Connect with us
close

Virtual.co.id

25 Cara Meningkatkan Nafsu Makan

Uncategorized

25 Cara Meningkatkan Nafsu Makan

Manusia pada dasarnya membutuhkan makanan untuk melangsungkan kehidupan. Manusia membutuhkan gizi dan energi untuk bisa hidup. Tapi terkadang saat kita sedang sakit atau kita sedang stress kita kehilangan nafsu makan kita. Orang yang beranjak tua juga biasanya kehilangan nafsu makan mereka.  Orang-orang yang sedang melakukan program diet kehilangan nafsu makan mereka demi menurunkan berat mereka.

Kehilangan nafsu makan bisa membuat kita sakit. Badan kita juga menjadi lemas  dan tidak ada energi. Kita menjadi tidak omtimal dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Pekerjaan bisa berantakan karena kita tidak nafsu makan. Oleh karena itu kita harus meningkatkan nafsu makan kita.  Bagaimana cara meningkatkan nafsu makan? Berikut ini adalah cara meningkatkan nafsu makan:

Loading...

1. Olahraga Yang Teratur


Bagaimana olahraga bisa meningkatkan nafsu makan kita? Olahraga yang teratur membuat kita lebih bergerak aktif. Olahraga membakar kalori makanan yang sudah kita makan, sehingga kita merasa lapar setelah olahraga.  Jadi bagi yang ingin meningkatkan nafsu makan,  olahragaa adalah cara yang cukup ampuh untuk meningkatkan nafsu makan.

2. Membuat Kreasi Menu Makanan yang Menarik


Kebanyakan orang melihat tampilan makanan dahulu baru memakan makanannya. Jika tampilan makanannya menarik kita akan makan dan jika tidak kita malas makan. Maka dari itu membuat kreasi menu makanan yang menarik akan sangat membantu meningkatkan nafsu makan kita.  Kita menjadi selera makan jika makanan yang kita sajikan itu menarik. 

3. Mengonsumsi Vitamin


Vitamin adalah zat yang sangat penting untuk tubuh kita. Kita memerlukan vitamin untuk proses pencernaan.  Mengonsumsi banyak vitamin membuat pencernaan kita menjadi lancar,  dan kita pun menjadi lancar buang air besar.  Saat perut kita sudah kosong maka otomatis kita akan merasa lapar.  Jadi mengonsumsi vitamin tepat untuk meningkatkan nafsu makan kita.

4. Mengonsumsi suplemen penambah nafsu makan


Masalah turunnya nafsu makan kini banyak sekali di jumpai,  karena itu kita sekarang mudah menemukan suplemen penambah nafsu makan di toko. Suplemen penambah nafsu makan bisa mengandung zat-zat yang merangsang tubuh kita untuk lapar dan pada akhirnya ingin makan. Jadi bagi yang mempunyai masalah nafsu makan turun bisa mengonsumsi suplemen penambah nafsu makan.

5. Minum Jamu

Jamu terbuat dari bahan-bahan herbal.  Bahan herbal tersebut jika kita konsumsi bisa membuat badan kita sehat dan bugar.  Saat badan kita sehat nafsu makan kita menjadi naik. Sehingga minum jamu bisa dijadikan solusi untuk meningkatkan nafsu makan kita. Tapi kendalanya adalah anak kecil biasanya tidak menyukai jamu.


6. Kurangi Makan Cemilan Pada Waktu Jam Makan


Makan cemilan terlalu banyak pada saat jam makan,  membuat perut kita kenyang sebelum makan.  Padahal tubuh kita butuh nutisi dari makanan. Nutrisi dalam cemilan tidak lengkap, sehingga kita butuh makanan yang mengandung banyak nutrisi. Jika kita kenyang ngemil maka nafsu makan kita berkurang.  Jadi jangan terlalu banyak ngemil agar nafsu makan tetap stabil.

7. Jangan Banyak Minum Air Putih Sebelum Makan


Minum air putih terlalu banyak sebelum makan bisa membuat kita kenyang air sebelum kita makan.  Perut kita sudah tidak ingin menampung makanan. Maka dari itu minum terlalu banyak sebelum makan sangat tidak di anjurkan. Jika kamu ingin meningkatkan nafsu makan, maka kurangi minum air putih sebelum makan.

8. Makan Selalu di Jam Yang Sama Setiap Hari


Membuat jadwal makan sangat penting dilakukan. Jika kita makan di jam yang sama maka jam lapar kita juga sama. Jika kita makan tidak terjadwal kita menjadi jarang merasa lapar. Maka dari itu kita harus selalu makan di jam yang sama untuk meningkatkan nafsu makan kita.

9. Makan Dalam Porsi Yang Kecil


Makan dalam porsi yang kecil bisa meningkatkan nafsu makan kita. Biasanya saat melihat makanan dalam porsi yang besar membuat kita malas untuk memakannya.  Jadi makanlah dalam porsi yang kecil untuk meningkatkan nafsu makan kita.

10. Makan Bersama-sama


Jika kita sendirian kita kadang malas untuk makan.  Jadi manfaatkan momen bersama teman atau keluarga untuk makan bersama.  Karena makan bersama bisa menggugah selera makan kita.  Jadi makan bersama-sama bisa dijadikan cara untuk meningkatkan nafsu makan kita.

15 Cara Meningkatkan Nafsu Makan yang Lainnya:

11. Mencoba Makanan Baru
12. Wisata Kuliner
13. Selalu Ada Menu Favorit
14. Tidur Yang Cukup
15. Buat Makanan Sendiri
16. Tidak Makan Makan Makanan yang Monoton
17. Jangan Melakukan Diet Ketat
18. Perbanyak Vitamin C
19. Perbanyak Vitamin B Kompleks
20. Jangan Bergadang
21. Rajin Olahraga
22. Meminta Ibu atau Istri yang Masak
23. Hindari Penggunaan MSG
24. Buanglah Kebiasaan Makan Manis
25. Penuhi Asupan Nasi

Demikian adalah beberapa cara meningkatkan nafsu makan beserta penjelasannya.  Agar kehidupan sehari-hari kita berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan dan masalah,  sebaiknya kita jangan sampai kehilangan nafsu makan. Jika kita sampai kehilangan nafsu makan segera naikkan kembali.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top