Connect with us
close

Virtual.co.id

18 Macam Ciri Ciri Stress yang Perlu Diketahui

Uncategorized

18 Macam Ciri Ciri Stress yang Perlu Diketahui

Stress pada umunya ini merupakan penyakit yang biasa di alami oleh orang. Secara bahasa stress adalah tekanan yang berhubungan dengan kondisi kesehatan. Munculnya stress ringan atau berat dapat menyerang pada setiap manusia di dunia terlepas seberapa cerdasnya seseorang mampu atau tidak mengendalikan keadaan stress ini. Orang yang sedang mengalami stress dapat terbaca dari segala aktivitasnya, ketahui ciri ciri stress.

Stress dapat menyerang siapa saja tidak peduli orang itu usia muda, dewasa maupun tua. Biasanya pada usia remaja stress terjadi disebabkan karena masalah tugas dan masalah percintaan, percintaan merupakan hal yang paling banyak di alami oleh para remaja. Pada orang dewasa dan juga tua mungkin dikarenakan persaingan bisnis dan ekonomi yang terjadi. Orang yang terkena stress kebanyakan memiliki kebiasaan yang menurun, kenali ciri ciri stress.

Ciri Ciri Stress, Macam Ciri Ciri Stress, Ciri Ciri Stress Depresi

1. Kesulitan Tidur

Karena perasaan yang tidak menentu menyebabkan pikiran gelisah terus muncul yang membuat anda sulit untuk memejamkan mata. Akibatnya saraf otak tidak dapat tenang ingin bekeja terus-menerus untuk menyaring dan mengelolah informasi yang menyebabkan masalah sehingga menyebabkan anda selalu dalam keadaan terjaga ( tidak mengantuk ).

2. Pola Makanan Berubah

Karena mengalami stress dengan waktu yang panjang menjadikan seseorang merubah pola makan. Ada orang yang merubah pola makan menjadi porsi yang bertambah banyak atau terlalu sering makan sehingga badannya menjadi kegemukan. Ada pula orang yang terkena stress sehingga porsi makannya terkurangi yang meyebabkan tubuh sedikit demi sedikit menjadi kurus.

3. Sakit Kepala

Kebanyakan orang yang menderita stress akan terkena sakit kepala. Ini dikarenakan stress berhubungan dengan pembuluh darah, saraf-saraf serta otot-otot yang berada di area kepala. Ketika stress pembuluh darah, saraf dan otot seseorang menjadi tegang, yang menyebabkan aliran darah tidak lancar. Jika di biarkan setidaknya selama 3 jam maka akan menyebabkan muncul sakit kepala yang berkepanjangan.

4. Tidak Mampu Mengendalikan Emosi

Seseorang yang masih memiliki sifat labil dalam berfikir dapat terlihat ketika dia tidak mampu mengontrol emosi. Sehingga mudah tersinggung, panik, bahkan ketakutan yang berlebihan. Orang yang tidak dapat mengontrol emosi akan sulit berfikir secara logis.

Loading...

5. Mudah Terserang Masuk Angin

Ketika stress berlarut-larut maka hormone akan meingkat sehingga dapat memblokir sel-sel darah putih yang dapat membuat keebelan tubuh turun. Karena kekebalan tubuh menurun maka kita akan mudah terserang masuk angina, flu ataupun penyakit  yang mudah di tularkan melalui udara.

6. Nyeri Otot dan Pegal-pegal

Orang yang sedang stress biasanya mengeluh bahwa dirinya merasakan nyeri otot dan pegal-pegal. Kodisi ini membuat orang terlihat mudah lelah, tidak semangat, lemas dan wajah yang lesu.

7. Mudah Lupa

Ketika stress akan terlihat jika orang yang mengalaminya sering lupa dan sulit untuk berkonsentrasi dalam berfikir. Sering kali lupa merupakan salah satu ciri stress yangb dialami oleh orangtua lanjut usia, munculnya perilaku sering lupa karena di dukung adanya kemunduran daya ingat.

8. Melamun

Melamun dan mengasingkan diri dari kerummunan banyak orang merupakn ciri-ciri stress yang dialami oleh kebanyakan remaj. Hal ini terjadi karena orang tersebut merasa tidak mendapat dukungan dari siapapun tas apa yang sedang dialaminya. Perasaan ini selalu muncul karena orang tersebut malu untuk berbicara dan juga takut salah.

9. Sering Mimpi Buruk

Ketika stress seseorang akan lebih mudah tersinggung dan selalu marah. Sehingga menyebabkan mucul perasaan baru yang lebih buruk yang berupa ketakutan, bingung, panik, dan juga gelisah berlebihan sehingga memngaruhi kualitas tidur. Perasaan yang gelisah ini terekam dalam jaringan otak kemudian di olah pada alam bawah sadar sehingga terbawa dalam mimpi.

10. Muncul Jerawat

Munculnya jerawat ini biasanya ciri-ciri jea=rawat yang menyeang remaja. Karena jerawat dapat meningkatkan sebum atau minyak alami yang berada di bawah kulit. Ketika minyak itu keluarnya tidak dapat terkontrol dan berlebihan kepermukaan kulit memudahkan bakteri yang dibawah udara masuk. Sehingga dapat menyebabkan jerawat muncul.

Baca Juga 31 Jenis Makanan Berbahaya Penyebab LDL Tinggi

18 Ciri Ciri Stress Lainnya:

11. Kram Perut pada Wanita yang Haid
12. Nyeri Rahang
13. Menyebabkan Alergi
14. Gangguan Pencernaan
15. Rambut Rontok
16. Tidak Fokus
17. Mudah Putus asa dan Tertekan
18. Sedih yang Berkepanjangan

Itulah beberapa ciri-ciri stress, ketika anda mengalaminya segera pulihkan secepatnya agar tidak membawa dampak berlebih dan tidak menyebabkan penyakit yang tidak di inginkan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top