Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Ciri Ciri Busung Lapar Bagi Anak Anak dan Orang Dewasa

Uncategorized

12 Ciri Ciri Busung Lapar Bagi Anak Anak dan Orang Dewasa

Ciri ciri busung lapar dapat dialami siapa saja baik itu anak – anak maupun orang dewasa yang kekurangan protein dan asupan nutrisi lainnya dalam jangka waktu yang panjang. Penyakit busung lapar atau dalam dunia medis disebut dengan honger oedema merupakan penyakit yang paling banyak di derita oleh masyarakat pedalaman Afrika.

Namun tidak sedikit pula orang di luar Afrika termasuk Indonesia yang mengalami busung lapar akibat kurangnya asupan gizi. Berikut ini merupakan beberapa ciri ciri busung lapar yang dapat di alami oleh anak – anak dan orang dewasa.

Ciri Ciri Busung Lapar, Tanda Tanda Busung Lapar, Ciri Ciri Busung Lapar pada Anak dan Orang Dewasa

1. Kwashiorkor

Salah satu ciri ciri busung lapar yang sering nampak yakni kwashiorkor yaitu dimana kondisi tubuh tidak hanya kekurangan protein, namun dalam jangka waktu yang sangat panjang.  Hal ini akan mempengaruhi kesehatan tulang, otot, kulit, dan darah. Sehingga seseorang yang kekurangan protein akan cepat lemas dan tidak bertenaga.

2. Perubahan pada punggung

Ciri lainnya yaitu terdapat perubahan pada punggung, hal ini mudah diamati dengan menekan punggung dengan menggunakan jari. Apabila menimbulkan bekas maka kemungkinan orang tersebut menderita busung lapar. Pada kasus lainnya juga busung lapar yang dialami bertahun – tahun menyebabkan tubuh menjadi lebih membungkuk dalam keadaan tegap.

3. Perubahan pada karakter wajah

Seseorang yang menderita busung lapar biasanya akan mengalami pembengkakan pada bagian wajah, kelopak mata menjadi sebab dan ukuran kepala menjadi lebih besar. Tidak sedikit pula yang mengalami bola mata lebih keluar. Tentunya penampilan seseorang yang menderita busung lapar menjadi sangat buruk.

4. Perubahan pada rambut

Penyakit busung lapar juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan rambut. Biasanya kekuatan akar dan batang rambut akan menurun dan minyak di permukaan kulit kepala akan menurun sehingga akan mudah mengalami kerontokan. Selain itu akibat lain busung lapar pada bagian rambut yakni warnanya cenderung memerah, kusam dan mudah patah.

Loading...

5. Perubahan pada kulit

Akibat lainnya seseorang yang menderita busung lapar yakni bagian kulit akan ruam- ruam dan kemerahan. Semakin lama jika dibiarkan akan semakin meluas dan menyebar ke seluruh bagian tubuh bahkan dapat berubah menjadi kecoklatan yang mudah mengelupas dan menyebabkan alergi.

6. Badan kurus

Penderita busung lapar biasanya memiliki berat otot yang lebih rendah sehingga hal inilah yang menyebabkan tubuh menjadi kurus dan sangat tidak berisi. Untuk mengembalikan ke bentuk normal sudah sangat sulit karena biasanya orang yang menderita busung lapar memiliki nafsu makan yang rendah.

7. Gangguan psikologis

Busung lapar juga dapat mempengaruhi psikologis seseorang terutama pada anak kecil. Biasanya anak yang menderita busung lapar akan mudah rewel, stress, menangis, dan sulit tidur. Jika hal ini terus dibiarkan maka akan mengganggu kinerja syaraf motorik dari anak tersebut dan menyebabkan pertumbuhan melambat.

8. Anemia

Busung lapar yang dapat memengaruhi nafsu makan, akan menyebabkan tubuh kekurangan sel darah merah dan sel darah putih yang merupakan penyebab utama terjadinya penyakit anemia. Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu harus banyak mengonsumsi sayuran hijau yang dapat mencegah penyakit anemia secara alami.

9. Infeksi

Busung lapar sangat berbahaya bagi kesehatan karena akan menyebabkan penurunan kekebalan tubuh sehingga saat terjadi luka kemungkinan besar akan terkena infeksi yang menyebabkan luka sangat lama untuk disembuhkan. Hal ini dikarenakan polutan udara yang terkontaminasi bakteri dan virus tidak mampu di halang oleh kekebalan tubuh. oleh sebab itu kamu harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

10. Daya ingat menurun

Tidak tanggung –  tanggung, busung lapar juga dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan otak termasuk menurunkan daya ingat. Busung lapar merupakan penyakit yang mampu menghilangkan konsentrasi sehingga membuat orang tampak bodoh.

2 Ciri Ciri Busung Lapar Lainnya:

11. Diare
12. Perubahan pada bentuk perut

Itulah merupakan 12 ciri ciri busung lapar pada anak – anak dan orang dewasa yang perlu kamu ketahui. Busung lapar merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian. Oleh sebab itu pola hidup sehat termasuk menjaga asupan nutrisi termasuk protein harus dilakukan.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top