Connect with us
close

Virtual.co.id

9 Ciri Ciri Amandel Sehat pada Orang Tua dan Anak Anak

Uncategorized

9 Ciri Ciri Amandel Sehat pada Orang Tua dan Anak Anak

Ciri ciri amandel sehat dapat dilihat dari pola makan yang dikonsumsi setiap harinya. Apabila makanan yang dimakan tidak sehat maka juga akan mengganggu kesehatan amandel. Biasanya amandel memiliki hubungan langsung dengan bagian tubuh lainnya seperti tenggorokan, kelenjar getah being, dan bagian leher.

Hal yang biasanya menyebabkan amandel tidak sehat yakni sering mengonsumsi bahan pengawet dan pewarna buatan. Bahan adiktif tersebut merupakan bahan tambahan pangan yang berbahaya dan dapat melukai usus serta penyebab radang amandel. Apabila kamu ragu dengan kesehatan amandel yang dialami saat ini kamu bisa melihat artikel di bawah ini yang membahas tentang ciri ciri amandel sehat.

Ciri Ciri Amandel Sehat, Ciri Ciri Penyakit Amandel Sehat, Ciri-Ciri Amandel Sehat

1. Kondisi rahang normal

Biasanya penyakit amandel akan menyebabkan bagian rahang akan membengkak. Tidak hanya bengkak, radang amandel biasanya akan menimbulkan nyeri dan kekakuan pada bagian rahang penderita. Apabila kamu tidak memiliki gejala ini kemungkinan besar adalah ciri ciri amandel sehat.

2. Tidak mendengkur

Seseorang yang terkena amandel biasanya saluran udara yang masuk ke tenggorokan akan terhambat sehingga akan muncul suara mendengkur yang cukup keras tergantung seberapa besar radangnya. Namun apabila kamu tidak mendengkur ketika tidur, hal ini merupakan ciri ciri amandel sehat. Cukup susah untuk mengetahui diri sendiri mendengkur atau tidaknya saat tidur. Kamu dapat menanyakan kepada orang terdekat yang tidur bersama kamu.

3. Terhindar dari bau mulut

Salah satu ciri ciri amandel yang tidak baik biasanya akan menimbulkan bau pada rongga mulut disertai pembengkakan amandel. Hal ini disebabkan penderita radang amandel biasanya terjangkit oleh virus streptococcus pyogeres yang akan menumpuk pada bagian gigi dan mulut sehingga bagian mulut akan merasakan bau yang tidak sedap. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk menggunakan antibakteri khusus mulut setelah gosok gigi agar terhindar dari bahaya penyakit tersebut.

4. Suara bening

Suara yang bening dan enak didengar merupakan salah satu tanda bahwa amandel seseorang sehat. suara bening yang dimaksud yakni tidak dalam kondisi serak atau berat dan tenggorokan tidak sakit dan gatal. Tenggorokan yang sering sakit biasanya akan menimbulkan dampak buruk terhadap amandel yang akan mengalami pembengkakan.

Loading...

5. Kelenjar getah bening normal

Seseorang yang menderita penyakit amandel biasanya akan disertai dengan terdapat benjolan pada bagian leher. Hal ini disebabkan oleh virus yang menyebabkan amandel juga menyerang kelenjar getah bening. Seseorang yang mengalami kondisi tersebut akan merasakan sakit pada bagian tenggorokan ketika akan menelan makanan atau minuman.

6. Saat menelan tidak terasa sakit

Amandel yang normal atau sehat berarti tidak terdapat luka, iritasi, ataupun peradangan pada amandel. Kondisi amandel yang tidak sehat maka akan menyebabkan seseorang kesulitan dalam menelan makanan, bahkan tidak jarang yang merasakan rasa nyeri yang sangat menyakitkan sehingga membuat orang enggan untuk mengonsumsi makanan.

7. Amandel kemerahan dan bersih

Ciri ciri berikutnya yang dapat membuktikan bahwa kondisi amandel sedang sehat yakni dari warnanya kemerahan dan tidak timbul bercak putih. Bercak putih yang biasanya di timbulkan di daerah amandel biasanya disebabkan oleh bakteri virus dan bakteri yang menyerang bagian tersebut.

8. Ukuran amandel stabil

Amandel yang sehat akan memiliki bentuk dan ukuran yang stabil. Pembengkakan yang biasanya sering menjadi masalah amandel membuat amandel berukuran lebih besar daripada umumnya. Apabila kamu melihat adanya perubahan ukuran dan bentuk yang signifikan dari biasanya segerakan diri untuk memeriksakan kondisi kesehatan amandel ke dokter.

9. Tidak demam

Biasanya penyakit amandel akan menyebabkan demam yang singkat pada seseorang penderitanya. Hal ini merupakan bentuk terhadap adanya infeksi pada bagian tubuh dan sistem imun aktif untuk menghalaunya.

Baca Juga 19 Cara Mudah Megobati Kaki Keseleo Secara Alami

Itulah 9 ciri ciri amandel sehat yang perlu kamu tahu. Apabila kamu memiliki kondisi amandel yang mencurigakan atau berbeda dari kondisi normal, mungkin saja itu merupakan tanda – tanda terdapat masalah atau penyakit pada bagian amandel yang apabila tidak segera di tangani akan menyebabkan masalah serius. Penyakit ini akan memengaruhi kesehatan bagian tubuh lain di sekitarnya sehingga sangat penting untuk menjadwalkan pemeriksaan dokter secara rutin.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top