Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Cara Menyembuhkan Bipolar dengan Cepat dan Aman

Uncategorized

16 Cara Menyembuhkan Bipolar dengan Cepat dan Aman

Bipolar merupakan gangguan mental yang dapat menyebabkan perasaan berubah dengan cepat, naik dan turun serta sulit untuk dikendalikan. Ciri – ciri seseorang yang menderita bipolar biasanya akan merasa senang dengan cepat dan kemudian sedih dengan cepat. Kondisi yang sangat mengganggu ini banyak orang yang mencari berbagai cara menyembuhkan bipolar.

Gejala bipolar umumnya dirasakan oleh remaja atau orang dewasa, namun banyak juga yang terjadi ketika saat masih balita. Berikut ini adalah cara menyembuhkan bipolar dengan aman dan cepat serta mudah untuk dilakukan.

Cara Menyembuhkan Bipolar, Cara Menyembuhkan Penyakit Bipolar, Cara Menyembuhkan Kelainan Bipolar

1. Terapi interpersonal

Salah satu cara menyembuhkan bipolar yaitu dengan terapi interpersonal atau meningkatkan hubungan penderita bipolar dengan orang lain untuk memecahkan permasalahan yang terjadi. Dengan memecahkan masalah yang terjadi, akan menyebabkan penderita tidak mudah stress dan akan sembuh secara bertahap.

2. Terapi sosial

Penderita bipolar seharusnya memiliki kondisi lingkungan sosial yang baik dan harus mencoba untuk hidup normal dengan orang lain dan keluarga dekat. Terapi sosial yang baik semacam ini akan membuat pemikiran penderita bipolar akan cepat beradaptasi dengan keadaan sekitar.

3. Tindakan terapi perilaku kognitif

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit bipolar yaitu dengan terapi perilaku kognitif. Terapi ini dilakukan agar dapat memeriksa semua pikiran yang bisa membuat penderita menjadi emosi dan kesenangan sesaat. Harapannya seseorang penderita bipolar akan dapat mengendalikan emosi yang berubah dari positif ke negatif dengan cepat dan juga sebaliknya.

4. Terapi dengan meditasi

Kemudian cara lainnya yang juga termasuk cara ampuh untuk mengatasi masalah bipolar ini dapat dilakukan dengan cara terapi meditasi. Namun diperlukan terapis yang sudah ahli agar proses penyembuhan bipolar dapat dilakukan dengan efektif. Terapi ini bisa dilakukan ketika penderita sedang emosi atau sedih.

Loading...

5. Terapi penerapan cahaya

Jenis terapi lainnya yang ampuh untuk mengatasi masalah bipolar yakni dengan menerapkan terapi cahaya. Terapi ini bertujuan untuk mengenalkan kepada penderita mana kondisi gelap dan mana kondisi terang. Biasanya terapi ini dilakukan kepada penderita bipolar yang sudah parah tingkat depresinya.

6. Terapi dengan keluarga

Salah satu hal yang menjadi kesulitan dalam hidup penderita bipolar yaitu dapat hidup normal bersama keluarga dekat. Banyak ahli terapis yang menyarankan untuk melakukan terapi bersama keluarga lengkap. Langkah awalnya yaitu dengan memperhatikan gejala gejala yang ditimbulkan oleh penderita, kemudian keluarga berusaha untuk mengendalikan gangguan tersebut.

7. Terapi untuk mengatur gaya hidup

Jika penderita kesulitan dalam menentukan berbagai gaya hidup sudah sebaiknya gunakan jenis terapi lainnya. Terapi ini dilakukan untuk menentukan berbagai pilihan gaya hidup yang akan di jalani. Namun yang harus diperhatikan yakni jangan sampai penderita memilih minuman beralkohol dan obat – obatan berbahaya sebagai gaya hidup.

8. Psikoterapi

Penderita bipolar yang sering mengalami depresi dan tekanan emosional yang tinggi tidak dapat mengatasi masalahnya sendiri. Berbeda halnya dengan orang normal yang hanya mengalami depresi karena suatu hal tertentu. Oleh karena itu, seorang penderita bipolar harus mendapatkan bimbingan khusus dari psikoterapi yang sudah sangat ahli dibidangnya.

9. Akupuntur

Akupuntur menjadi sarana penyembuhan bipolar yang terus di pelajari dan dikembangkan dalam dunia medis ataupun alternatif. Cara ini dilakukan agar penderita tidak mengalami stress dan depresi yang berlebihan. Selain itu akupuntur sangat bermanfaat untuk mengatasi mania atau perubahan sikap yang biasanya dialami oleh penderita bipolar.

10. Mendapatkan dukungan

Penderita bipolar biasanya tidak mampu untuk menyembuhkannya sendiri melainkan harus mendapatkan dukungan untuk mengatasinya. Dukungan yang dapat dibutuhkan bisa dari keluarga dekat, teman, atau lingkungan sekitar. Memang seseorang penderita akan sulit untuk meminta dukungan secara langsung, namun sudah selayaknya kita lebih peka bahwa mereka sangat memerlukan dukungan agar bisa sembuh.

Baca Juga 24 Obat Pembasmi Cacingan Tradisional Alami Paling Aman

6 Cara Menyembuhkan Bipolar Lainnya:

11. Melakukan pemeriksaan rutin ke dokter
12. Terapi dengan obat anti kejang
13. Terapi dengan obat lithium
14. Terapi dengan obat antipsikotik
15. Tindakan ECT (Electroconvulsive therapy)
16. Menikmati Alam

Itulah 16 cara menyembuhkan bipolar yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Cara ini sangatlah efektif untuk menyembuhkan gangguan tersebut. Dengan menerapkan cara – cara tersebut mereka akan memiliki harapan untuk sembuh dari penyakit dan kembali ke kehidupan normal.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top