Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Merawat Rambut Supaya Sehat dan Berkilau

Uncategorized

Cara Merawat Rambut Supaya Sehat dan Berkilau

Rambut merupakan mahkota yang harus dijaga setiap hari karena berpengaruh pada penampilan. Terutama di bagian wajah. Untuk mempunyai rambut yang sehat dan berkilau, kamu harus mengetahui cara merawat rambut yang benar. Melalui perawatan itu, kamu memberi makan rambutmu dengan vitamin dan nutrisi sehingga terhindar dari kerontokan, bercabang, kering dan mudah patah.

Rambut yang indah akan menambah kepercayaan dirimu dalam setiap penampilan. Banyak sekali penawaran salon kecantikan mengenai perawatan rambut. Tapi, sebagian wanita tidak tertarik dengan hal itu, alih-alih ingin mempunyai rambut sehat, eh ternyata hasilnya tidak sesuai harapan. Bahkan ada yang memperburuk kondisi rambut, padahal sudah mengeluarkan uang banyak. Daripada belum jelas hasilnya dan takut akan efek sampingnya, alangkah baiknya kamu mencoba bahan alami.

Mari simak ulasan ini sehingga kamu mengetahui bagaimana cara merawat rambut yang baik dan benar.

Cara merawat rambut rontok

 Apakah kamu mendambakan rambut panjang dan tidak kering? Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang bisa kamu temukan dipasar atau dipekarangan rumah. Kamu dapat mengandalkan lidah buaya, buah alpukat dan daun seledri.

Campuran lidah buaya dan alpukat
Kamu tentu sudah banyak mendengar tentang manfaat lidah buaya untuk kecantikan. Tanaman yang dikenal juga dengan aloe vera ini mengandung zat antibakteri yang meliputi mannans asetat, antrakuinon, lektin, zat saponin dan polymannans. Tak hanya itu, di dalam lidah buaya juga terdapat beberapa macam vitamin, asam amino, mineral, serat dan 200 jenis kandungan lainnya. Lidah buaya sering digunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok dan menguatkan rambut.

Cara memanfaatkan lidah buaya untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan mengambil gel nya dan dicampur dengan buah alpukat. Ambil lidah buaya secukupnya, lalu cuci sampai bersih dan ambil gel nya. Lalu bersihkan juga buah alpukat dan potong menjadi beberapa bagian. Kemudian, ambil potongan alpukat dan gel lidah buaya secukupnya, lalu haluskan sampai kedua bahan tercampur rata. Pakailah campuran bahan ini untuk keramas setiap satu minggu sekali.

Loading...

Daun seledri
Selain lidah buaya, daun seledri juga bisa mengatasi rambut rontok. Kandungan vitamin A di dalamnya bisa membantu radikal bebas dan melindungi dari kerusakan. Sedangkan vitamin C nya mampu mencegah perubaha warna dan kerontokan rambut.

Menggunakan daun seledri sebagai cara merawat rambut rontok adalah dengan membuatnya menjadi jus. Siapkan daun seledri yang segar sekiranya cukup untuk diaplikasikan ke rambutmu. Bersihkan dan haluskan, lalu campurkan dengan air secukupnya dan peraslah. Setelah mendapatkan air perasan seledri, terapkan ke rambutmu untuk keramas, pijat lembut kulit kepala. Kemudian, diamkan selama 5 menit dan bilas sampai bersih, lakukan 3 kali seminggu untuk hasil maksimal.

Cara merawat rambut kering

Banyak sekali yang menyebabkan rambut menjadi kering, bisa karena keturunan atau dari kebiasaan hidup yang kurang sehat. Cara mengatasi rambut kering tidaklah susah, hanya dengan melakukan perawatan sederhana, tapi harus rutin tentunya. Kamu bisa memanfaatkan beberapa masker alami rambut yang terbuat dari minyak zaitun, madu dan perasan lemon. Langsung saja ikuti langkahnya yuk!

Minyak zaitun
Minyak zaitun dapat mengembalikan dan menjaga kelembaban rambut serta menutrisi sebagai antioksidan alami untuk mencegah kerusakan rambut. Caranya pun cukup mudah, yaitu siapkan minyak zaitun lalu terapkan ke seluruh rambut dan kulit kepala. Beri pijatan lembut sembari menerapkannya ke rambut selama 15 sampai 20 menit. Supaya minyak meresap ke dalam rambut dan semua kotoran yang menempel ikut terangkat. Lakukan secara rutin 3 kali dalam seminggu.

Kombinasi madu dan perasan lemon
Dengan mencampurkan madu dan perasan lemon kamu bisa dengan mudah mengatasi rambut kering. Caranya, campurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan yang sama. Jika madu 2 sdm berarti air perasan lemon yang 2 sdm. Aduk hingga berbaur menjadi satu dan segera aplikasikan ke seluruh rambutmu. Diamkan sampai 40 menit, akan lebih baik apabila rambut ditutup menggunakan handung atau shower cup. Setelah it, bilas hingga bersih.

baca juga : Kumpulan Cara Memutihkan Kulit Dengan Pemutih Kulit Alami

Perawatan rambut bercabang

Terdapat beberapa cara merawat rambut bercabang, sehingga kamu tidak perlu lagi memotong rambut. Kamu harus menghindari pemakaian sisir yang rapat, jangan gunakan hair dryer atau catok rambut dan jangan menggososk rambut saat keramas tapi pijatlah. Untuk perawatan alaminya kamu biasa menggunakan cuka sari apel dan telur.

Cuka sari apel
Bahan alami ini mampu mengatasi rambut bercabang dengan baik. Caranya, campurkan 1 sdm minyak gandum ke dalam ½ cangkir cuka sari apel. Lalu tambahkan air secukupnya dan aduk hingga rata. Basahi rambutmu lalu terapkan ramuan bahan alami itu ke rambut dan kulit kepala secara merata dan biarkan selama 10 menit. Kemudian bilas sampi bersih.

Telur
Bukan hanya sebagai lauk yang nikmat, tapi nyatanya telur mempunyaii manfaat untuk kecantikan juga. Kuning telur dapat merawat rambut bercabang hingga menjadi sehat alami. Ambil kuning telur, tambahkan 3 sdm minyak zaitun dan 1 sdm madu. Lalu pijatlah rambut dan kepalamu menggunakan campuran itu dan biarkan dalam waktu 40 menit. Bilas dengan air hangat sampai bersih.

Cukup mudahkan cara merawat rambut ini? Jadi, tunggu apalagi segera terapkan di rumah dan tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk perawatan di salon.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top