Connect with us
close

Virtual.co.id

19 Cara Mudah Menghilangkan Stres Belajar paling Ampuh

Uncategorized

19 Cara Mudah Menghilangkan Stres Belajar paling Ampuh

Kewajiban seorang pelajar adalah belajar, namun terkadang kegiatan tersebut cukup membuat stress. Pelajar kebanyakan lebih memilih bermain ketimbang belajar, ada pula beberapa pelajar yang sangat bisa menikmati kegiatan belajar. Jika seorang pelajar tak kunjung mampu menguasai pelajaran yang diterima akan muncul stres.

Belajar hanya beberapa jam saja kemungkinan dapat membuat otak menjadi terasa panas, apalagi kalau menjelang ujian. Ada cara menghilangkan stres belajar yang bisa dicoba di rumah dan dijamin efektif. Ketika stres melanda, ada beberapa hal yang dapat dilakukan supaya stres tak berkelanjutan dan makin tak terkendali.

Cara Menghilangkan Stres Belajar, Cara Mudah Menghilangkan Stres Belajar,Cara Menghilangkan Stres Belajar Paling Ampuh

1. Merapikan Ruang/Meja Belajar

Cara menghilangkan stres belajar yang pertama yakni merapikan ruangan atau meja belajar. Ketika ruangan atau meja belajar yang tak lagi berantakan secara otomatis merasa malas dan tak tertarik untuk belajar hilang. Bersihkan dan rapikan area belajar supaya lebih lega dan nyaman sehingga tak gampang bosan apalagi stres.

2. Sedia Air Putih

Dehidrasi mampu membuat seseorang merasa mudah stres juga.Air putih mampu meredakan stres sekalipun ketika sedang belajar.Maka dari itu, selalu sedia air putih di meja belajar atau ruang belajar supaya jika stres mulai muncul, kita bisa minum sebentar untuk menyegarkan hati serta pikiran.

3. Makan

Ada banyak pelajar yang memilih untuk belajar sambil mengemil atau makan dulu sebelum belajar, salah satu cara ini boleh dicoba. Supaya tidak stres karena fokus pada pelajaran terus, bisa juga sambil mengemil atau supaya tidak stres memahami pelajaran silakan untuk mengisi perut lebih dulu.

4. Berpakaian yang Nyaman

Faktor pakaian yang kurang nyaman dipakai bisa menjadi alasan bagi beberapa pelajar untuk stres. Kebanyakan orang akan merasa paling nyaman dengan suhu 21-24 derajat Celsius dan apabila suhu tak bisa dikendalikan, alangkah baiknya kalau mengenakan pakaian yang nyaman. Pakaian nyaman itu adalah pakaian yang terbuat dari kain katun karena jika sampai berkeringat pun keringat akan terserap dengan baik.

Loading...

5. Tidur

Dalam menghilangkan stres belajar, cobalah untuk ambil waktu sejenak untuk tidur jika memang pikiran sedang teramat kacau. Bila tak sempat tidur siang, tidur malam yang cukup yakni sekitar 7-8 jam sebetulnya akan membantu kita agar tidak mudah stres. Belajar membutuhkan konsentrasi, dan saat kita kurang tidur, konsentrasi akan menjadi sulit.

6. Mencari Lokasi yang Nyaman

Stres belajar bisa saja timbul karena lingkungan belajar yang membosankan di mana kita terus-terusan berada di kamar.Jika bosan dan membutuhkan suasana baru, tak ada salahnya untuk datang ke tempat-tempat yang lebih nyaman, seperti kafe misalnya.Ada beberapa orang yang lebih produktif dan nyaman bebas dari stres saat belajar di kafe ketimbang di rumah atau perpustakaan.

7. Mandi Air Hangat

Ketika stres belajar, kita akan memiliki pikiran yang berkecamuk seperti ingin melepaskan semua apa yang mengganggu di benak kita. Cobalah untuk mandi air hangat sejenak dan rasakan kenyamanan air hangat tersebut. Dijamin mandi air hangat adalah cara menenangkan pikiran sekaligus menghilangkan stres belajar efektif.

8. Mencuci Wajah

Kalau pelajaran sulit dipahami dan padahal sudah dekat ujian. Kita bisa ambil waktu untuk sekadar membasuh wajah dan mencuci tangan supaya segar kembali. Cara sederhana ini akan menghilangkan stres dan menyegarkan pikiran kita lagi.

9. Melakukan Peregangan

Lakukan peregangan sedikit agar lebih segar. Untuk proses peregangan, kita bisa melakukannya khusus di bagian leher, bahu, punggung, pinggang, dan juga kaki. Peregangan yang dilakukan selama 10 detik pada masing-masing bagian tubuh tersebut dan dengan kekuatan maksimal akan menjadikan stres mudah hilang.

10. Memperoleh Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari memang bisa sangat membahayakan kulit apalagi bahaya sinar matahari di siang hari.Tapi seseorang yang sedang stres, termasuk stres karena belajar, juga membutuhkan sedikit paparan sinar matahari untuk menjadikannya merasa lebih baik.Kita tak perlu berpanas-panasan secara berlebihan, tapi cukup hanya untuk menghilangkan kepenatan saja.

Baca Juga 7 Penyebab, Pengobatan dan Tanda Tanda Sipilis

Selain 10 cara menghilangkan stres belajar, ada 9 cara yang perlu anda ketahui, Berikut ini caranya:

9 Cara Menghilangkan Stres Belajar Lainnya

11. Mengonsumsi Makanan Pedas
12. Menelepon atau Mengobrol dengan Teman
13. Menonton Video Lucu atau Inspiratif
14. Mengonsumsi Coklat Hitam
15. Melatih Pernapasan
16. Memijat
17. Berpikir Positif
18. Pergi Bermain dengan Teman
19. Mandi

Demikianlah berbagai cara menghilangkan stres belajar paling ampuh dan juga tergolong aman serta positif. Menghilangkan stres tak harus dengan cara yang negatif karena cara-cara di atas cukup ampuh untuk merefresh kembali pikiran dan suasana hati kita ketika suntuk belajar terus menerus dan terhindar dari penyakit.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top