Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Cara Pencegahan Wasir Luar Secara Efektif

Uncategorized

8 Cara Pencegahan Wasir Luar Secara Efektif

Wasir atau sering di kenal dengan istilah ambeien merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada bagian pantat dan biasanya dikarenakan kebiasaan duduk yang terlalu lama. Memang wasir ini bukan merupakan penyakit yang berbahaya hingga menyebabkan kematian. Namun seseorang yang mengalami penyakit ini tentu sangat mengganggu aktivitasnya sehari – hari. oleh sebab itu tak heran banyak orang yang mencari cara pencegahan wasir luar.

Tidak hanya karena duduk terlalu lama, wasir juga bisa disebabkan oleh banyak hal seperti menahan BAB, mengejan terlalu kencang, atau karena diare yang tidak kunjung sembuh, bahkan karena sering kali mengangkat beban yang terlalu berat.

Mereka yang menderita ambeien biasanya akan duduk dengan tidak nyaman. Ketika duduk mereka akan menggaruk – garuk pantat karena rasanya sangat gatal. Hal ini membuat banyak orang yang kehilangan kepercayaan diri. Nah bagi kamu yang ingin menghilangkan penyakit ini dengan cepat, tidak perlu khawatir karena kami akan membahas tentang cara pencegahan wasir luar secara efektif.

Cara Pencegahan Wasir Luar, Cara Pencegahan Penyakit Wasir Luar, Cara Pencegahan Gejala Wasir Luar

1. Banyak makan buah – buahan

Salah satu cara pencegahan wasir luar yang dapat kamu terapkan dengan mudah yaitu dengan mengonsumsi buah – buahan yang banyak. Hampir segala jenis buah mengandung mineral dan vitamin yang berguna untuk memperlancar proses pencernaan makanan di dalam tubuh. selain itu sama halnya dengan sayuran, buah juga mengandung banyak serat yang berguna untuk membantu penyerapan makanan.

2. Makan sayuran yang banyak

Salah satu cara untuk mencegah penyakit ambeien secara efektif yaitu dengan mengonsumsi sayuran yang banyak. sebab di dalam sayuran terdapat banyak sekali serat yang dapat memperlancar proses pencernaan makanan maka tinja atau kotoran akan mudah sekali untuk keluar.

3. Hentikan pembekuan darah

Rasa nyeri yang biasanya akan menyerang seseorang yang menderita wasir biasanya akan meningkat
apabila terjadi pembekuan darah. Bila pembekuan darah baru terbentuk, kamu dapat melakukan pembedahan minor. Namun apabila pembekuan darah sudah terjadi lebih dari dua hari cara yang dapat kamu lakuan yaitu dengan mengoleskan krim hemoroid secara rutin hingga pembekuan mereda.

Loading...

4. Jangan mengejan terlalu kuat ketika BAB

Mengejan yang terlalu kuat akan menyebabkan tekanan atau tegangan yang berlebihan sehingga akan terjadi pendarahan dan nyeri yang luar biasa pada wasir. Kondisi lain yang biasanya seseorang harus mengejan yaitu mengangkat beban yang terlalu berat, batuk kering, dan kehamilan. Oleh sebab itu untuk mencegah timbulnya wasir, sebaiknya hindari mengejan terlalu kuat.

5. Menempelkan es dan duduk di tempat yang lembut

Cara berikutnya yang dapat kamu lakukan yaitu dengan menempelkan es batu pada daerah anus untuk mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan pada wasir. Selain itu gunakan tempat yang lembut seperti bantal, kasur, sofa dan sebagainya untuk mencegah nyeri pada bagian wasir dan mengurangi risiko timbulnya wasir baru.

6. Menggunakan obat oles

Bagi kamu yang sedang menderita penyakit wasir luar atau wasir eksternal, obat oles dapat membantu dalam mengurangi rasa nyeri yang biasanya di alami. Namun dalam memilih obat wasir tidak bisa sembarangan, kamu harus memilih krim yang mengandung anestesi lokal atau krim yang mengandung hidrokorsiton juga terbukti sangat efektif untuk menghilangkan rasa nyeri dan pembengkakan pada wasir.

7. Olahraga secara teratur

Banyak yang mengatakan bahwa wasir bisa disebabkan karena jarang berolahraga. Memang benar olahraga merupakan kegiatan yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. dengan berolahraga selama 20 hingga 30 menit setiap hari kamu akan membantu fungsi usus sehingga tinja akan lebih mudah keluar. Olahraga yang sangat mudah dilakukan yaitu olahraga aerobik seperti jalan cepat.

8. Mandi air hangat

Mandi air hangat juga merupakan hal yang sangat efektif untuk mencegah dan mengatasi peradangan pada wasir. Hal ini dikarenakan air hangat dapat membunuh bakteri yang menyebabkan gatal dan iritasi pada penderita wasir

Baca Juga 12 Langkah Pertolongan Awal pada Asam Lambung yang Menigkat

Itulah 8 tips atau cara pencegahan wasir luar yang dapat kamu lakukan secara mudah. Apabila masih menderita penyakit atau pendarahan pada daerah anus segera lakukan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan tindakan medis yang tepat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top