Connect with us
close

Virtual.co.id

17 Cara Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi di Usia Muda

Uncategorized

17 Cara Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi di Usia Muda

Darah tinggi adalah kondisi meningkatnya tekanan darah pada dinding arteri. Seiring bertambahnya usia seseorang semakin bertambah pula resiko terkena darah tinggi. Namun,demikian ada baiknya untuk mengetahui cara menurunkan darah tinggi di usia muda, sebagai bentuk pencegahan dini.

Darah tinggi dapat disebabkan adanya faktor keturunan, terlalu banyak minum kopi, kelebihan berat badan dan terlalu banyak mengkonsumsi garam. Untuk itu darah tinggi dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia, termasuk pada Anda yang berusia muda. Berikut adalah cara menurunkan darah tinggi di usia muda.

Cara Menurunkan Darah Tinggi di Usia Muda, Cara Ampuh Menurunkan Darah Tinggi di Usia Muda, Cara Menurunkan Darah Tinggi

1. Buah melon

Cara menurunkan darah tinggi di usia muda yang pertama adalah dengan mengkonsumsi buah melon. Melon adalah buah yang termasuk pada famili Cucurbitaceae atau labu-labuan. Buah dengan nama ilmiah Cucumis melo l. ini populer karena rasa buahnya yang manis dan segar.

Selain rasanya yang enak, kandungan gizi pada buah melon sangat tinggi, meliputi: energi,
protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, natrium, Vit A, B1,B2,C, air, fosfor kalium, dan asam amino. Asam amino pada buah melon mampu meningkatkan aliran darah dan menstimulus pelebaran pembuluh darah. Sehingga konsumsi buah melon dapat membantu menormalkan tekanan darah.

2. Buah blewah

Buah blewah merupakan buah satu famili dengan buah melon, yakni masuk dalam famili Cucurbitaceae. Berbeda dengan melon yang memiliki kulit buah yang tebal dan cenderung keras, buah blewah justru kebalikannya, kulit buah blewah tipis dan cenderung lunak.

Buah yang sering ditemukan sebagai campuran es buah ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Kandungan gizi pada blewah antara lain: provitamin A, Vit C,mineral, kalium dan serat. Ini baik untuk menyehatkan fungsi ginjal, limpa dan menstabilkan tekanan darah.

Loading...

3. Jambu biji

Jambu biji atau juga dikenal dengan jambu klutuk merupakan tanaman tropis yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Memiliki nama ilmiah Psidium guajava, jambu biji menjadi salah satu dari buah yang banyak dikonsumsi karena rasanya yang manis.

Dengan teratur mengkonsumsi jambu biji, Anda dapat menurunkan tekanan darah Anda. Hal ini karena kadar kalium yang tinggi yang terdapat pada daging buahnya. Selain itu, kandungan serat pada jambu biji dapat membantu Anda mengatasi obesitas, yang merupakan salah satu penyebab darah tinggi.

4. Buah pisang

Pisang merupakan tanaman yang banyak tumbuh di iklim tropis, panas dan lembab.  Buahnya memiliki ciri berwarna kuning ketika matang dan memiliki rasa yang manis. Buah pisang merupakan bahan pangan penghasil energi yang lazim dikonsumsi.

Buah pisang adalah buah yang baik untuk dikonsumsi sebagai salah satu cara menurunkan darah tinggi di usia muda. Pada satu buah pisang berukuran sedang mengandung 12% kalium yang dibutuhkan tubuh. Kandungan kalium yang tinggi efektif untuk membantu menstabilkan tekanan darah

5. Buah kiwi

Buah kiwi bukan termasuk buah-buahan lokal. Untuk mendapatkan buah ini, Anda perlu datang ke swalayan. Memiliki nama binomial Actinidia deliciosa, kiwi asli berasal dari Tiongkok. Meski begitu, kiwi  sudah banyak dibudidayakan diberbagai negara.

Pada satu buah kiwi terkandung kalium, kalsium dan magnesium yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, kandungan ion potasium pada kiwi baik untuk mengatasi  masalah hipertensi. Dengan demikian, rutin mengkonsumsi kiwi dapat menghindarkan Anda dari resiko terkena darah tinggi.

6. Buah jeruk

Buah jeruk sudah tidak asing lagi. Buah yang banyak mengandung vitamin C ini sering dipakai sebagai perasa minuman. Buah ini terkelompok pada marga Citrus dan memiki ciri rasa manis, asam yang segar. Memiliki kandungan kalium 326mg, jeruk terbukti efektif untuk menurunkan tekanan darah.

7. Buah alpukat

Buah alpukat adalah buah asli Meksiko dan Amerika Tengah. Buah ini memiliki daging buah yang lembut, yang kaya akan kandungan gizi. Alpukat mengandung kalsium, magnesium dan kalium yang baik untuk tubuh. selain itu, buah alpukat memiliki kandungan mineral yang tinggi yang baik untuk mengatasi masalah hipertensi.

8. Tomat

Tomat adalah buah senjutnya yang dapat digunakan sebagai cara menurunkan darah tinggi  di usia muda.  Kandungan mineral yang tinggi pada tomat dapat mengatur jumlah kolesterol dalam tubuh. Tubuh yang  memiliki kolesterol jahat lebih banyak dapat mengakibatkan hipertensi. Dengan mengkonsumsi tomat secara teratur dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

9. Kedelai

Kedelai merupakan jenis polong-polongan yang banyak diolah menjadi berbagai jenis bahan pangan. Sebagai lauk (tempe), kecap, dan susu. Pada biji kedelai mengandung gizi penting, seperti vitamin dan lesitin. Mengkonsumsi kedelai dapat memperlancar sistem edar darah dalam, sehingga dapat mengatasi masalah hipertensi

10. Hindari kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk merupakan sebab umum terjadinya penyakit, tidak terkecuali masalah tenkanan darah tinggi. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman keras, merokok serta malas berolahraga menjadikan Anda rentan terhadap hipertensi.

Baca Juga 16 Pengobatan Penyakit Hernia Tanpa Melakukan Operasi

Demi menjaga tekanan darah anda sejak muda tidak ada salahnya menggunkan sepuluh cara di atas. Untuk Anda yang mengalami masalah hipertensi,  selain kesepuluh hal diatas, tujuh bahan makanan berikut patut Anda ketahui dan coba sebagai langkah menurunkan darah tinggi.

7 Cara Menurunkan Darah Tinggi di Usia Muda Lainnya:

11. Kentang
12. Coklat pekat
13. Yoghurt
14. Bawang putih
15. Sayur seledri
16. Sayur buncis
17. Sayur bayam

Demikian uraian tentang cara menurunkan darah tinggi di usia muda. Usia muda bukan jaminan Anda akan terbebas dari penyakit. Dengan pencegahan dini, Anda dapat menjamin kesehatan Anda dengan lebih baik. Tetap sehat dengan mengetahui info kesehatan yang Anda butuhkan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top