Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Cara Penularan Flu Burung dan Cara Melakukan Pencegahannya

Uncategorized

8 Cara Penularan Flu Burung dan Cara Melakukan Pencegahannya

Cara penularan flu burung dapat terjadi di suatu tempat karena terdapat unggas yang tinggal dalam kondisi buruk dan tidak dirawat dengan baik. Flu burung sendiri adalah virus influenza jenis H5N1 yang terdapat dalam kotoran unggas dan beberapa bagian tubuh lainnya yang kemudian menjangkiti tubuh manusia.

Gejala yang biasanya sering ditimbulkan oleh flu burung yakni muncul batuk – batuk, mengalami kelainan paru – paru atau radang paru – paru, mengalami infeksi saluran pernapasan bagian atas, tubuh terasa lemas dan tidak bertenaga, iritasi dan infeksi selaput mata, diare, muntah, dan masih banyak lagi. Virus flu burung yang cepat sekali menyebar dengan mudah oleh sebab itu kamu harus mengetahui bagaimana cara penyebaran flu burung yang terjadi.

Cara Penularan Flu Burung, Cara Penularan Penyakit Flu Burung, Cara Penularan Virus Flu Burung

1. Transportasi

Salah satu cara penyebaran flu burung yang sering terjadi yakni karena faktor transportasi dimana transportasi yang dimaksud adalah kendaraan yang membawa unggas tertempel oleh darah atau liur dari unggas yang terjangkit virus H5N1. Cairan tersebut yang tersentuh oleh tangan manusia akan menyebabkan rentan terkena virus tersebut.

2. Unggas yang bermigrasi

Penyebaran virus flu burung juga di sebabkan karena unggas dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain. Apabila terdapat satu atau beberapa unggas dari sekelompok unggas yang dipindahkan ke tempat lain terjangkit virus H5N1, maka akan sangat mungkin virus tersebut menjangkiti unggas lainnya di tempat yang baru. Hal ini juga akan berbahaya pada manusia yang berhubungan langsung dengan unggas – unggas tersebut.

3. Tidak langsung membakar unggas

Apabila kamu mendapati beberapa unggas mati secara mendadak tanpa sebab yang jelas. Bisa jadi hal ini terjadi karena unggas – unggas tersebut terkena virus H5N1. Lakukan pembakaran pada hewan yang mati tersebut sesegera mungkin agar virus dapat terblokir dan tidak menyebar pada unggas lainnya yang masih hidup.

4. Mengonsumsi unggas dan telurnya

Penyebaran penyakit flu burung ke manusia juga terjadi apabila seseorang mengonsumsi daging atau telur yang terjangkit virus H5N1. Oleh sebab itu pilihlah daging yang merah segar, tidak mengalami diare, jenggernya membengkak, dan darahnya masih segar pada bagian kaki. Untuk mencegah hal ini terjadi sebaiknya masak ayam hingga 100 derajat celcius.

Loading...

5. Melalui peralatan unggas

Penyebaran flu burung yang selanjutnya dapat terjadi karena peralatan makan dan minum unggas tidak di jaga kebersihannya. Peralatan – peralatan tersebut akan sangat mudah menjangkiti manusia yang bersentuhan langsung dengan unggas dan peralatan makan dan minumnya. Oleh sebab itu selalu jaga kebersihan kandang dan wadah yang dijadikan tempat makanan dan minuman unggas agar virus H5N1 tidak mudah menyebar.

6. Melalui lingkungan yang kotor

Jangan pernah membiarkan kondisi kandang dan lingkungan di sekitar tempat keberadaan unggas kotor. Hal ini akan menjadi tempat perkembangbiakan virus yang sangat baik. Sehingga akan sangat mungkin menularkan kepada siapa saja yang bersentuhan langsung dengan virus tersebut.
Pencegahan virus H5N1

1. Mencuci tangan

Setelah bersentuhan langsung dengan unggas seperti ayam, bebek, burung, dan lainnya sebaiknya selalu bersihkan tangan menggunakan sabun. Hal ini dimaksudkan agar virus mati bersama sabun yang digunakan.

2. Perhatikan jarak antara kandang dan rumah

Jika tidak menginginkan risiko terkena virus H5N1, sebaiknya kandang diletakkan setidaknya sejauh 50 meter dari posisi rumah. Hal ini merupakan jarak yang ideal dan harus di terapkan apabila hendak membangun kandang unggas.

3. Menggunakan masker

Penyebaran virus H5N1 yang sangat mudah dan dapat menyebar melalui udara yang di hirup ke dalam paru – paru. Sebaiknya selalu gunakan masker agak udara yang akan masuk disaring terlebih dahulu  sehingga kamu terhindar dari risiko terkena penyakit berbahaya dari unggas termasuk flu burung.

Baca Juga 19 Hal Penyebab Gagal Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Itulah merupakan informasi tentang cara penularan flu burung dan cara mencegahnya. Penyebaran flu burung tidak lain dikarenakan karena kondisi lingkungan yang kotor dan tidak higenis, oleh sebab itu jangan pernah mengabaikan lingkungan yang kotor, dan selalu gunakan masker agar virus tidak mudah masuk kedalam tubuh. Dengan membaca informasi – informasi tersebut kamu dapat mengurangi risiko terkena penyakit virus H5N1 meskipun memiliki pekerjaan yang dekat dengan unggas.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top