Connect with us
close

Virtual.co.id

26 Ciri-Ciri Psikopat Ringan yang Perlu Kamu Tahu

Uncategorized

26 Ciri-Ciri Psikopat Ringan yang Perlu Kamu Tahu

Ciri-Ciri Psikopat Ringan – Psikopat merupakan salah satu gangguan jiwa yang berasal dari kata psyche yaitu jiwa dan pathos yang berarti penyakit. Gabungan kedua kata tersebut berarti psikopat memiliki artik penyakit jiwa. Seseorang yang mengalami psikopat memang sering dikaitkan dengan pembunuh dan cenderung anti sosial. Karena ciri ciri piskopat tersebut membuat orang yang memiliki gangguan tersebut banyak yang tidak menyuakianya.

Psikopat berbeda dengan psikokis dimana penderita psikopat melakukan hal yang dapat merugikan orang lain dalam keadaan sadar. Berikut ini merupakan ciri ciri psikopat ringan yang bisa kamu amati dengan cepat.

Psikopat

1. Egosentris

Egosentris merupakan salah satu ciri ciri psikopat dimana seseorang akan lebih mengutamakan kepentingan diri sendiri dari pada orang lain. ia cenderung tidak peduli kerugian apa yang akan terjadi terhadap orang – orang di sekitarnya, yang penting menguntungkan dirinya sendiri

2. Tidak memiliki rasa bersalah

Sifat lainnya dari psikopat yakni memiliki rasa bahwa dirinya adalah manusia paling hebat, selalu benar dan tidak mau untuk disalahkan. Ia juga akan cenderung meremehkan keunggulan orang lain, menganggapnya bodoh, dan salah. Apabila ia melakukan hal buruk kepada orang lain, ia tidak akan merasa bersalah karena menganggap setiap apa yang dilakukannya adalah benar.

3. Memiliki anggapan hebat terhadap dirinya sendiri

Psikopat memang selalu mendewakan dirinya sendiri, dan menganggap dirinya lebih hebat dari orang lain. Perasaan ini berbeda dengan orang yang memotivasi dirinya untuk menjadi lebih hebat dari orang lain. Namun seorang psikopat akan cenderung untuk merendahkan orang lain dengan kemampuan yang ia miliki.

4. Sering bohong

Ciri lainnya yang sering dilakukan oleh psikopat yakni berkata bohong. Hal tersebut merupakan suatu hal yang menjadi kepuasan tersendiri pada penderita penyakit jiwa tersebut. Biasanya seorang psikopat akan sangat sulit untuk berbicara jujur atau memberikan informasi yang benar meskipun kepada keluarga dekat sendiri.

Loading...

5. Tidak memiliki tanggung jawab

Karena lebih memiliki rasa peduli terhadap diri sendiri, ia cenderung tidak akan memiliki rasa tanggung jawab bersama. Apabila diberikan tanggung jawab yang tidak menguntungkan dirinya biasanya akan bersifat tidak peduli.

6. Tidak memiliki rasa empati

Ciri – ciri lainnya yang dimiliki oleh psikopat yakni tidak memiliki rasa peduli terhadap orang lain yang sedang mengalami kesusahan. Karena psikopat selalu memiliki prinsip tidak mau berhubungan dengan lingkungan sekitar dan berpikir bahwa kehidupan orang lain tidaklah penting bagi dirinya.

7. Impulsif dan sulit untuk dikendalikan

Salah satu tanda yang sangat jelas terjadi pada seseorang psikopat yakni memiliki sifat impulsif dan susah untuk dikendalikan termasuk pengendalian dari keluarga terdekat. Apabila ia telah memiliki niat, semua orang tidak bisa menghalanginya untuk melakukan apa yang telah ia rencanakan. Biasanya orang seperti ini kemudian dihalangi maka akan memberontak bahkan mencelakai siapa saja yang menghalangi.

8. Sikap acuh tak acuh pada masyarakat

Psikopat memang memiliki sifat yang tidak peduli dengan kondisi sekitar. Ia lebih sering mengurung diri daripada harus ketemu dengan orang lain, atau melakukan aktivitasnya sendirian. Namun kadang orang – orang psikopat mungkin saja membantu seseorang yang kesusahan untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan misinya.

9. Memiliki niatan yang kuat dalam melakukan sesuatu

Seorang psikopat biasanya apabila telah menginginkan sesuatu, ia selalu mencari cara untuk mewujudkannya. Namun sayangnya tujuan psikopat cenderung melakukan hal – hal yang tidak dinginkan orang (negatif).

10. Suka curang

Sifat angkuh dan sombong yang dimiliki seorang psikopat membuatnya harus selalu mencari cara curang dalam suatu permainan untuk memenangkan permainan yang sedang dilakoni. Tidak peduli curang atau tidak, ia selalu memiliki tujuan hidup untuk dirinya sendiri. Bahkan seseoransulig yang diajak bekerja samanya memiliki keuntungan yang lebih kecil darinya karena berbagai alasan.

11. Cerdas
12. Hidup sebagai parasit
13. Gemar melakukan pelanggaran
14. Pengetahuannya luas
15. Melakukan sesuatu hanya untuk bersenang – senang
16. Selalu merasa benar
17. Memanipulasi diri
18. Memiliki akurasi yang tepat
19. Salah menyalahkan orang lain
20. Tidak memiliki rasa takut
21. Siap mengambil risiko besar
22. Tidak dapat mengendalikan diri
23. Agresif
24. Sulit di tebak
25. Arogan
26. Tidak aturan

Psikopat sebagai mana telah diketahui adalah salah satu gangguan mental. Gangguan tersebut harus segera ditangani agar tidak menimbulkan sesuatu yang tidak di inginkan. Maka ciri psikopat ringan di atas perlu anda kenali dan pahami.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top