Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Cara Melakukan Pencegahan Artiritis secara Tepat

Uncategorized

8 Cara Melakukan Pencegahan Artiritis secara Tepat

Masalah yang menyangkut gangguan sendi pun menjadi hal yang sering dialami oleh orang. Tidak hanya dialami oleh orang dewasa, penyakit sendi seperti radang sendi, artritis, flu tulang, dan lain sebagainya pun bisa terjadi pada anak kecil. Cara pencegahan artritis pun harus dilakukan dengan benar agar tidak menimbulkan masalah yang lebih besar.

Penelitian membuktikan terjadinya gangguan pada tulang dan sendi sebagian besar disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi sehari – hari. Pola makan yang tidak benar akan menyebabkan gangguan pada tulang, bahkan pada organ tubuh lainnya sehingga akan muncul berbagai penyakit yang cukup serius. Berikut ini merupakan beberapa cara pencegahan artritis yang dapat dilakukan agar terhindar dari risiko penyakit tersebut.

Cara Pencegahan Artiritis, Cara Pencegahan Penyakit Artiritis, Cara Pencegahan Gejala Artiritis

1. Istirahat yang cukup

Cara pencegahan artritis yang pertama yaitu dengan menjaga agar tubuh beristirahat dengan waktu yang cukup. Pada malam hari usahakan jangan tidur terlalu malam atau hindari begadang apabila memang tidak penting untuk di lakukan. Hal ini akan membuat kamu bangun pagi dalam kondisi yang fresh. Selain itu sempatkan beristirahat selepas melakukan kerja meskipun beberapa menit. Istirahat yang cukup akan memberikan dampak yang luar biasa terhadap kesehatan.

2. Lakukan diet

Peradangan sendi atau atritis biasanya akan lebih terasa sakit ketika seseorang memiliki berat badan yang berlebihan oleh sebab itu untuk mencegah hal tersebut terjadi, lakukan dengan diet. Hal ini sangat baik bagi tulang dan sendi. Selain itu dengan diet, kamu juga akan menjaga pola makan sehingga tidak terjadi obesitas dan tubuh pun  terlihat menarik.

3. Kurangi aktivitas berat

Untuk mencegah penyakit ini, kamu tidak disarankan untuk melakukan aktivitas fisik yang berat seperti angkat beban yang berat, lari maraton berkilo -kilo serta kegiatan lainnya yang sangat melelahkan. Aktivitas yang semacam ini hanya akan membuat kondisi artritis yang dialami semakin parah. Oleh sebab itu hindari aktivitas berat ini dengan aktivitas yang lebih ringan.

4. Hindari makanan jeroan

Makanan jeroan memang memiliki cita rasa yang sangat lezat dan banyak diminati orang, namun dibalik itu semua makanan ini akan menyebabkan banyak jenis penyakit salah satunya yaitu artritis. Beberapa contoh makanan yang tidak boleh dikonsumsi seperti kikil, ampela, ati, usus, dan lain sebagainya. Untuk menghindari penyakit atritis sudah sebaiknya mengganti makanan ini dengan makanan yang lebih sehat.

Loading...

5. Lakukan olahraga secara rutin

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan yakni dengan berolahraga secara rutin. Olahraga akan membuat tubuhmu menjadi bergerak kembali sehingga dapat melatih keseimangan tubuh. lakukan olahraga minimal 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaatnya termasuk untuk mencegah terjadinya penyakit artritis. Kamu tidak harus melakukan olahraga berat yang cukup melelahkan, namun kamu bisa melakukan olahraga santai yang hanya perlu menggerakkan anggota tubuh secara rutin.

6. Kurangi konsumsi lemak

Artritis memang merupakan penyakit atau gangguan yang berhubungan dengan persendian dan tulang. Namun kamu juga perlu mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. Hal ini dikarenakan makanan yang tinggi akan lemak akan membuat berat badan bertambah dengan cepat. Akibatnya berat badan yang berlebihan akan memperparah kondisi artritis yang dialami saat ini. Maka hindari makanan yang mengandung lemak tinggi agar berat badan tetap ideal.

7. Makan makanan yang mengandung antioksidan tinggi

Cara berikutnya yang dapat dilakukan dalam rangka mencegah terjadinya artritis adalah dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Makanan tersebut akan mencegah tubuh terkontaminasi dengan radikal bebas. Radikal bebas akan menimbulkan berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, tumor, dan juga artritis. Oleh sebab itu selalu konsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah anggur dan apel setiap hari.

8. Melakukan perubahan pola makan

Pola makan merupakan penentu utama kesehatan seseorang. Untuk menghindari masalah persendian maka gantilah pola makan dengan teratur. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak dan kolesterol jahat serta perbanyak makanan yang mengandung kalsium dan serat.

Baca Juga 9 Cara Pencegahan Tonsilitis Paling Efektif

Itulah 8 cara pencegahan artritis secara tepat yang dapat kamu lakukan. Dengan menerapkan langkah langkah diatas kamu bisa terhindar dari risiko penyakit persendian dan tulang salah satunya artritis.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top