Connect with us
close

Virtual.co.id

9 Cara Pencegahan Tonsilitis Paling Efektif

Uncategorized

9 Cara Pencegahan Tonsilitis Paling Efektif

Tonsil atau sering di sebut degan istilah amandel merupakan salah satu kumpulan jaringan limfoid yang berada di bagian kerongkongan. Biasanya lokasinya berada di ujung lipatan tepat di belakang mulut. Tonsil yang sehat akan berwarna merah segar yang sama dengan warna langit – langit mulut serta setiap manusia memiliki 2 buah tonsil. Cara pencegahan tonsilitis (radang amandel) sering kali dicari orang untuk mengatasi pembengkakan pada daerah tersebut.

Kondiri radang ini bisa terjadi secara berulang – ulang dalam jangka waktu yang panjang. Ketika kondisi radang semakin parah, maka amandel akan semakin membesar karena adanya pembengkakan. Berikut ini merupakan beberapa cara pencegahan tonsilitis yang wajib kamu ketahui.

Cara Pencegahan Tonsilitis, Cara Pencegahan Penyakit Tonsilitis, Cara Melakukan Pencegahan Tonsilitis

1. Selalu menjaga kebersihan

Salah satu cara pencegahan tonsilitis yang harus kamu lakukan yakni dengan selalu menjaga kebersihan. Baik itu kebersihan diri ataupun lingkungan di sekitar. Hal ini dikarenakan radang amandel sering dikaitkan dengan penyebaran bakteri yang sangat suka dengan tempat – tempat kotor dan tidak higenis.

2. Banyak konsumsi air putih

Untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk tonsil, dapat dilakukan beberapa cara salah satunya dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Air putih merupakan minuman netral yang tidak memiliki rasa, bau, dan warna namun mengandung banyak sekali mineral yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga air putih sangat berguna untuk menghilangkan racun di dalam tubuh manusia.

3. Jangan merokok

Rokok merupakan kebiasaan buruk bagi siapa saja yang wajib di hindari. Kandungan dalam rokok dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Asap yang di hirup melalui mulut dan hidung akan mengiritasi bagian tenggorokan sehingga akan terjadi tonsilitis.

4. Tidak mencium pasangan saat ia sakit

Jika pasangan kamu sedang menderita penyakit tonsilitis, sebaiknya simpan hasrat seksual seperti halnya mencium. Hal ini akan menyebabkan virus tonsilitis dari pasangan kamu akan menular kepada tubuh lainnya melalui ciuman. Oleh sebab itu janganlah mencium pasangan kamu hingga kondisinya benar – benar sembuh agar tidak mendapatkan dampak buruk yang tidak diinginkan.

5. Jangan gunakan peralatan yang sama dengan penderita

Apabila terdapat orang di sekitar kamu yang mengalami tonsilitis, sebaiknya hindari menggunakan peralatan yang sama. Seperti misalnya penggunaan alat makan, alat mandi, dan alat lainnya sebagai kebutuhan pribadi. Hal ini ditakutkan bekas virus penderita tonsilitis masih menempel pada alat tersebut sehingga akan menulari orang lain yang menggunakan alat tersebut selanjutnya.

Loading...

6. Gunakan alat sendok yang bersih

Cara berikutnya yang harus kamu lakukan untuk menghindari peradangan amandel yaitu selalu menjaga kebersihan alat makan. Hal yang perlu kamu perhatikan kebersihannya seperi sendok, garpu, dan piring. Pasalnya alat – alat tersebut merupakan hal yang bersentuhan secara langsung dengan makanan yang hendak dikonsumsi. Apabila alat makan tersebut kotor, dimungkinkan terdapat virus atau bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada tubuh.

7. Selalu mencuci tangan

Untuk mencegah terjadinya tonsilitis sudah sebaiknya untuk lebih rajin mencuci tangan. Tujuannya yaitu agar kuman dan bakteri di tangan mati dengan bantuan antiseptik yang terdapat pada sabun. Terutama saat batuk dan bersin, biasanya kita menggunakan tangan kita untuk menutupinya. Padahal tangan yang digunakan untuk menutupi bersin dan batuk akan menjadi tempat bakteri dan virus berbahaya berkembang biak.

8. Hindari penularan melalui udara

Tonsilitis atau peradangan di bagian amandel merupakan penyakit yang disebabkan oleh kuman baik itu virus maupun bakteri yang banyak tersebar di udara. Oleh sebab itu jaga diri terdapat udara sekitar terutama penderita yang batuk dan bersin, hal ini merupakan sarana penyebaran virus dan bakteri yang sangat baik dan sangat berpotensi untuk menularkan kepada diri kamu.

9. Menggunakan masker

Bakteri dan virus penyebab tonsilitis akan sangat mudah menyebar melalui udara. Oleh sebab itu sebaiknya gunakan masker ketika hendak bepergian atau tinggal satu rumah dengan penderita tonsilitis. Masker akan berguna sebagai penyaring agar kuman tidak masuk kedalam tubuh.

Baca Juga 14 Cara Pencegahan TB Paru yang Paling Efektif

Itulah 9 cara pencegahan tonsilitis yang harus kamu lakukan. Meskipun terbilang sangat sederhana, cara cara tersebut sangatlah efektif untuk mencegah penyakit berbahaya seperti peradangan tonsil atau tonsilitis.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top