Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Ciri Khas Makanan Sehat untuk Tubuh

Uncategorized

20 Ciri Khas Makanan Sehat untuk Tubuh

Anda sebaiknya mengenali ciri khas makanan sehat untuk tubuh karena saat ini cukup banyak jenis makanan yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Makanan sehat makin sulit dicari saat ini karena banyak olahan makanan yang mengandung beberapa zat yang dapat merusak tubuh. Belum lagi ditambah banyak sayur dan juga buah-buahan yang menggunakan senyawa kimia seperti pestisida. Naiknya konsumsi makanan kemasan juga dapat membuat tubuh terserang penyakit.

Makanan sehat dapat dibedakan dengan mudah diantara jenis makanan yang tidak sehat. Perlu mengonsumsi makanan sehat saat ini disebabkan oleh banyaknya orang yang menjalani pola hidup tidak sehat dan terjangkit banyak penyakit. Mencegah penyakit akan lebih baik daripada melakukan perawatan yang merepotkan ketika harus diobati. Solusi mudahnya yaitu sering mengonsumsi jenis makanan sehat yang sesuai dengan kondisi tubuh.

20 Ciri Khas Makanan Sehat untuk Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa ciri khas makanan sehat untuk tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Nutrisi seimbang

Ciri khas makanan sehat yang pertama yaitu mempunyai kandungan nutrisi yang seimbang. Nutrisi yang seimbang artinya makanan tersebut mengandung kelengkapan nutrisi sepert karbohiudrat, protein, vitamin, dan juga mineral.

2. Kandungan serat

Konsumsi makanan setiap hari akan sangat mempengaruhi kesehatan pencernaan tubuh Anda. Itulah mengapa Anda perlu mengonsumsi makanan sehat yang mengandung serat yang cukup agar pencernaan Anda selalu lancar.

3. Matang

Makanan yang dikonsumsi oleh manusia memang sebaiknya dikonsumsi saat matang, bukan saat mentah. Jenis makanan matang tentunya akan jauh dari resiko bakteri dan kotoran yang dapat memicu gejala penyakit.

Loading...

4. Non MSG

MSG merupakan penyedap rasa yang gurih yang sering digunakan untuk menambah rasa lezat dalam makanan. Penggunaan MSG yang terlalu banyak pada makanan justru akan membuat makanan tersebut tidak sehat. Pastikan makanan yang Anda konsumsi tidak ada MSG nya.

5. Tidak terlalu banyak mengandung garam

Selain MSG, makanan dengan kandungan garam yang tinggi tidak diperbolehkan. Garam yang dikonsumsi terlalu banyak akan membuat Anda terpicu penyakit asam urat dan penyakit lainnya yang membahayakan tubuh.

6. Bukan makanan yang digoreng

Makanan sehat juga mempunyai ciri khas mengandung minyak yang sedikit. Itulah mengapa Anda perlu mencegah konsumsi makanan yang digoreng dengan kandungan minyak goreng yang banyak karena lemak jenuhnya akan menimbulkan penyakit.

7. Bahan pengawet

Pengawet makanan digunakan untuk membuat makanan tersebut tahan lama dan dapat dikonsumsi dalam waktu jangka panjang. Ciri khas makanan sehat yang satu ini dilihat dari kadar pengawet yang ada di dalam makanan tersebut. Sedikit pengawet maka makanan tersebut disebut sebagai makanan sehat.

8. Kandungan vitamin

Makanan sehat sudah seharusnya mengandung vitamin yang memang tubuh Anda butuhkan. Jenis makanan ini bisa Anda dapatkan dari beberapa buah dan juga sayuran hijau karena kandungan vitaminnya cukup banyak.

9. Kandungan mineral

Anda sebaiknya juga mengonsumsi makanan dengan kandungan mineral yang cukup. Tubuh Anda tidak hanya membutuhkan vitamin dan serat, namun juga mineral yang dapat mencegah tubuh dari serangan penyakit.

10. Kandungan asam amino

Tubuh Anda juga memerlukan beberapa jenis senyawa asam amino. Senyawa ini juga termasuk ke dalam zat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari gangguan kesehatan yang masuk.

Baca Juga: 30 Pantangan Makanan Berbahaya untuk Penderita Diabetes

Selain 10 khas diatas, ada beberapa ciri khas makanan sehat untuk tubuh lainnya. Berikut ini 10 ciri khas lainnya:

10 Ciri Khas Makanan Sehat untuk Tubuh Lainnya

11. Kandungan lemak hewan cukup
12. Tidak terlalu pedas
13. Sedikit mengandung santan
14. Kandungan kalori yang cukup
15. Tidak panas
16. Tekstur lembut atau mudah dicerna
17. Bersih
18. Tidak mengandung senyawa kimia
19. Tidak mengandung racun
20. Kandungan energi yang cukup

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang ciri khas makanan sehat untuk tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top