Connect with us
close

Virtual.co.id

7 Ciri Khas Daging Sapi Sehat yang Baik untuk Dikonsumsi

Uncategorized

7 Ciri Khas Daging Sapi Sehat yang Baik untuk Dikonsumsi

Jika Anda mengenal ciri khas daging sapi sehat yang baik untuk dikonsumsi, maka kesehatan Anda tentunya akan lebih terjaga. Daging sapi merupakan jenis daging merah yang konsumsinya cukup besar di Tanah Air. Harga daging ini memang tergolong lebih mahal jika dibandingkan dengan daging ayam, namun peminatnya tidaklah sedikit. Daging sapi sering dijadikan bahan makanan utama dalam masakan tertentu dan sering diolah untuk dibuat steak.

Saat ini, Anda harus lebih teliti dalam memilih daging sapi yang dijual di pasaran. Pasalnya, banyak daging sapi tidak sehat yang masih dijual oleh oknum pedagang tertentu. Hewan sapi yang dipotong untuk didapatkan dagingnya pun terkadang merupakan jenis hewan yang sudah tidak sehat atau diberi suntikan zat berbahaya. Itulah mengapa Anda perlu memastikan kesehatan daging sapi yang Anda akan beli terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

7 Ciri Khas Daging Sapi Sehat yang Baik untuk Dikonsumsi

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa ciri khas daging sapi sehat
yang baik untuk dikonsumsi Anda ketahui.

1. Bau khas daging

Banyak ibu rumah tangga pasti sudah mengenal bau daging yang sehat. Pertama, pastikan daging sapi yang akan Anda beli memang mempunyai bau khas daging yang kuat. Hal ini menunjukkan bahwa daging tersebut masih sehat.

2. Warna merah segar

Daging sapi yang sehat dapat dilihat dari warna merah dagingnya. Warna daging yang masih merah segar menandakan bahwa daging tersebut masih sangat layak untuk dikonsumsi. Daging yang tidak sehat cenderung berwarna putih pucat.

3. Tidak mengandung air

Pastikan daging sapi yang Anda pilih tidak mengandung banyak air. Jika daging sapi mengandung banyak air, kemungkinan besar daging tersebut merupakan jenis daging glongongan yang memaksa hewan sapi untuk mengonsumsi air dalam jumlah banyak agar telihat gemuk.

Loading...

4. Lemak kekuningan

Daging sapi segar dan sehat mempunyai ciri khas lemak yang berwarna kekuningan. Banyak daging sapi tidak sehat yang mempunyai lemak berwarna putih pucat. Daging tersebut bukanlah daging sapi sehat yang baik untuk dikonsumsi.

5. Serat daging halus

Sentulah bagian serat daging sapi yang akan Anda olah. Jika seratnya memiliki tekstur yang cenderung halus, maka daging sapi tersebut merupakan daging sapi sehat. Serat yang kasar menandakan bahwa daging sapi tersebut tidaklah segar dan bisa dikonsumsi untuk tubuh.

6. Tekstur daging kenyal

Hal yang bisa Anda cek sebelum mengolah daging sapi yaitu tekstur dagingnya. Tekstur daging sapi yang kenyal dan padat merupakan ciri khas daging sapi yang sehat untuk dikonsumsi. Sedangkan daging sapi yang teksturnya lembek kemungkinan besar merupakan daging sapi tak sehat.

7. Ada sertifikat halal

Bagi Anda yang menganut agama Islam, Anda bisa terlebih dahulu mengecek adanya sertifikat halal pada daging sapi atau tidak. Sertifikat ini merupakan sertifikat yang diberikan pada jenis makanan yang sudah dicek kesehatan dan kesegarannya.

Baca Juga: 37 Jenis Makanan Sehat untuk Sendi dan Tulang di Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang ciri khas daging sapi sehat yang baik untuk dikonsumsi yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top