Connect with us
close

Virtual.co.id

31 Cara Tradisional Menurunkan Asam Lambung dengan Mudah

Uncategorized

31 Cara Tradisional Menurunkan Asam Lambung dengan Mudah

Penyakit asam lambung adalah penyakit yang disebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan yang ditandai dengan adanya nyeri pada ulu hati. Bila penyakit ini tidak segera diobati, maka dapat menjadikan komplikasi penyakit yang lebih serius. Sehingga penderita penyakit ini wajib mencari tahu cara menurunkan asam lambung.

Cara menurunkan asam lambung dapat ditangani sendiri oleh penderita  atau penderita dapat pergi ke tenaga medis guna mendapatkan pengobatan yang dibutuhkan. Berikut adalah cara menurunkan asam lambung secara mandiri.

Cara Menurunkan Asam Lambung, Cara Mudah Menurunkan Asam Lambung, Cara Tradisional Menurunkan Asam Lambung

1. Hindari menggunakan celana ketat

Cara menurunkan asam lambung yang pertama adalah dengan menghindari penggunaan celana ketat. Penggunaan celana ketat dapat menekan organ perut, ditambah lagi penggunanan celana ketat akan memberikan tekanan yang lebih besar apabila Anda dalam posisi tertentu, contohnya membungkuk.

Tekanan yang besar pada perut dapat mengganggu kerja lambung. Lambung yang bekerja mencerna makanan, tidak dapat bekerja dengan baik. Lambung dapat mengembalikan makanan ke kerongkongan bersama cairan lambung dan menimbulkan rasa perih.

2. Hindari kebiasaan makan terlalu cepat

Kebiasaan makan terlalu cepat mungkin sering Anda lakukan untuk menghemat jam makan dan kembali pada aktivitas harian Anda. Faktanya, makan terlalu cepat dapat menyebabkan banyak udara masuk ke dalam lambung. Bukan masalah asam lambung saja yang akan Anda dapat, bila kebiasaan ini terus dilakukan juga beresiko terkena gangguan empedu.

3. Makan sedikit tapi lebih sering

Penderita gangguan asam lambung akut akan selalu merasa tidak nyaman pada bagian perut. Ketidaknyamanan ini sering terjadi walau dalam kondisi sesudah makan. Untuk Anda yang mengalami kondisi demikian, makan sedikit tapi lebih sering dapat dilakukan sebagai cara menurunkan asam lambung. Dengan cara ini otot pada lambung tidak akan berkerja terlalu keras, serta dapat mengkondisikan lambung pada kerja normal.

Loading...

4. Hindari makan terlalu malam

Menghindari makan terlalu malam sering dikampanyekan untuk menurunkan berat badan. Namun, menghindari aktivitas ini nyatanya juga baik untuk menurunkan asam lambung. Seseorang yang makan terlalu malam biasanya akan langsung berangkat tidur. Akhirnya, makanan yang masuk dan belum tercerna secara maksimal dapat kembali ke kerongkongan. Untuk itu, hindari makan terlalu malam sebagai pencegahan pada masalah asam lambung.

5. Biasakan duduk dan postur benar saat makan

Naiknya asam lambung juga dapat disebabkan posisi yang tidak benar saat makan. Posisi duduk yang salah dapat mengganggu kerja lambung, sehingga makanan yang masuk tidak dapat tercerna dengan baik dan rawan kembali ke kerongkongan dengan membawa asam lambung. Jadi, membiasakan diri duduk dan postur benar saat makan dapat dijadikan cara menurunkan asam lambung.

6. Hindari stress

Bukan hanya makanan yang dapat menyebabkan masalah naiknya asam lambung. Stres yang berlangsung lama juga berpotensi demikian. Otot perut akan terus menegang dengan adanya stres berkepanjangan, ditambah seseorang yang mengalami stres sering melupakan jam makan dan menyebabkan masalah asam lambung. Dengan demikian, menghindari stes merupakan cara yang efektif untuk menurunkan asam lambung.

7. Hindari kebiasaan merokok

Menghindari kebiasaan merokok baik untuk menurunkan asam lambung Anda. Ini dikarenakan tembakau pada rokok dapat menurunkan jumlah air liur, yang akan menyebabkan dehidrasi. Dengan air liur yang sedikit, potensi untuk menghapus asam dalam perut akan menurun dan asam dapat kembali ke kerongkongan.

8. Hindari tidur terlentang atau berbaring

Menghindari tidur terlentang atau berbaring dapat digunakan sebagai cara menurunkan asam lambung. Dengan tidak tidur secara terlentang, Anda dapat menurunkan resiko naiknya asam lambung ke kerongkongan, yang dapat menimbulkan sensasi mual atau bahkan dapat menyebabkan muntah.

9. Hindari mengkonsumsi makanan dengan pemanis buatan

Siapa yang tidak suka rasa manis? Kebanyakan dari orang menyukai rasa ini untuk minuman dan juga makanan. Rasa manis pada makanan dan minuman dapat menekan rasa lapar pada tubuh. Hal ini dapat menjadikan tertundanya jam makan, yang berdampak pada produksi asam lambung berlebih. Untuk itu, menghindari pemanis buatan secara tidak langsung  adalah obat untuk menurunkan asam lambung.

10. Hindari kebiasaan mengkonsumsi minuman asam setelah makan

Mengkonsumsi minuman asam setelah makan dapat mengganggu sistem pencernaan.
Minuman asam menyebabkan proses pencernaan nutrisi menjadi lebih lambat. Untuk itu hindari kebiasaan ini sebagai cara terhindar dari gangguan asam lambung.

Selain kebiasaan yang buruk yang menyebabkan masalah asam lambung, Anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi. Cara menurunkan asam lambung lain yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

Baca Juga 21 Obat Tradisional Tangan Kesemutan yang Wajib Diketahui

21 Cara Menurunkan Asam Lambung :

11. Hindari kebiasaan makan protein dan lemak bersamaan
12. Makan almond saaat lapar
13. Cobalah minum air mineral yang cukup
14. Makan sayuran terbaik untuk asam lambung
15. Minum jus sayuran sebelum makan
16. Minum madu dan air hangat
17. Manisan apel organik
18. Manisan jahe
19. Makan pisang secara teratur
20. Coba makan produk gandum
21. Hindari produk daging berlemak
22. Minum jus lidah buaya
23. Makan oatmeal setiap pagi
24. Minum teh chamomile
25. Minuman susu rendah lemak
26. Makan buah yang menenangkan lambung
27. Hindari buah asam dan panas
28. Hindari semua produk kafein
29. Semua produk susu rendah lemak
30. Hindari konsumsi makanan cepat saji
31. Hindari makanan yang digoreng

Demikian uaraian tiga puluh satu cara menurunkan asam lambung. Dengan mengetahi cara tersebut Anda dapat menerapkan kebiasaan baik, serta pola makan dengan gizi seimbang untuk terhindar dari resiko terkena gangguan asam lambung dan penyakit lainnya:

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top