Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Bahan Rumah

Uncategorized

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Bahan Rumah

Ketika asam lambung tinggi akan terasa nyeri, susah menelan makanan dan sangat tidak nyaman. Kamu membutuhkan cara terbaik untuk mengobati asam lambung. Asam lambung sangat bermanfaat untuk mencerna makanan agar mudah diserapoleh tubuh. Namun, jika asam lambung berlebihan bisa menyebabkan terganggunya sistem pencernaan.

Asam lambung bisa naik ke kerongkongan karena katup diantara kerongkongan dan lambung tidak bekerja dengan baik. Kondisi seperti ini disebut dengan gastroesophageal reflux disease atau GRED. Gejala GERD akan membuat penderita merasakan nyeri di ulu hati, sulit menelan dan mulut terasa pahit.

Salah satu penyebab melemahnya katup antara korongkongan bawang dan lambung diantaranya karena obesitas. Selain itu, makanan atau minuman tertentu, misalnya makanan berlemak, coklatt, alkohol dan kopi juga bisa beresiko terjadinya refluks.

Beberapa kondisi medis juga bisa mempengaruhi asam lambung. Yakni esofagitis atau radang esofagus, gastritis atau peradangan dinding lambung, dan gastroparesis atau perlambatan gerakan dalam pencernaan makanan. Selain dengan mengubah pola hidup, ada banyak bahan alami yang bisa mengatasi asam lambung tinggi.

Cara mengobati asam lambung tinggi dengan cepat

Cara paling tepat meredakan asam lambung adalah dengan melawannya. Yakni membiasakan hidup sehat dan gunakan bahan alami untuk membantu mempercepat kesembuhan.

Mengatasi asam lambung dengan mengubah pola hidup

Loading...

Gaya hidup yang tidak sehat bisa menimbulkan banyak penyakit termasuk asam lambung tinggi. Untuk itu, cara mengatasi asam lambung yang tepat yaitu dengan membiasakan diri dengan pola hidup sehat. Inilah gaya hidup yang harus kamu lakukan setiap hari!

Hindari makanan pemicu GERD dan mengatur porsi
GERD dapat disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak tinggi. Sebab, makanan berlemak lebih sulit dicerna oleh tubuh, sehingga lambung berupaya untuk memproduksi asam lambung lebih banyak. Lalu asam lambung beresiko naik ke kerongkongan.

Tak hanya makanan berlemak, kamu juga perlu menghindari soklat, kopi, alkohol dan makanan pedas. Karena makanan tersebut dapat membuat katup kerongkongan bagian bawah menjadi lebih lemah. Sehingga, asam lambung dengan mudah masuk ke kerongkongan. Sebaiknya, makan dengan porsi kecil tapi sering, jangan sebaliknya.

Perhatikan pakaianmu pada area perut
Jika kamu sering mengalami asam lambung tinggi, sebaiknya hindari memakai baju yang ketat di bagian perut. Tekanan pakaian ketat pada perut bisa membuat isi perut terpancing kembali ke esofagus dan mengakibatkan muntah. Supaya kamu lebih terasa nyaman, kenakan baju yang longgar, terutama di area perut. Jadi memilih pakaian yang tepat merupakan cara mengatasi asam lambung yang tepat.

Kurangi melakukan gerakan yang bisa menekan perut
Olahraga mampu membuat tubuh sehat dan kuat. Tapi, untuk mengobati asam lambung jangan lakukan gerakan yang menekan perut. Gerakan itu seperti peregangan di perut, naik tangga atau membungkuk. Selain itu, waktu olahraga juga harus kamu perhatikan. Hindari olahraga saat baru selesai makan, berikan jeda antara 2-4 jam setelah makan.

Tidur cukup
Istirahat yang cukup bisa menenangkan dan menyegarkan tubuh serta mengembalikan tenaga. Refluks asam lambung bisa diakibatkan oleh tubuh yang memproduksi hormon stres karena kurang tidur. Jika kamu terus-menerus kurang tidur dapat menciptakan komplikasi penyakit.

Oleh karena itu, cara mengobati asam lambung kamu harus mencukupi kebutuhan tidur. Mulai sekarang, perbaiki cara tidurmu! Jangan suka begadang untuk keperluan yang tidak jelas.

Cara meredakan asam lambung tinggi dengan bahan alami

Jahe
Bahan alami yang sering dijadikan sebagai obat dan ampuh dalam mengobati beberapa penyakit. Mulai dari perut mulas, migrain atau sakit kepala termasuk sebagai cara mengatasi asam lambung.

Cara membuat ramuan jahe untuk asam lambung, siapkan jahe bubuk atau jahe yang dihaluskan sebanyak 1-2 gram. Campurkan ke dalam air hangat dan aduk sampai tercampur. Minumlah satu jam sebelum makan. Lakukan setiap hari secara rutin sampai asam lambung kembali normal.

baca juga : Cara Mengatasi Perut Kembung, Susah Buang Gas

Permen karet bebas gula
Mengunyah dapat merangsang produksi air liur. Air liur ini mempunyai sifat basa yang bisa digunakan untuk menetralkan asam lambung. Berarti cara untuk mengobati asam lambung adalah dengan mengunyah permen karet. Pilihlah permen karet bebas gula, kunyah selama ½ jam setelah makan. Jangan pilih permen karet yang rasa mint, karena bisa menyebabkan refluks asam lambung.

Baking soda
Campuran baking soda dengan segelas air bisa menetralkan asam lambung. Reaksi baking soda terhadap asam akan menghasilkan karbondioksida. Nah, inilah yang menyebabkan orang bersendawa setelah selesai mengkonsumsi baking soda. Sendawa itu menunjukkan jika asam lambung telah netral.

Cara menggunakan baking soda untuk mengatasi asam lambung tinggi, yakni siapkan 1sdt baking soda dan ½ gelas air. Larutkan baking soda ke dalam air, lalu minum 1-2 jam setelah makan. Meski tidak menimbulkan efek samping berbahaya, sebaiknya jangan konsumsi lebih dari  dua kali.

Usaha untuk mengobati asam lambung ini bisa dilakukan di rumah. Meski belum ada bahan alami yang sepenuhnya dapat memperbaiki kerusakan esofagus karena GERD. Namun, beberapa bahan alami di atas mampu meredakan gejala asam lambung tunggi.

Selain itu, kamu dapat mengontrol asam lambung dengan obat yang dijual bebas di apotek. Kalau gejala yang ditimbulkan tidak membaik, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top