Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Dampak Merokok Bagi Tubuh

Uncategorized

15 Dampak Merokok Bagi Tubuh

Dampak merokok bagi tubuh ternyata banyak sekali. Meskipun kini kampanye pengendalian rokok memiliki dua wajah. Pro dan Kontra. Tapi tetap saja citra negatifnya lebih banyak. Rokok dianggap sebagai biang keladi dari berbagai masalah kesehatan. Terutama yang berhubungan dengan jantung dan paru-paru.

WHO memang menghimbau seluruh organisasi untuk meratifikasi perjanjian pelarangan tembakau. Namun konon perjanjian ini terlalu bau strategi dagang. Untuk melemahkan bahkan menghancurkan pangsa pasar rokok kretek yang bahan utamanya tembakau. Padahal rokok kretek adalah rokok asli Indonesia yang pasaran ekspornya cukup luas.

Terlepas dari konflik di bidang perdagangan rokok ini. Sebenarnya jika menilik secara objektif, rokok memang punya dampak yang signifikan untuk kesehatan. Apa sajakah dampak merokok bagi tubuh? Silahkan simak penjelasannya di bawah ini:

1. Rokok Dapat Menyebabkan Serangan Jantung

Serangan jantung bisa saja terjadi karena dampak merokok. Sebab paparan asap yang mengandung nikotin dan bahan kimia lainnya memang begitu mengerikan sekali bila menyentuh jantung. Ibarat seperti mengikis dan membuat jantung jadi bocor.

2. Kerusakan Paru-Paru karena Rokok

Paru-paru juga bisa rusak karena rokok. Maka dari itu, janganlah merokok lagi. Dampak merokok terhadap paru-paru memiliki skema yang sama dengan kerusakan jantung. Semua bermula dari paparan asap yang mengandung ribuan bahan aktif bahaya.

3. Menyebabkan Kanker

Kanker yang bisa ditimbulkan karena dampak merokok adalah kanker paru-paru, mulut, lidah, dan lain sebagainya. Ini tentulah amat bahaya. Mengancam nyawa. Maka sebaiknya segera hindari kebiasaan yang menyebabkan tubuh kena kanker.

Loading...

4. Mengalami Impotensi

Impotensi juga amatlah bahaya. Sebagai dampak merokok bagi tubuh yang sifatnya negatif. Tentu tidak ada satu pun pria di dunia ini ingin kena impotensi. Makanya kita mesti hati-hati dalam konsumsi rokok. Sesekali boleh, tapi jangan keseringan. Resikonya mengerikan! Perhatikan baik-baik ya! Demi kesehatan!

5. Gangguan Kehamilan dan Keguguran

Untuk para perempuan juga mesti hati-hati karena ternyata dampak merokok juga menyebabkan gangguan kehamilan dan keguguran janin. Bahkan seorang wanita yang sepanjang hidupnya merokok terus, rentan mengalami kemandulan. Maka dari itu, perhatikan baik-baik ya! Jauhkan tubuhmu dari rokok.

6. Bibir Menjadi Menggelap

Orang yang merokok bibirnya pun menggelap. Bagaimana tidak? Bahan yang ada di dalam filter rokok memang amat mempengaruhi pigmen warna bibir. Semakin lama doyan merokok, maka bibir akan semakin menggelap. Ini tentulah akan merusak penampilan. Apalagi untuk para perempuan.

7. Menjadi Kecanduan

Dampak merokok untuk tubuh juga akan menimbulkan kecanduan. Orang yang banyak merokok sungguh akan kecanduan. Untuk sembuhkan candu ini bukan perkara mudah. Butuh niat yang kuat. Ikhtiar yang panjang. Maka segera saja hentikan merokok dari sekarang juga! Kurang dosis merokok secara perlahan. Agar 1-2 tahun ke depan, kita benar-benar bebas dari candu rokok.

8. Tubuh Jadi Kurus

Orang yang merokok juga akan memiliki tubuh yang kurus. Silahkan saja dibandingkan. Betapa orang yang merokok mengalami tubuh seperti kekurangan gizi. Meski sudah banyak makan, tetap saja tubuhnya kurus.  Bahkan beberapa orang menjadi memiliki kepercayaan diri amat rendah karena kurusnya tubuh ini. Biasanya kalau yang sudah kurus begini, artinya paru-parunya sudah rusak akibat dampak merokok.

9. Sesak Napas dan Asma

Merokok juga menyebabkan sesak napas dan asma. Bagaimana tidak sesak napas asma. Karena asap yang mengerikan dan mengepul penuh racun ini dipaksa masuk ke dalam saluran pernafasan. Dan tentunya zat-zat bahaya itu akan tertinggal di organ dalam tubuh kita. Menimbulkan sesak napas yang para. Yang kalau dibiarkan jadi asma.

10. Memicu Kematian

Dampak merokok selanjutnya adalah bisa memicu kematian. Orang yang banyak merokok, sungguh dirinya konon terancam mengalami kematian di usia muda.

Baca Juga: 15 Bahaya Kerokan untuk Kesehatan

Seperti itulah beberapa dampak merokok yang mesti kamu perhatikan. Memang beresiko sekali merokok itu. Maka mulailah belajar kurangi rokok! Silahkan baca lagi dampak lainnya di bawah ini:

5 Dampak Merokok untuk Tubuh yang Lainnya:

11. Kerusakan Sel
12. Tumbuhnya Tumor
13. Mual-Mual
14. Meningkatkan Kadar Asam Lambung
15. Merusak Gigi

Sekian yang dapat kami sampaikan di artikel ini. Semoga saja informasi dalam artikel ini berguna untuk anda. Dan dapat memberikan wawasan untuk anda. Bahwa memang merokok itu bahaya sekali untuk kesehatan. Sehingga kita mesti menghentikan kebiasaan buruk ini. Namun menghentikannya tidak boleh sembarangan. Kita meski pelan-pelan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top