Connect with us
close

Virtual.co.id

19 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Gelisah dan Cemas

Uncategorized

19 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Gelisah dan Cemas

Situasi di mana Anda merasakan kecemasan dan kegelisahan yang begitu membuat stres pasti sangat tak membuat nyaman. Sebetulnya, ada sejumlah cara untuk Anda lakukan agar kegelisahan tersebut tak menjadi lebih serius dan membuat Anda makin depresi. Tak perlu tenggelam dalam kegelisahan apalagi membiarkannya menghantui Anda, cobalah beberapa cara menghilangkan rasa gelisah dan cemas di bawah ini:

Cara Menghilangkan Rasa Gelisah dan Cemas, Cara Menghilangkan Rasa Gelisah,Cara Menghilangkan Rasa Cemas

1. Meditasi

Cara menghilangkan rasa gelisah dan cemas  yang pertama yakni mediasi. Meditasi adalah cara yang kebanyakan digunakan untuk mengurangi rasa cemas dan stres, apapun penyebab stres dan gelisah tersebut. Metode meditasi tidaklah sulit karena Anda hanya perlu menarik napas dalam-dalam dan mengembuskannya.

Melakukannya beberapa kali akan membantu Anda menenangkan hati dan seluruh kepanikan yang menghantui pun akan sedikit demi sedikit memudar. Setelah meditasi, Anda akan merasa lebih bisa berpikir secara jernih dan mengutamakan logika karena saat panik pikiran biasanya akan menjadi terlalu jauh.

2. Tutup Mata dan Fokus pada Pernapasan

Saat sedang gelisah, Anda sebaiknya ambil waktu sejenak untuk menutup mata dan kemudian alihkan perhatlian ke proses pernapasan. Bernapaslah seperti biasanya secara natural tanpa harus mengendalikannya. Fokuskan diri kepada pernapasan Anda, dan pasti perasaan gelisah mulai berkurang dan memudar dengan sendirinya nanti.

3. Menghindari Minuman Bersoda

Sebaiknya tidaklah minum minuman yang berkandungan soda tinggi karena akan membuat Anda makin gelisah saja, tapi minuman bersoda sebetulnya pun tak baik bagi kesehatan karena kandungan gulanya yang termasuk amat tinggi bahkan mampu merusak gigi. Pilihlah minuman yang menyehatkan ketimbang mengonsumsi minuman soda.

4. Merapikan Lingkungan

Lakukan kagiatan positif seperti mulai membenahi lingkungan di sekitar Anda. Entah itu ruang kantor, kamar atau ruangan lain yang biasa Anda gunakan, jauhkanlah ruangan tersebut dari yang namanya keadaan berantakan. Kondisi berantakan pada sebuah ruangan atau meja kerja saja bisa membuat Anda makin stres.

Loading...

5. Tidur Lebih Awal

Cobalah untuk tidur lebih awal dan hindari begadang. Kekurangan kualitas tidur adalah ancaman bagi seseorang dan memudahkannya terserang rasa gelisah setiap saat. Oleh karena itu, cobalah untuk tidur lebih awal supaya Anda mendapatkan durasi tidur yang cukup sehingga rasa gelisah bisa hilang.

6. Bangun Tidur Lebih Awal

Ketika Anda dianjurkan untuk tidur lebih awal, bukan lantas berarti Anda bisa tidur lama dan bangun terlambat. Justru Anda disarankan untuk juga bangun 15 menit lebih awal setiap pagi supaya tidak menjadi tambah gelisah.

7. Memperkatakan Sesuatu yang Membuat Gelisah Berulang Kali

Saat rasa takut, cemas dan gelisah datang, Anda bisa mencoba memperkatakan hal yang menjadi penyebab Anda gelisah berulang-ulang. Memang pada awalnya rasa panik akan memenuhi diri Anda, tapi dengan cara ini, rasa panik dan gelisah tersebut akan hilang. Perasaan cemas bisa memudar karena akhirnya Anda terbiasa menghadapi masalah tersebut.

8. Menganggap Masalah Pasti Berlalu

Biasakan untuk berpikir positif, yakni dengan menganggap badai pasti berlalu. Tak ada masalah yang tak bisa diselesaikan karena hanya waktunya saja yang bisa sebentar atau lama. Yakinlah bahwa badai pasti berlalu, dan apapun masalah yang dihadapi, percaya saja kalau semuanya pasti bisa terleselsaikan dengan baik.

9. Menguasai Rasa Khawatir dan Gelisah

Apapun penyebab kegelisahan yang menyebabkan sulit untuk mengendalikan diri, ada beberapa orang yang mengalami yang namanya susah tidur, detak jantung berdetak kencang, dan tumbuh rasa putus asa di dalam diri. Keadaan seperti itu harus Anda coba hentikan sendiri dan jangan sampai membiarkan perasaan-perasaan negatif justru menguasai diri.

10. Memikirkan Solusi

Memang tak semua masalah yang membuat kita khawatir dan gelisah bisa diselesaikan secara instan, tapi bukan lantas berarti kita harus selalu dipenuhi kegelisahan. Mulai beranikan diri menghadapinya dengan perencanaan solusi yang tepat. Dengan merencanakan solusinya secara matang, ini bakal mendukung rasa percaya diri untuk lebih tinggi dan perasaan juga menjadi tenang.

Selain 10 cara menghilangkan rasa gelisah dan cemas, ada 9 cara lainnya untuk yang perlu anda ketahui, Berikut ini caranya:

Baca Juga 20 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh untuk Penyembuhan Gigi

9 Cara Menghilangkan Rasa Gelisah Lainnya:

11. Merencanakan Liburan
12. Belajar Bersyukur
13. Bersosialisasi dengan Orang Lain
14. Olahraga
15. Perawatan Diri
16. Minta Bantuan
17. Aromaterapi
18. Menghindari Kafein
19. Menonton video lucu

Itulah serangkaian cara menghilangkan rasa gelisah dan cemas tiada akhir yang membuat Anda sering stres. Sebelum menjadi depresi tingkat berat, pastikan Anda melakukan cara-cara tersebut supaya rasa gelisah hilang dan hidup menjadi lebih positif serta menyenangkan dan menjauhkan anda dari penyakit kejiwaan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top