Connect with us
close

Virtual.co.id

21 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Takut Berlebihan Terhadap Diri Sendiri

Uncategorized

21 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Takut Berlebihan Terhadap Diri Sendiri

Takut adalah perasaan dimana seseorang tidak sanggup atau tidak berani dalam menghadapi atau melakukan sesuatu karena resiko yang mungkin akan terjadi. Rasa takut sebenarnya adalah perasaan yang dimiliki oleh setiap manusia dan merupakan hal yang normal. Cara menghilangkan rasa takut berlebihan yang paling efektif adalah menghadapi rasa takut itu sendiri.

Ketakutan berlebihan disebut sebagai phobia. Seseorang yang megalami phobia akan mengalami ketakutan, kecemasan yang tidak tetap dan tidak rasional terhadap suatu obyek atau situasi tertentu. Berikut adalah cara menghilangkan rasa takut berlebihan yang perlu diketahui.

Cara Menghilangkan Rasa Takut Berlebihan, Cara Mudah Menghilangkan Rasa Takut Berlebihan, Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Takut Berlebihan

1. Ketahui Seberapa Besar Ketakutan Itu

Cara menghilangkan rasa takut berlebihan yang pertama adalah dengan membedakan ketakutan biasa dengan ketakutan berlebihan. Pada kasus takut ular, misalnya, adalah ketakutan biasa. Menjadi tidak masuk akal jika mendengar kata ular saja orang itu sudah berkeringat dingin.

Ketakutan berlebihan pun akan memunculkan perilaku yang kurang tepat. Misalnya, berkali-kali mengecek kolong tempat tidur karena takut ada ular di sana, mengecek bawah tempat duduk, sofa, dan tempat-tempat lain yang mungkin menjadi persembunyian ular.

2. Belajar Teknik Relaksasi Progresif

Saat ketakutan melanda, banyak tindakan yang dapat dilakukan guna mempersiapkan tubuh supaya dapat memberi respon antara melawan atau lari. Hal ini dapat dilakukan dengan mempelajari teknk relaksasi. Ini juga merupakan satu cara menghilangkan rasa takut berlebihan. Dengan belajar teknik relaksasi, tubuh akan memberitahu bahwa tidak ada yang perlu ditakutkan dan dicemaskan.

Relaksasi progresif adalah suatu cara untuk memberikan rasa tenang yang luar biasa ke seluruh tubuh. Relaksasi progresif membantu kestabilan, ketenangan pikiran, dan jika sudah terbiasa melakukannya, maka rasa tegang dan panik bisa dikendalikan dengan baik.

Loading...

3. Hipnoterapi

Terutama hipnoterapi self-confidence, adalah hipnoterapi yang secara efektif telah terbukti dalam meningkatkan rasa percaya diri yang nantinya akan berguna dalam melawan rasa takut. Hipnoterapi akan membantu mental dan tekad sehingga tidak alan mudah mengalami ketakutan.

4. Desentiasi Sistematis

Cara menghilangkan rasa takut berlebihan berikutnya adalah desentiasi sistematis. Penderita dibuat rileks sehingga menyebabkan suasana yang indah dan nyaman, setelah itu didatangkan sebuah obyek atau keadaan tertentu yang ditakutinya.

5. Abreaksi

Dengan cara ini, akan dilakukan metode pendekatan obyek kepada penderita. Mulai daru foto atau gambar yang ditakutinya, kemudian dilihatkan obyek tersebut dari kejauhan, hingga akhirnya didekatkan secara perlahan.

6. Flooding

Penyembuhan ini dilakukan dengan cara menempatkan penderita dengan obyek yang ditakutinya, sampai ia tidak merasakan ketakutan terhadap obyek tersebut. Teknik ini sangat ekstrim, karena seperti uji nyali. Pada saat pertama kali proses terapi, bisa jadi penderita akan mengalami muntah-muntah, dan bahkan sampai tak sadarkan diri.

7. Reframing

Cara menghilangkan rasa takut berlebihan dengan metode ini adalah membuat penderita membayangkan masa lalu, awal mula penderita mengalami ketakutan berlebihan, dilanjutkan dengan bercerita kepada yang mengobatinya.

8. Kognitif Terapi

Kognitif terapi atau cognitive behavioral therapy (CBT) adalah cara menghilangkan rasa takut berlebihan dengan menggali pikiran, perasaan dan perilaku penderita untuk mengembangkan langkah-langkah mengatasi rasa takut berlebihan penderita.

9. Konseling

Mendengarkan permasalahan seseorang juga dapat menyembuhkan rasa takut yang berlebihan. Setelah itu baru diberikan cara untuk menghilangkannya. Ada beberapa jenis terapi konseling dan tentu saja efektivitas terapi sangat bergantung pada terapis. Namun, umumnya proses terapi ini lambat dan kurang berhasil karena pelatihan ini tidak memiliki metode untuk menanganai kekhawatiran yang serius.

10. Bergabung dalam Komunitas yang Memiliki Satu Visi

Dengan bergabung dalam komunitas yang memiliki satu visi, penderita bisa membagi curahan hatinya. Semakin banyak masalah yang dibicarakan penderita, maka penderita akan merasa lebih baik, lebih percaya diri dan nyaman dengan diri sendiri.

Baca Juga 12 Cara Penularan Hepatisis yang Perlu Diwaspadai

Rasa takut berlebihan tentu akan menghantui penderitanya. Namun, yakinlah bahwa apapun penykitnya, pasti ada solusinya. Cara-cara menghilangkan rasa takut berlebihan juga bisa dilakukan seperti berikut ini:

11 Cara Menghilangkan Rasa Takut Berlebihan Lainnya:

11. Kesadaran
12. Paham akan Penyebab Ketakutan
13. Memiliki Bayangan akan Hasil yang Sesuai dengan Pikiran
14. Tersenyum dan Tertawa
15. Tidur Cukup
16. Meditasi
17. Psikoterapi
18. Menambah Teman
19. Makan Dengan Benar
20. Melatih Pernapasan
21. Aromaterapi

Dua puluh satu cara menghilangkan rasa takut berlebihan di atas hanyalah sebagian. Jika memang terapi apapun tidak menghasilkan solusi, perlu dipertimbangkan untuk menggunakan obat penenang. Obat ini memang tidak akan menghilangkan rasa takut yang berlebihan, namun penderita akan lebih tenang dalam menghadapi ketakutannya tetapi janganlah berlebihan karena bisa juga menimbulkan efek samping dan penyakit. Perlu diingat bahwa penggunaan obat penenang harus dengan konsultasi dan resep dokter.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top