Connect with us
close

Virtual.co.id

6 Langkah Cepat Mengobati Flu

Uncategorized

6 Langkah Cepat Mengobati Flu

Flu atau pilek sangat menyebalkan, kita membutuhkan cara mengobati flu dengan cepat agar tidak mengganggu aktivitas. Meski sebagian besar penyakit flu bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 4-7 hari, tapi ada beberapa langkah untuk meredakan gejalanya. Ketika tubuh terserang flu atau pilek, kamu akan merasakan hidung tersumbat, kesulitan bernapas dan keluar ingus.

Biasanya serangan flu disertai batuk atau badan panas meriang. Bukankah sangat tidak mengenakkan jika kita mengalami gejala flu tersebut. Kemana-mana memerlukan tisu untuk menghapus ingus. Kamu akan merasa tak sabar ingin cepat sembuh dari flu ini pulih lebih cepat. Untuk itu, kamu perlu cara cepat meredakan flu.

Dalam mengatasi flu kamu bisa mempertimbangkan tumbuhan herbal, vitamin dan asupan makanan. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini!

Cara mengobati flu dengan perawatan rumah

 
Minum cairan hangat
Mengkonsumsi cairan hangat mampu mengencerkan lendir di dalam saluran sinus sehingga melancarkan alirannya agar keluar. Keluarnya lendir, tentu bisa membuatmu lebih baik saat pilek. Penelitian mengungkapkan bahwa minum cairan hangat bisa meredakan gejala flu seperti, bersin, lemas dan sakit tenggorokan. Selain itu, konsumsi air putih yang cukup. Inilah minuman hangat yang bisa kamu minum :

  • Teh panas tanpa kafein. Pilih saja teh herbal kamomil atau peppermint untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuhmu. Campurkan sedikit madu dan lemon untuk mempertahankan efeknya dan menenangkan tenggorokan. Perlu kamu tahu, kamomil berfungsi untuk mengurangi stres dan kelelahan, sedangkan peppermint untuk melegakan hidung tersumbat.
  • Teh hijau benifuuki buatan Jepang. Teh herbal ini juga bisa melegakan hidung tersumbat dan meredakan alergi apabila dikonsumsi secara teratur. Teh tradisional ini bersifat sebagai pelapis tenggorokan dan diketahui mempunyai efek yang lebih baik daripada teh biasa.
  • Kaldu panas atau sup panas. Kaldu panas adalah cara mengobati flu yang tepat. Konsumsi kaldu ayam atau sayuran yang banyak saat flu. Tapi, pilih kaldu yang rendah natrium agar kamu tidak kebanyakan mengasup garam. Sup ayam bisa meredakan gejala flu karena menenangkansakit tenggorokan, melegakan hidung tersumbat dan mengencerkan lendir.
  • Minum kopi hangat. Jika kamu suka mengkonsumsi kopi, maka minumlah karena bisa mengurangi gejala flu. 

Mandi uap
Uap bisa melembabkan saluran pernapasan dan mengurangi iritasinya. Mandi uap ini sangat tepat jika kamu gunakan sebagai cara mengobati flu. Sebab, bisa menenangkan tenggorokan dan membuat tubuh lebih hangat. Caranya, siapkan air hangat, lalu berendamlah. Atau setiap pagi kamu bisa mandi air hangat selama terserang flu.

Hirup uap
Selain dengan mandi uap, untuk meredakan gejala flu dengan cepat adalah menghirup uap. Siapkan air panas secukupnya diatas baskom. Lalu bungkukkan kepalamu menuju air tersebut, tapi jangan terlalu dekat karena akan menimbulkan luka bakar. Saat kamu membungkukkan kepalamu untuk menghirup air panas, tutupi kepala menggunakan kain katun ringan. Hirup uap selama 10 menit. Lakukan perawatan ini sebanyak 2-4 kali sehari.

Loading...

Untuk mendapatkan efek lebih maksimal, cara mengobati flu dengan uap kamu bisa menambahkan minyak atsiri secukupnya ke dalam air. Hal itu akan ampuh melegakan sinus dan juga memperoleh manfaat aromaterapi. Selain minyak atsiri kamu bisa menggunakan minyak eukaliptus.

Gunakan metode oil pulling
Cara mengobati flu dengan cepat selanjutnya menggunakan metode oil pulling merupakan pengobatan ayurveda dengan memanfaatkan minyak untuk membasi bakteri atau kuman dari mulut. Kebanyakan mikroorganisme larut ke kandungan lemak dalam minyak, sehingga nantinya bisa keluar bersamaan dengan minyak.

Manfaatkan minyak kelapa untuk berkumur-kumur dan desir di dalam mulut lalu keluarkan. Jangan ditelan ya minyaknya! Dengan begitu, dapat meredakan gejala flu yang kamu alami.

baca juga : 6 Langkah Cepat Mengobati Radang Tenggorokan

Pakai neti pot
Saat flu saluran sinus tersumbat dengan lendir sehingga menyulitkan kamu dalam bernapas. Pertama-tama buatlah larutan air hangat dan garam. Setelah larut masukkan ke dalam neti pot atau bisa menggantinya dengan botol kecap. Berdirilah di kamar mandi, masukkan neti pot ke lubang hidung kanan dan miringkan kepalamu kekiri, lakukan secara bergantian. Air akan keluar dari hidung satunya lagi bersama dengan lendir.

Gunakan humidifier (pelembab udara)
Suasana udata yang terlalu kering bisa memperburuk gejala flu serta menghambat proses penyembuhan. Maka, kamu harus menggunakan humidifier untuk melembabkan udara di rumahmu, sehingga saluran pernapasan tetap lembab dan mudah dalam mengalirkan lendir keluar. Nyalakan alat ini pada malam hari untuk membuatmu mudah bernapas saat tidur.

Itulah cara mengobati flu dengan cepat menggunakan perawatan rumah. Cara ini bisa kamu terapkan saat menderita flu atau pilek, sehingga kamu dapat cepat pulih dan beraktivitas seperti biasanya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top