan membantu anda untuk menghilangkan panu dibagian badan lebih cepat.

Loading...

5. Lendir lidah buaya

Tidak banyak orang yang mengetahui jika lendir lidah buaya dapat digunakan untuk menghilangkan panu dibadan. Hal ini dikarenakan lendir lidah buaya memikiki zat anti biotik aktif yang dapat menghilangkan panu atau jenis penyakit kulit lainnya. Siapkan lidah buaya kupas hingga tersisa dagingnya. Hancurkan lendir lidah buaya dengan di remas atau diblender. Oleskan lendir lidah buaya tersebut dibadan yang terserang panu.

6. Cuka apel

Cuka apel tidak hanya dimanfaatkan sebagai pelengkap rasa pada makanan, namun juga dapat digunakan untuk menghilangkan panu dibadan. Cara menggunakannya dengan menuangkan cuka apel pada kapas kemudian oleskan dibagian badan yang ditumbuhi panu. Cara ini juga aman sehingga dapat digunakan pada anak-anak yang menderita panu dibadan.

7. Belimbing wuluh dan kapur sirih

Belimbing wuluh merupakan salah satu buah yang memiliki banyak kandungan gizi termasuk vitamin C yang bisa membantu meregenerasi sel kulit mati. Selain itu, belimbing wuluh juga mampu membunuh bakteri dan jamur panu. Haluskan belimbing wuluh tambahkan kapur sirih kemudian oleskan dibagian badan yang terserang panu.

8. Daun papaya

Selain belimbing wuluh, daun papaya juga dapat digunakan untuk menghilangkan panu dibadan. Daun papaya memiliki senyawa penting yang mampu menghilangkan berbagai jenis penyakit kulit dari dalam dan luar tubuh. Haluskan daun papaya kemudian balurkan dibagian badan yang terkena panu. Anda juga bisa merebus daun papaya sebagai salah satu cara untuk menghilangkan panu dibadan.

9. Batang brotowali

Batang brotowali mungkin masih jarang terdengar ditelinga. Namun batang brotowali sangat ampuh menghilangkan panu dibadan karena didalam batangnya terdapat senyawa penting yang dapat menghilangkan panu dan membunuh bakteri atau jamur panu dari permukaan kulit lewat dalam tubuh. Rebus batang brotowali sampai mendidih, saring airnya kemudian minum 2 kali sehari setiap hari.

10. Daun ketepeng dan kapur sirih

Cara menghilangkan panu dibadan juga dapat dilakukan dengan menggunakan daun ketapang dan kapur sirih. Daun ketapang yang dicampur dengan kapur sirih akan membasmi jamur penyebab panu sehingga mempercepat proses penghilangan panu dibadan.

Baca Juga 12 Hal Penyebab Pembesaran Prostat yang Perlu Diwaspadai

Selain 10 cara menghilangkan panu dibadan, ada 2 cara lainnya yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan panu dibagian badan.

2 Cara Menghilangkan Panu Dibadan Lainnya:

11. Jahe merah
12. Kunyit

Itulah cara menghilangkan panu dibadan, meskipun bukanlah sebuah penyakit yang berbahaya, tetapi panu bisa mengganggu penampilan. Semoga beberapa cara mengobati panu dengan menggunakan bahan alami diatas bisa bermanfaat bagi anda yang memiliki masalah panu dibagian badan sehingga panu anda dapat segera dihilangkan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top